TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Aktivitas Seru di Perpustakaan Kampus, Mahasiswa Baru Harus Coba! 

Aktivitas seru di perpustakaan kampus

perpustakaan (freepik.com/freepik)

Perpustakaan kampus merupakan salah satu fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa. Mahasiswa dari beragam angkatan dan jurusan dapat mengakses perpustakaan kampus dengan mudah. Begitu pula dengan para mahasiswa baru. Kamu bisa menikmati banyaknya fasilitas yang disediakan kampus, termasuk perpustakaan.

Banyak aktivitas seru dan bermanfaat dapat dilakukan di perpustakaan kampus. Perpustakaan kampus jadi tempat nyaman untuk belajar, membaca, berdiskusi, cari referensi, hingga mengerjakan tugas. Yuk, simak daftar aktivitas seru di perpustakaan kampus yang wajib banget kamu coba. Jangan lupa ajak teman-temanmu, ya!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Organisasi Kampus Sesuai Passion

1. Menyelesaikan tugas dengan tenang

mengerjakan tugas (freepik.com/freepik)

Perpustakaan kampus menjadi tempat yang tepat untuk menyelesaikan tugas dengan tenang. Suasana kondusif di perpustakaan sangat mendukungmu mengerjakan tugas secara fokus.

Kamu bisa manfaatkan keberadaan ruang belajar kelompok, ruang baca, dan berbagai fasilitas di dalamnya sesuai kebutuhan. Jika berencana mengerjakan tugas bersama teman, maka kamu bisa menggunakan fasilitas ruang belajar kelompok.

Selama di perpustakaan, kamu juga dapat mencari berbagai sumber referensi yang akan membantumu menyelesaikan tugas. Selain itu, kamu juga bisa langsung meminjam buku selagi di perpustakaan.

2. Mencari referensi

mencari referensi (freepik.com/freepik)

Aktivitas di perpustakaan selanjutnya ialah mencari referensi, baik untuk tugas, makalah, atau penelitian. Berbagai sumber referensi bisa kamu jelajahi di perpustakaan kampus.

Mulai dari buku, koleksi elektronik skripsi, tesis, disertasi, hingga koleksi terbatas yang hanya bisa dibaca di tempat. Jangan ragu untuk bertanya pada petugas perpustakaan jika bingung saat mencari buku dan referensi lain.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kampus Swasta Unggul di Jawa Tengah, Ada UDINUS

3. Mengikuti acara di perpustakaan

workshop (freepik.com/master1305)

Perpustakaan kampus aktif menyelenggarakan acara workhsop dan seminar. Tentu sasaran utamanya ialah para mahasiswa. Jadi kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan  baik.

Pantau terus informasi kegiatan perpustakaan di sosial media resminya. Kesempatan ini dapat menjadi pengalaman yang bagus untuk meningkatkan skill dan membangun jaringan.

4. Membaca buku di area santai

membaca buku di perpustakaan (freepik.com/freepik)

Koleksi buku berbagai topik tersedia di perpustakaan. Kamu bisa membaca koleksi buku di area santai perpustakaan. Apalagi jika kamu bosan karena berkutat dengan tugas, maka membaca koleksi buku fiksi bisa jadi pilihan.

Banyak perpustakaan menyediakan area baca santai yang nyaman untuk menikmati bacaan favorit tanpa tekanan. Hal ini menjadi cara bagus untuk melepas penat sembari tetap di lingkungan yang mendukung.

5. Kelompok belajar, diskusi berbagai topik

diskusi (freepik.com/freepik)

Belajar dan diskusi secara berkelompok bisa membantumu untuk menambah pemahaman materi kuliah. Kamu bisa mengadakan kelompok belajar di perpustakaan bareng teman-teman.

Perpustakaan mediakan banyak ruang diskusi atau ruang belajar bersama yang cocok untuk berdiskusi atau mempersiapkan presentasi. Jangan ragu memanfaatkan fasilitas perpustakaan secara optimal.

Verified Writer

Nurul Azizah

Tidak melakukan apa-apa, tidak akan mengubah apa-apa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya