TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Asal Usul Keffiyeh, Scarf Simbol Perlawanan Palestina

Sering dipakai saat melakukan aksi untuk Palestina

Bella Hadid kenakan Keffiyeh dan membawa bendera Palestina. (Instagram.com/mohamedhadid)

Serangan Israel pada Palestina semakin masif hingga memakan banyak korban. Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, ada sekitar 8.700an korban tewas. Hal tersebut tentunya memicu kecaman dari banyak pihak. Banyak juga masyarakat yang akhirnya melakukan aksi untuk membela Palestina.

Salah satu hal yang kerap menjadi highlight adalah scarf atau ikat kepala hitam-putih yang sering dipakai. Ternyata, ikat kepala ini dinamakan dengan keffiyeh. Keffiyeh dikatakan sebagai salah satu simbol solidaritas dan perlawanan Palestina. Yuk, kenalan lebih dalam dengan sejarah atau asal-usul keffiyeh!

1. Keffiyeh adalah scarf tradisional dari Palestina

Ilustrasi keffiyeh (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Mengutip dari situs Handmade Palestine, keffiyeh biasanya dikenal juga dengan sebutan shemagh atau hattah. Keffiyeh merupakan syal berbahan katun yang bentuknya persegi. Namun, keffiyeh ternyata bukan hanya sekadar syal atau scarf saja. Lebih dari itu, keffiyeh memiliki sejarah yang panjang dan kompleks.

Awalnya, keffiyeh berasal dari bangsa Sumeria dan Babilonia di Mesopotamia pada tahun 3100 SM. Saat ini, keffiyeh sudah banyak ditemukan di berbagai negara, seperti Palestina, Yordania, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Irak. Makna dan penggunaannya pun berbeda-beda. Misalnya di Palestina yang digunakan sebagai bentuk solidaritas dan demonstrasi.

2. Simbol perlawanan dan solidaritas Palestina

Bella Hadid kenakan Keffiyeh dan membawa bendera Palestina. (Instagram.com/mohamedhadid)

Melansir laman Kuvrd, keffiyeh digunakan sebagai simbol perlawanan dan solidaritas Palestina sejak tahun 1960an. Jadi, penggunaan keffiyeh ini bukan hanya untuk penutup kepala. Melainkan digunakan juga sebagai perjuangan serta perlawanan Palestina terhadap oposisi Israel.

Omar Joseph Nasser-Khoury, seorang perancang busana Palestina, mengatakan lewat The Guardian, bahwa keffiyeh melambangkan 'perampasan, pemindahan sistematis, pembunuhan, dan penindasan'. Keffiyeh pun dijadikan simbol perjuangan bukan baru-baru ini. Namun, sudah dilakukan sejak tahun 1936 silam.

Baca Juga: Apa Arti Emoji Semangka yang Viral? Apa Hubungannya dengan Palestina?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya