TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pentingnya Manajemen Waktu bagi Mahasiswa, Maba Wajib Tahu

Pahami dan jangan lupa praktikkan ya!

ilustrasi mahasiswa belajar(pixabay.com/geralt)

Semester baru telah dimulai dan mahasiswa mulai berganti generasi. Para mahasiswa baru atau akrab disapa maba mulai menjalani hari-hari pertama mereka di dunia perkuliahan. Sebagai mahasiswa baru, tentu kamu berambisi menjadi mahasiswa berprestasi, memiliki IPK tinggi, mengerjakan tugas dengan baik, mengikuti organisasi, dan memiliki social life. Nah, supaya ekspektasimu bisa terwujud, kamu wajib belajar manajemen waktu as soon as possible

Memangnya apa sih manajemen waktu itu? Buat apa waktu diatur? Sepenting itukah? Kenapa harus dipelajari? Apa saja manfaat yang didapatkan dari belajar manajemen waktu? Untuk menjawab semua pertanyaan itu, pastikan kamu membaca lebih lanjut.

1. Apa itu manajemen waktu?

ilustrasi manajemen waktu(pexels.com/RDNE Stock project)

Melansir Corporate Finance Institute, manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pengendalian jumlah waktu yang dihabiskan untuk aktivitas tertentu. Manajemen waktu gak cuman soal membuat to do list, plan jadwal di Google Kalendar, dan  menyelesaikan semua  to do list yang udah dibuat. Manajemen waktu lebih dari itu. Kamu dituntut untuk bisa mengatur mana  to do list yang lebih penting, mengurangi kebiasaan prokrastinasi, dan memaksimalkan waktu secara efektif dan efisien.

Sebagai gambaran, misalnya pada hari kamis, kamu ada jadwal kuliah, tugas tambahan dari dosen, dan kerja kelompok. Namun, di waktu yang sama, episode baru KDrama kesayanganmu juga tayang. Bagaimana cara kamu menanganinya? Caranya adalah dengan melakukan manajemen waktu. Manajemen waktu memungkinkan kamu untuk memprioritaskan tugas-tugasmu, menjadwal ulang kegiatan, dan menghindari terjadinya burn out.

2. Mengapa manajemen waktu sangat penting bagi mahasiswa?

ilustrasi belajar(pixabay.com/andrew_t8)

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus belajar manajemen waktu. Pertama, kamu adalah mahasiswa yang memiliki kewajiban belajar. Kedua, selain diwajibkan belajar, kamu juga dituntut untuk mengeksplor hal-hal yang bersifat nonakademik. Ketiga, kamu harus memperluas networking dengan membangun relasi dan memiliki kehidupan sosial. Dan terakhir yang tak kalah penting adalah  untuk menjaga kewarasanmu selama empat tahun berkuliah.

Bagaimana kamu bisa menyelesaikan semuanya dengan baik? Bagaimana kamu bisa menjadi mahasiswa berprestasi jika kamu tidak belajar karena sibuk berorganisasi atau membangun relasi saja? Belum lagi fakta bahwa kamu hanya memiliki waktu 24 jam sehari. Di sinilah peran penting manajemen waktu. Manajemen waktu membantu untuk memperkirakan mana tugas yang memang penting dan mendesak, mengatur prioritas, dan memaksa kamu untuk memaksimalkan waktu dengan cara bekerja lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: 3 Tanda Kamu Bermasalah dengan Manajemen Waktu, Sering Meleset!

3. Manfaat manajemen waktu bagi mahasiswa

ilustrasi bahagia (pexels.com/HANUMAN PHOTO STUDIO)

Manajemen waktu memiliki banyak manfaat dalam kehidupanmu. Ini dia beberapa manfaat utama dari memiliki manajemen waktu yang baik menyadur laman Kemenkeu:

  1.  Melatih diri menjadi pribadi yang disiplin;
  2. Membuat pekerjaan lebih terstruktur;
  3. Membantu untuk memiliki sikap tanggung jawab;
  4. Semua pekerjaan selesai lebih cepat;
  5. Mampu mengurangi tingkat stres.

Dengan kemampuan manajemen waktu yang baik, kamu tidak perlu lagi untuk bergadang dan melakukan SKS (sistem kebut semalam). Kamu juga bisa memiliki waktu luang untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Hal ini tentunya berpengaruh positif terhadap kualitas hidupmu secara keseluruhan. Percayalah, masa depanmu akan berterima kasih untuk itu.

4. Apa pengaruh manajemen waktu terhadap prestasi akademik mahasiswa?

ilustrasi wisuda (pexels.com/HANUMAN PHOTO STUDIO)

Manajemen waktu memiliki pengaruh signifikan terhadap keberhasilan prestasi yang hendak dicapai mahasiswa. Hal ini bisa dilihat pada prosesnya. sering kali kita bergadang, belajar dengan sistem SKS, atau bahkan menghafalkan materi sekaligus ketika menjelang ujian. Nah, dengan manajemen waktu yang baik, kamu tidak perlu bergadang karena belajarmu dilakukan secara bertahap dan terstruktur.

Hal ini tentunya sejalan dengan hasil penelitian jurnal Hubungan Antara Manajemen Waktu dengan Prestasi Belajar Mahasiswa dari Universitas Katolik Soegijapranata yang melaporkan bahwa pengaruh manajemen waktu terhadap prestasi akademik mahasiswa memiliki kontribusi yang signifikan, dengan nilai korelasi pearson sebesar 0.226, yang menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan pada level 0.05. Ini berarti bahwa makin baik manajemen waktu yang diterapkan, makin tinggi prestasi akademik yang dicapai oleh mahasiswa. Dengan demikian, manajemen waktu memiliki kontribusi yang sejalan dengan upaya prestasi akademik.

Writer

N A B I L

Learning to eating

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya