TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Vatikan, Apakah Negara atau Bukan?

Punya kedutaan besar di Indonesia

Basilika Santo Petrus di Vatikan (pexels.com/C1 Superstar)

Intinya Sih...

  • Vatikan adalah negara berdaulat terkecil di dunia, diakui secara resmi sejak 1929.
  • Penduduk Vatikan berjumlah sekitar 1.000 orang, mayoritas adalah warga negara Italia.
  • Vatikan dulunya adalah bagian dari Kekaisaran Romawi dan resmi diakui sebagai negara merdeka pada tahun 1929.

Vatikan adalah salah satu wilayah paling unik di dunia yang sering kali menimbulkan pertanyaan, apakah Vatikan adalah negara atau kota? Terletak di tengah kota Roma, Italia, Vatikan adalah pusat spiritual bagi umat Katolik di seluruh dunia.

Vatikan juga merupakan kediaman Paus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik. Meskipun luasnya hanya sekitar 44 hektar, Vatikan memiliki pengaruh besar secara religius, budaya, dan politik. Di bawah ini penjelasan lengkap mengenai Vatikan!

1. Mengenal Vatikan, negara atau bukan?

Pemandangan udara saat senja Kota Vatikan dan Lapangan Santo Petrus (lafiguradelpadre Congreso, CC BY 2.0, via Wikimedia Commons)

Secara resmi, Vatikan diakui sebagai negara berdaulat yang paling kecil di dunia. Dilansir laman resmi Kementerian Luar Negeri, Vatikan atau Stato Città del Vaticano dibentuk melalui Traktat Lateran pada 1929 antara Wakil Kepala Pemerintah Takhta Suci Kardinal Pietro Gaspari dan Perdana Menteri Kerajaan Italia Benito Mussolini.

Penduduk Vatikan berjumlah sekitar 1.000 orang yang terdiri dari berbagai warga negara, mayoritas adalah Italia. Ada pun nama pemerintahannya adalah Santa Sede atau the Holy See atau Takhta Suci. Vatikan dipimpin oleh Paus dan berfungsi sebagai tempat tinggal dan pusat administrasi gerejawi bagi umat Katolik di seluruh dunia.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Vatikan, Negara Terkecil di Dunia!

2. Sejarah Vatikan

Pemandangan Negara Kota Vatikan (pexels.com/Aliona & Pasha)

Sejarah Vatikan dimulai jauh sebelum jadi negara seperti yang kita kenal sekarang. Wilayah Vatikan dulunya adalah bagian dari Kekaisaran Romawi dan jadi penting secara religius pada abad ke-4 ketika Basilika Santo Petrus pertama dibangun di atas makam Santo Petrus, salah satu rasul Yesus.

Setelah berabad-abad sebagai pusat kekuatan spiritual, Vatikan resmi diakui sebagai negara merdeka melalui Perjanjian Lateran pada tahun 1929, yang ditandatangani antara Takhta Suci dan Italia. Perjanjian ini mengakhiri konflik panjang antara Gereja Katolik dan negara Italia, memberikan Vatikan status kedaulatan yang diakui secara internasional.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya