TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Berapa Uang KIP Kuliah 2024 per Semester? Ini Rinciannya!

Calon mahasiswa perlu tahu

ilustrasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah (kip-kuliah.kemdikbud.go.id/)

Saat ini, para siswa dan siswi yang duduk di bangku kelas 12 SMA tengah melalui berbagai jalur penerimaan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) terus berkomitmen memberi bantuan para calon mahasiswa yang memiliki hambatan ekonomi untuk berkuliah.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah pun jadi salah satu solusi yang telah disediakan oleh Kemdikbud bagi para penerima eligible usai berbagai tahapan. Gak sedikit, biaya didapatkan oleh penerima KIPK pun dipandang cukup memenuhi kebutuhan para mahasiswa di setiap semester-nya. Yuk, simak rincian bantuan dana KIP Kuliah 2024 berikut ini!

1. Apa itu KIP Kuliah?

Cara Cek NISN, NPSN dan NIK Untuk Mendaftar KIP Kuliah 2024 (photo Indonesia.go.id)

Bagi kamu calon mahasiswa atau bahkan siswa SMA yang penasaran dengan KIP Kuliah, simak pengertiannya berikut ini, ya. Dilansir laman resmi Kemendikbudristek RI, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah merupakan sebuah program bantuan sosial dalam bidang pendidikan tinggi yang merupakan perkembangan dari program Bidikmisi yang sudah digulirkan pemerintah sejak tahun 2011.

Tujuan KIP Kuliah antara lain adalah sebagai upaya meningkatkan perluasan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi secara lebih merata dan berkualitas bagi masyarakat yang kurang atau tidak mampu secara ekonomi. Pada tahun 2022, KIP Kuliah secara resmi dikembangkan sebagai KIP Kuliah Merdeka. Perbedaan kedua program tersebut terletak pada besaran bantuan biaya pendidikan yang diberikan dari pemerintah.

Baca Juga: Penyebab KIP Kuliah Dicabut, Ini Faktor Masalahnya!

2. Besaran biaya pendidikan KIP Kuliah 2024

Mahasiswa sedang berdiskusi(id.prosple.com/Silvia Chandra)

Pada dasarnya, bantuan biaya KIP Kuliah terdiri dari dua tipe, yaitu bantuan biaya pendidikan dan bantuan biaya hidup. Pada KIP Kuliah, bantuan biaya pendidikan atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) disamaratakan, yakni sebesar Rp2,4 juta persemester. 

Hanya saja pada KIP Kuliah Merdeka, bantuan UKT akan disesuaikan dengan program studi (Prodi) yang dipilih serta akreditasi prodi tersebut. Berikut adalah rinciannya:

  • Program studi dengan akreditasi C: UKT maksimal Rp2,4 juta.
  • Program studi dengan akreditasi B: UKT maksimal Rp4 juta.
  • Program studi dengan akreditasi A: UKT maksimal Rp12 juta.

Nantinya, biaya ini pun akan langsung disalurkan secara otomatis oleh pihak pemerintah ke instansi perguruan tinggi masing-masing penerima. Jadi, para mahasiswa gak akan memegang kendali atas bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah dan KUP Kuliah Merdeka.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya