TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Perbedaan Akreditasi A dan Unggul di Lembaga Pendidikan, Simak!

Tentukan sekolah atau universitas yang tepat

ilustrasi universitas (pexels.com/ Craig Adderley)

Dalam menentukan lembaga pendidikan yang akan menjadi tujuan menuntut ilmu, biasanya kita akan mempertimbangkan berbagai faktor. Salah satunya mengenai predikat.

Di Indonesia, sejumlah lembaga pendidikan memiliki berbagai predikat atau penilaian, yakni terdiri dari akreditasi A dan unggul. Jika dilihat sekilas, keduanya memang sama tapi juga memiliki perbedaan. Berikut ini penjelasan lengkapnya!

1. Definisi akreditasi

ilustrasi pelajar (pexels.com/Stanley Morales)

Dikutip Kamus Besar Bahasa Indonesia,akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu.

Dengan adanya akreditasi, kamu akan sangat terbantu dalam memilah universitas dengan kualitas yang baik. Umumnya, penilaian akreditasi terdiri dari sejumlah pertimbangan, seperti visi misi, tata kelola, mahasiswa atau pelajar, pendidikan, penelitian, dan masih banyak lainnya.

2. Apa itu akreditasi A dan akreditasi unggul?

ilustrasi akreditasi (pexels.com/Magda Ehlers)

Akreditasi A merupakan sebuah predikat yang diberikan kepada lembaga pendidikan setelah memperoleh nilai akreditasi 361-400.

Sedangkan, akreditasi Unggul akan disematkan kepada lembaga pendidikan yang memperoleh nilai A dan sekaligus juga memenuhi syarat predikat Unggul.

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Ambisius Mengejar Pendidikan, Belajar Jadi Rutinitas!

Verified Writer

Nurul Huda Rahmadani

my words my existence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya