TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Trick Latihan Speaking Bersama Teman, Bisa Sembari Deep Talk

Ciptakan suasa yang asik dan seru selama proses latihan

ilustrasi orang-orang yang sedang berbincang seru (paxels.com/Helena Lopes)

Memiliki teman yang bisa diajak belajar bersama merupakan suatu keuntungan yang sangat besar. Kalian bisa saling memotivasi dan juga mengingatkan satu sama lain. Namun, bagaimana jika kalian sudah punya partner latihan tapi masih bingung harus latihan speaking seperti apa? Gak perlu khawatir!

Di bawah ini ada beberapa tips dan trick yang bisa digunakan sebagai bahan latihan kamu dan teman-temanmu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian. So, enjoy your practice!

1. Latihan membuat podcast

ilustrasi orang yang sedang membuat podcast (paxels.com/cottonbro studio)

Tenang aja, kalian ngga harus membuat podcast dengan tema-tema berat kok. Sebaliknya, carilah topik yang sesuai dan lekat dengan keseharian kamu dan teman-temanmu. Kalian bisa membahas hobi, tempat favorit, atau bahkan sekadar aktivitas-aktivitas yang sering kalian lakukan bersama. Hal ini bisa membantu kalian agar merasa lebih rileks dan menikmati proses latihan.

Selain untuk latihan speaking, membuat podcast juga bisa untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi. Jadi, selain belajar mengungkapkan pikiran dan ekspresi dalam bahasa Inggris, kalian juga bisa belajar bagaimana memberikan respon yang menarik dan sesuai agar percakapan tetap berjalan. 

2. Bermain game tebak-tebakkan

huruf-huruf random (paxels.com/Pixabay)

Latihan speaking juga bisa kalian lakukan melalui berbagai bentuk permainan lho. Salah satunya dengan bermain game tebak-tebakkan. Cara bermainnya pun cukup mudah.

Salah satu dari kalian bertugas untuk menjelaskan suatu kata random, bisa berupa makanan, hewan, aktivitas, pekerjaan dan lain-lain dengan menggunakan bahasa Inggris. Adapun sisanya bertugas untuk menebak kata tersebut.

Melalui game ini, kalian bisa melatih kemampuan penggunaan kosa kata secara kreatif dan deskriptif serta meningkatkan kemampuan kalian dalam memahami informasi yang diberikan dalam bahasa Inggris. Jadi, selamat mencoba!

3. Bermain truth or dare

ilustrasi hangout bersama teman (paxels.com/Derena Belonogova)

Permainan "Truth or dare" juga bisa lho kamu jadikan sebagai media latihan. Dengan menjawab truth questions menggunakan bahasa Inggris, kalian bisa mempererat hubungan pertemanan sekaligus meningkatkan kemampuan speaking kalian masing-masing.

Adapun untuk opsi dare, kalian perlu memastikan bahwa tantangan yang akan diberikan masih berhubungan dengan latihan speaking. Misalnya, tantangan menirukan adegan lucu dari film selama dua menit dengan menggunakan bahasa Inggris. Nah, gak sabar buat mulai keseruannya kan? Jawab yang jujur ya! 

Baca Juga: 5 Cara Melatih Speaking Bahasa Inggris, Terapkan Supaya Jago!

4. Latihan Debat

ilustrasi ekspresi seseorang (paxels.com/Andrea)

Ada banyak topik debat yang bisa kalian gunakan, mulai dari isu pendidikan, sosial, atau bahkan politik yang bisa memancing kemampuan berpikir kritis. Kalian juga bisa memulai dengan topik yang lebih ringan seperti tren atau life style masyarakat. Dengan begitu, kalian bisa lebih mudah membangun ide dan menyampaikan pendapat.

Saat latihan debat, cobalah untuk meminimalisir penggunaan bahasa Indonesia bahkan saat sedang memikirkan sebuah jawaban atau gagasan. Hal ini ditujukan agar kalian bisa secara otomatis berpikir dan berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris. Jadi gak perlu capek-capek translate lagi!

5. Latihan bermain peran

ilustrasi dua orang yang sedang bermain peran (paxels.com/cottonbro studio)

Latihan ini bisa kalian coba dengan hanya melakukan percakapan semata atau bisa juga dengan menambahkan adegan-adegan yang seru. Misalnya, kalian bisa membuat pentas drama mini dari cerita-cerita rakyat, reka adegan film kesukaan kalian dan lain-lain. Cara ini bisa sangat membantu kalian belajar untuk mengekspresikan diri dengan menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, kalian bisa sekalian latihan writing dengan menuliskan skenario-skenario versi kalian sendiri. Siapa tahu drama yang kalian buat saat ini tidak hanya sebagai media latihan bahasa Inggris semata melainkan bisa kalian pentaskan nantinya. 

6. Sambung cerita

ilustrasi dua orang yang sedang berbincang (paxels.com/nappy)

Metode latihan selanjutnya yang bisa kalian gunakan adalah membuat cerita dengan cara bergantian menambahkan atau saling melanjutkan kalimat. Untuk mengawali cerita, kalian bisa menyepakati topik atau genre ceritanya terlebih dahulu.

Hal yang seru dari permainan ini adalah masing-masing kalian punya ide tersendiri namun harus tetap menyesuaikan dengan ide cerita teman kalian. Dengan begitu, ceritanya bisa jadi lebih berwarna atau malah menjadi sebuah cerita yang absurd.

Latihan ini selain melatih kemampuan speaking, juga dapat melatih kreativitas dan kemampuan improvisasi. Agar lebih seru dan menarik, jangan lupa untuk menambahkan plot dan ending cerita yang memukau!

Writer

Ismi Hayyum Bandera

Still Thinking

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya