TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Tanda Tangan di e-Meterai yang Benar

Penting untuk kebutuhan administrasi

ilustrasi dokumen persyaratan (unsplash.com/Romain Dancre)

Intinya Sih...

  • Penggunaan e-Meterai penting di era digital, termasuk dalam pendaftaran CPNS 2024.
  • Tanda tangan di e-Meterai perlu untuk keabsahan dan identitas penandatangan, berbeda dengan meterai fisik.
  • Cara tanda tangan di e-Meterai bisa dilakukan melalui layanan e-Meterai dan tanda tangan digital, atau menggunakan tanda tangan basah pada dokumen sebelum ditambahkan e-Meterai.

Penggunaan e-Meterai semakin penting di era digital, terutama dalam mengesahkan dokumen elektronik. Salah satu persyaratan daftar CPNS 2024 pun harus melampirkan e-Meterai. Langkah penting yang harus diketahui adalah cara menandatangani di atas e-Meterai dengan benar.

Meski terlihat sederhana, ada beberapa aturan dan prosedur yang perlu diikuti agar tanda tangan di e-Meterai sah secara hukum. Ini dia cara tanda tangan di e-Meterai yang benar dan wajib kamu ketahui!

1. Apakah e-Meterai perlu ditandatangani?

Ilustrasi dokumen. (IDN Times/Arief Rahmat)

Perlu diketahui, e-Meterai perlu tanda tangan untuk melengkapi keabsahannya. Tanda tangan fungsinya untuk menunjukkan persetujuan serta identitas penandatangan. Fungsinya juga sama seperti tanda tangan pada dokumen fisik.

Tentunya, cara tanda tangan di e-Meterai akan berbeda dengan meterai fisik. Seperti yang diketahui, jika dalam dokumen fisik, tanda tangan harus kena bagian materai. Sedangkan untuk e-Meterai, tanda tangan gak harus kena bagiannya.

Baca Juga: Cara Menggunakan e-Meterai untuk Daftar CPNS 2024, Mudah!

2. Cara tanda tangan e-Meterai yang benar

Ilustrasi dokumen. (IDN Times/Arief Rahmat)

Cara pertama adalah menyiapkan dokumen elektronik yang ingin kamu tandatangani. Kamu juga bisa memanfaatkan penyedia layanan e-Meterai dan tanda tangan digital. Misalnya, seperti Mekari Sign. Jika sudah, kamu bisa masuk ke akun Mekari Sign dan silakan unggah dokumen yang ingin dibubuhi e-Meterai.

Kamu bisa melihat cara membeli dan menggunakan e-Meterai lewat situs https://mekarisign.com/id/blog/cara-beli-dan-menggunakan-e-Meterai. Selanjutnya, silakan bubuhkan tanda tangan digital di area yang sudah disediakan. Lalu, klik selesai jika sudah menyelesaikan semua prosesnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya