TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Tips Upgrade Reading Skill, biar Lebih Luwes!

Latihan reading bisa sambil berbelanja juga, lho!

ilustrasi seseorang yang sedang membaca buku (paxels.com/Andrea Piacquadio)

Masih sering merasa bingung bahkan frustasi saat membaca teks atau bacaan dalam bahasa Inggris? Jika iya, mungkin yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan efektivitas dan variasi gaya latihan kamu.

Gimana caranya? Yuk, baca beberapa tip dan trick di bawah ini agar kamu bisa lebih fasih dan percaya diri saat membaca bacaan dalam bahasa Inggris. Selamat mencoba!

1. Perbanyak vocabulary

buku kamus (paxels.com/Pixabay)

Sudah menjadi hal yang pasti bahwa untuk memahami bacaan dalam suatu bahasa, kamu perlu memiliki pembendaharaan kosa kata yang cukup. Nah, setiap kali latihan reading, kamu bisa sekaligus menambah daftar kosa kata dengan cara mencatat dan menghafalkan kosa kata baru yang kamu temui.

Pada awalnya kamu mungkin akan kerepotan mencatat banyak kosa kata baru. Namun, seiring berjalannya waktu, kamu bisa mengenali banyak vocabulary secara otomatis. Dengan begitu, kamu akan semakin terbiasa dan lebih fasih dalam membaca teks berbahasa Inggris.

2. Tingkatkan kemampuan pronunciation

Tulisan bab pronunciation (paxels.com/Nothing Ahead)

Ketika mendapat vocabulary baru, selain dari menghafal kata dan maknanya, penting untuk melatih bagaimana pengucapan kosa kata tersebut dalam bahasa Inggris. Meningkatkan kemampuan pronunciation bisa dimulai dari melatih pelafalan huruf perhuruf, mempelajari phonetic symbol, kombinasi huruf serta ketentuan silent letters.

Kamu juga bisa melatih pronunciation dengan mendengarkan dan mengulang-ulang ucapan dari para native speaker ketika menyebutkan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris. Hal ini bisa kamu lakukan sembari menonton film atau series favorit kamu.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Buku Bahasa Inggris untuk Latih Kemampuan Reading

3. Mulai dengan bacaan yang mudah

ilustrasi buku cerita anak (paxels.com/cottonbro studio)

Kamu bisa mulai dengan membaca bacaan simpel seperti cerpen atau buku anak-anak. Hal ini ditujukan untuk membuat kamu terbiasa dengan kosa kata dan kalimat sederhana dalam Bahasa Inggris. Setelahnya, mulailah untuk meningkatkan level kesulitan bacaan seperti berita atau buku-buku pelajaran.

Ketika terlalu memaksakan diri dengan bacaan-bacaan yang jauh dari level kemampuanmu, ditakutkan proses latihanmu justru menjadi tidak efektif. Hal ini bisa disebabkan karena kamu terlalu kewalahan melafalkan dan memahami kosa kata rumit yang kamu temui.

4. Baca bacaan yang sesuai dengan hobi kamu

bunga putih (paxels.com/Jessica Lewis 🦋 thepaintedsquare)

Misalnya, jika hobi kamu adalah berkebun, cobalah untuk membaca buku atau artikel tentang tanaman dengan menggunakan bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu dapat merasa lebih enjoy dan menikmati proses latihan. Hal ini juga tentunya dapat meningkatkan semangat kamu untuk terus belajar. 

Selain itu, kamu juga bisa memperbanyak bacaan terkait dengan pekerjaan atau bidang yang sedang kamu tekuni saat ini. Misalnya, jika kamu adalah seorang mahasiswa, cobalah untuk membaca referensi-referensi tugas berbahasa Inggris. Dengan begitu, kamu juga dapat memperbanyak kosa kata baru terkait dengan jurusanmu yang tentunya dapat sangat bermanfaat di dunia kerja nantinya.

Baca Juga: 5 Novel Romantasy dengan Cerita Ringan, Obat Reading Slump

5. Pelajari tata bahasa dalam Bahasa Inggris

ilustrasi orang yang sedang belajar bahasa inggris (Paxels.com/Polina Tankilevitch)

Terkadang kita masih saja tidak dapat memahami bacaan dalam bahasa Inggris meski mengetahui keseluruhan vocabulary yang ada. Hal ini bisa jadi karena kita belum begitu paham struktur atau tata bahasa dalam bahasa Inggris itu sendiri.

Selain itu, memahami tata bahasa juga penting untuk menghindari kesalahpahaman. Misalnya terkait dengan penentuan subjek dan predikat. Ketika membaca bacaan dalam bahasa Inggris tanpa memahami tata bahasanya, kita bisa saja salah mengidentifikasi pelaku dan kejadian apa yang sedang diceritakan.

6. Perhatikan sekitarmu

keranjang belanja mini (paxels.com/emirkhan bal)

Sadar atau tidak, ada banyak bacaan dalam bahasa Inggris di sekitar kita. Maka dari itu, cobalah untuk lebih memperhatikan sekitar dan berusaha untuk selalu membaca bacaan dalam bahasa Inggris yang kamu temui.

Misalnya, setiap membeli sesuatu, cobalah untuk memperhatikan bagian kemasannya. Biasanya akan ada informasi seperti komposisi atau cara pemakaian dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jadi, bahkan saat berbelanja pun kamu bisa sekaligus melatih kemampuan reading.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Reading Slump

7. Gunakan bahasa Inggris saat mencari informasi

ilustrasi seseorang yang sedang mengetik (paxels.com/cottonbro studio)

Pada era digital saat ini, informasi yang kita butuhkan sangat mudah didapatkan hanya dengan bermodalkan akses internet. Setiap harinya, kita memiliki banyak sekali pertanyaan atau informasi baru yang perlu dipastikan kebenarannya.

Kondisi ini bisa kita jadikan sebagai kesempatan untuk meningkatkan kemampuan reading dalam Bahasa Inggris, lho. Gimana caranya? Kapanpun kamu ingin mencari informasi di internet, cobalah untuk menggunakan bahasa Inggris terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu secara sadar tidak sadar akan mempunyai banyak sekali bahan bacaan setiap harinya. 

8. Perbanyak latihan listening

ilustrasi seseorang yang sedang mendengarkan podcast (paxels.com/Eren Li)

Dengan memperbanyak mendengar percakapan atau penjelasan dari para native speaker, kamu dapat memiliki gambaran bagaimana gaya bicara dan intonasi dalam bahasa Inggris yang tentunya akan mempermudah kamu saat latihan reading. Usahakan agar fokus pada satu aksen atau gaya bicara terlebih dahulu untuk menjaga konsistensi dan mempermudah proses pembelajaranmu.

Lima tips yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam bahasa Inggris. Tips mana nih yang menurutmu paling bisa meningkatkan kemampuan reading-mu?

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Reading Slump untuk Kembalikan Minat Bacamu, Cek! 

Writer

Ismi Hayyum Bandera

Still Thinking

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya