TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Universitas Terbaik di Amerika untuk Kajian Philosophy, Berminat?

#EdFunFact: Saingan berat kampus Inggris untuk bidang Filosofi, nih

incomingstudentresources.wordpress.com

Berdasarkan etimologi-nya, kata philosophy merupakan serapan dari bahasa Yunani dimana negara ini memang sudah kadung terkenal dengan deretan filsuf-nya. Kata philosophy tersebut merupakan gabungan antara kata philo (φιλο) yang berarti 'cinta' dan sophós (σοφός) yang berarti 'kebijaksanaan'.  Dengan kata lain, philosophy (filosofi) dapat disimpulkan sebagai suatu kerangka berpikir kritis untuk mencari solusi atas beragam permasalahan.

Nah, dilansir dari QS World University Rangkings by Subject 2018, ternyata deretan universitas di Amerika sukses menembus jajaran teratas untuk kajian Filosofi, lho. Berminat melanjutkan studimu kesana?

1. Peringkat ke-1, University of Pittsburgh

incomingstudentresources.wordpress.com

University of Pittsburgh yang didapuk sebagai terbaik pertama terkhusus untuk subjek Philosophy tersebut juga sukses bertengger di posisi Top 200 dunia, lho. Tepatnya peringkat ke-142 berdasarkan QS World University Rangkings 2018.

Nah, universitas ini menawarkan BA in History and Philosophy of Science, BA in Philosophy, BA in Politics-Philosophy.

2. Peringkat ke-2, New York University

jcpatriot.com

New York University menjadi terbaik kedua setelah University of Pittsburgh terkhusus untuk subjek Philosophy. Universitas ini bahkan menembus Top 100 dunia untuk penilaian universitas secara keseluruhan, lho. Tepatnya peringkat ke-52 berdasarkan QS World University Rangkings 2018.

Nah, universitas bergengsi di negerinya Paman Sam ini menawarkan beberapa program studi di bidang filosofi seperti Bachelor of Arts in Philosophy, Master of Arts in Philosophy, hingga Doctor of Philosophy in Philosophy.

3. Peringkat ke-3, Rutgers University - New Brunswick

rumaps.rutgers.edu

Top 3 untuk kajian Philosophy faktanya diraih oleh universitas-universitas dari Amerika, nih. Rutgers University - New Brunswick menyusul menjadi terbaik ke-3 untuk kajian tersebut. Selain itu, universitas ini juga bertengger di Top 300 dunia atau tepatnya pada peringkat ke-283 berdasarkan QS World University Rangkings 2018, nih.

BA in Philosophy hingga Doctor of Philosophy in Philosophy merupakan salah satu program studi yang ditawarkan oleh universitas ini.

4. Peringkat ke-5, Harvard University

bizjournals.com

Harvard University disalip satu peringkat oleh University of Oxford di United Kingdom yang menduduki peringkat ke-4 untuk kajian Philosophy. Universitas prestisius di United States of America ini merupakan Top 3 dunia berdasarkan QS World University Rangkings 2018, lho. Tepatnya pada peringkat ke-3.

Doctor of Philosophy in Philosophy merupakan program studi bidang Filosofi yang ditawarkan oleh kampus ini.

Verified Writer

Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya