TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Kebiasaan Gen Z dalam Mencari Konten Hiburan di Era Digital

Gen Z adalah generasi yang melek teknologi

ilustrasi membuka aplikasi TikTok di ponsel (pexels.com/cottonbro studio)

Sebagai generasi yang lahir dan tumbuh di era digital, Gen Z memiliki cara unik dalam mencari hiburan dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan akses mudah ke internet dan berbagai platform, mereka lebih memilih konten hiburan yang on-demand dan interaktif. 

Selain itu, Gen Z dikenal lebih selektif dan kritis dalam memilih konten. Mereka cenderung menghindari media tradisional seperti televisi dan lebih mengutamakan konten yang relevan dengan minat dan nilai-nilai mereka.

Dengan preferensi yang beragam, mulai dari video pendek di TikTok, serial di Netflix, hingga podcast di Spotify, berikut adalah enam kebiasaan Gen Z dalam mencari konten hiburan di era digital. 

1. Mengandalkan platform streaming

ilustrasi menggunakan platform streaming Netflix (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Gen Z lebih menyukai platform streaming untuk mengakses hiburan. Mereka jarang mengandalkan televisi dan cenderung menonton acara atau mendengarkan musik sesuai jadwal mereka sendiri.

Adanya kebebasan dalam memilih waktu dan jenis konten, membuat platform streaming menjadi pilihan utama bagi Gen Z. Selain itu, fitur rekomendasi konten juga memudahkan mereka menemukan hiburan baru yang sesuai dengan minatnya. 

2. Mencari konten singkat di media sosial

ilustrasi membuka aplikasi TikTok di ponsel (pexels.com/cottonbro studio)

Gen Z terkenal dengan kebiasaannya mengonsumsi konten singkat melalui platform seperti Instagram Reels, TikTok, Snapchat dan YouTube Shorts. Mereka cenderung menghindari konten berdurasi panjang kecuali topik yang diangkat benar-benar menarik perhatian mereka. 

Konten hiburan dengan durasi 15–60 detik sangat sesuai dengan gaya hidup Gen Z yang serba cepat. Mereka juga menyukai hiburan yang interaktif, seperti mengikuti tren challenge atau konten viral.

3. Menggunakan algoritma untuk menemukan hiburan

ilustrasi melihat postingan instagram orang lain (pexels.com/cottonbro studio)

Adanya algoritma memudahkan Gen Z untuk menemukan konten hiburan yang sesuai dengan preferensi mereka. Platform seperti YouTube, Instagram dan TikTok biasanya menggunakan algoritma yang secara otomatis menyesuaikan rekomendasi berdasarkan riwayat tontonan dan interaksi pengguna.

Ini akan membatu Gen Z agar tidak perlu repot mencari konten secara manual. Mereka merasa puas dengan konten rekomendasi, yang biasanya sangat relevan dengan minat mereka, sehingga konsumsi hiburan menjadi lebih personal.

Baca Juga: 7 Cara Unik Gen Z Menggunakan Media Sosial untuk Aktivisme Sosial

4. Memanfaatkan konten audio

ilustrasi menggunakan aplikasi Spotify di ponsel (pexels.com/PhotoMIX Company)

Mendengarkan podcast atau konten audio menjadi salah satu cara Gen Z mencari hiburan, terutama ketika sedang melakukan aktivitas lain, seperti berkendara atau berolahraga. Podcast memungkinkan mereka mengonsumsi konten tanpa harus menatap layar yang sangat praktis dalam gaya hidup serba sibuk.

Genre podcast yang mereka sukai pun bervariasi, mulai dari komedi, berita, hingga cerita horor. Dengan beragam pilihan yang ada, mereka bisa dengan mudah menemukan topik yang sesuai dengan minat dan mood mereka saat itu.

5. Menyukai konten yang relevan dengan isu sosial

ilustrasi tulisan "time for cange" (pexels.com/Alexas Fotos)

Gen Z cenderung lebih sadar akan isu-isu sosial dan biasanya mencari konten yang relevan dengan topik-topik seperti keberagaman, lingkungan, dan kesetaraan. Hiburan tidak hanya dilihat sebagai sarana untuk menghabiskan waktu, tetapi juga sebagai alat untuk mendidik diri sendiri dan menyebarkan kesadaran.

Gen Z mendukung content creator atau selebriti yang berbicara tentang isu-isu penting dan sering kali terlibat dalam diskusi yang berkembang di media sosial. Ini menunjukkan bagaimana hiburan bagi Gen Z juga menjadi sarana untuk berpartisipasi dalam perubahan sosial.

Verified Writer

Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya