TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Beasiswa S1 Tanoto Foundation 2025 Sudah Dibuka, Simak Cara Daftarnya!

Siap ikut program beasiswa TELADAN 2025?

program beasiswa Tanoto Foundation (dok.Tanoto Foundation)

Intinya Sih...

  • Tingkat pengangguran lulusan perguruan tinggi mencapai 9,97 persen, menunjukkan adanya skills mismatch antara lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan industri.
  • Tanoto Foundation menciptakan program beasiswa TELADAN untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia lewat pelatihan soft skill dan kepemimpinan bagi mahasiswa baru di perguruan tinggi mitra program.
  • Program TELADAN ditujukan untuk mahasiswa reguler program sarjana di 10 perguruan tinggi mitra, memberikan dukungan biaya kuliah penuh, pelatihan terstruktur, serta jaringan alumni di Indonesia dan seluruh dunia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2023, tingkat pengangguran terbuka lulusan perguruan tinggi mencapai 9,97 persen, lebih tinggi dari pada lulusan SMA, SMP, dan SD. Hal ini menunjukkan adanya skills mismatch antara lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan industri. Skills mismatch tersebut meliputi soft skill, kemampuan kepemimpinan, kolaborasi, integritas, dan sebagainya.

Menanggapi hal tersebut, Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen di bidang pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada 1981 silam, menciptakan program beasiswa TELADAN (Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan). Program ini jadi salah satu upaya dan komitmen Tanoto Foundation dalam mendukung Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan sumber daya manusia lewat berbagai program bermanfaat.

Buat para mahasiswa baru di perguruan tinggi mitra program TELADAN, berikut informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini. Yuk, simak dan catat syarat serta alur pendaftarannya!

1. Apa itu beasiswa TELADAN?

program beasiswa Tanoto Foundation (dok.Tanoto Foundation)

TELADAN merupakan program beasiswa hasil inisiatif Tanoto Foundation dalam mengembangkan pemimpin masa depan dan membangun generasi yang unggul, tangguh, serta siap berkontribusi positif untuk bangsa Indonesia. Dalam program ini, para mahasiswa terpilih akan diasah dengan berbagai skill kepemimpinan yang akan sangat berguna di dunia kerja kelak.

Para Tanoto Scholars (sebutan untuk penerima beasiswa Tanoto Foundation) akan diberi pelatihan terstruktur. Hal tersebut meliputi pelatihan soft skill,  kemampuan kepemimpinan, dan berbagai kemampuan esensial lainnya untuk mendukung mereka menjadi pemimpin yang berdampak di masa depan.

TELADAN sendiri ditujukan untuk mahasiswa reguler program sarjana yang berada di semester pertama di 10 perguruan tinggi mitra program TELADAN yaitu IPB University, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanudin, Universitas Indonesia, Universitas Mulawarman, Universitas Riau, dan Universitas Sumatra Utara.

Baca Juga: 6 Alasan yang Bikin Kamu Sulit Jatuh Cinta, Punya Standar Tinggi

2. Manfaat yang didapatkan

ilustrasi presentasi (pexels.com/Matheus Bertelli)

Dalam menjalani program TELADAN selama 3,5 tahun dari semester 2 hingga 8, Tanoto Scholars akan mendapatkan beberapa manfaat, yaitu:

1. Dukungan Pengembangan Kepemimpinan

Pelatihan yang dirancang secara terstruktur dan berkelanjutan dalam 3 tahapan, mencakup pengetahuan baru, pengembangan diri sebagai pemimpin, pembelajaran berbasis proyek, serta persiapan pengembangan karier.

2. Dukungan Lingkaran Pengembangan TELADAN

Dukungan untuk mengikuti kegiatan pengayaan yang disebut sebagai Lingkaran Pengembangan TELADAN, yang terdiri dari:

  • Tanoto Scholars Association (TSA): Komunitas/wadah komunikasi bagi Tanoto Scholars yang hadir di setiap perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation.
  • Inisiatif Pay it Forward: Kesempatan melakukan kegiatan sosial melalui TSA untuk memberikan dampak positif secara langsung dan berkelanjutan kepada komunitas/masyarakat sekitar.
  • Tanoto Scholars Gathering (TSG): Aktivitas tahunan yang mempertemukan Tanoto Scholars dari semua perguruan tinggi mitra untuk melakukan kegiatan pengembangan diri.
  • Tanoto Student Research Award (TSRA): Kegiatan tahunan berupa dukungan dana dan pelatihan riset bagi Tanoto Scholars.
  • Internship: Kesempatan bagi Tanoto Scholars untuk mendapatkan pengalaman magang di Tanoto Foundation atau mitra industri lainnya.
  • Sponsorship: Dukungan finansial tambahan untuk mengikuti kompetisi, konferensi, maupun sertifikasi pengembangan kompetensi baik di dalam maupun luar negeri.
  • Global Experiences Program: Kesempatan untuk mendapatkan pengalaman global dan membangun jejaring internasional melalui program jangka pendek di dalam dan luar negeri, seperti summer course, exchange program, volunteering, dan lainnya.

3. Dukungan Biaya Kuliah dan Tunjangan Hidup

Dukungan biaya kuliah penuh (100 persen) dan tunjangan bulanan dari semester dua hingga semester delapan.

4. Jaringan Alumni di Indonesia dan Seluruh Dunia

Setelah lulus, Tanoto Scholars akan bergabung bersama dengan jaringan alumni penerima beasiswa Tanoto Foundation yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan di belahan dunia lainnya. Dalam jaringan alumni, selain terkoneksi untuk saling menginspirasi satu sama lain, juga terdapat kegiatan pengembangan profesional dan peningkatan kapasitas seiring kebutuhan perkembangan dunia.

Verified Writer

Nurkorida Aeni

Hai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya