TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu OSN? Simak Pengertian, Jenis, dan Syaratnya!

Hal ini perlu diketahui sebelum mengikuti OSN

Hal yang perlu diketahui seputar OSN (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Intinya Sih...

  • OSN adalah kompetisi prestisius bagi pelajar SD hingga SMA yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dengan tema "Berprestasi dan Berintegritas".
  • Ada 9 cabang yang dilombakan di OSN, antara lain Matematika, Kimia, Fisika, Informatika/Komputer, Biologi, Ekonomi, Geografi, Kebumian, dan Astronomi.
  • Seleksi OSN dimulai dari tingkat sekolah (OSN-S), lalu ke tingkat kabupaten (OSN-K), provinsi (OSN-P), nasional (OSN), hingga olimpiade internasional di berbagai negara.

Istilah OSN pasti sudah gak asing di kalangan pelajar. Pasalnya, OSN merupakan kompetisi prestisius yang diselenggarakan di seluruh Indonesia.

Dikutip laman resmi Kementerian Kebudayaan, Pendidikan, Riset, dan Teknologi, OSN adalah Olimpiade Sains Nasional yang merupakan ajang kompetisi bagi pelajar SD hingga SMA yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi nasional (Puspresnas). Penyelenggaran OSN diadakan tiap tahun dengan tema yang berbeda-beda.

Adapun tema untuk tahun ini adalah “Berprestasi dan Berintegritas” yang bermakna bahwa peserta didik memiliki kesempatan untuk berprestasi dengan tetap menjaga kejujuran. Berikut informasi lain mengenai OSN yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak!

1. Jenis cabang OSN

Hal yang perlu diketahui seputar OSN (Pexels.com/Yan Krukau)

Dalam olimpiade OSN, ada 9 cabang yang dilombakan. Cabang ini merupakan mata pelajaran yang terdapat di jenjang pendidikan tertentu.

1. Matematika

Pada cabang ini, peserta  akan diminta mengerjakan soal-soal matematika, mulai dari aljabar, geometri, kombinatorika, bilangan, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, cabang olimpiade matematika tidak terlalu berbeda ketika kamu mengerjakan ujian matematika di sekolah, mungkin yang membedakan adalah tingkat kesulitan yang terdapat di soal-soal. 

2. Kimia

Kimia adalah salah satu cabang olimpiade favorit yang menarik bagi para calon peserta. Hal-hal yang harus dipersiapkan dan dipelajari dengan baik jika ingin mengikuti OSN kimia di antaranya; mengenai atom, ikatan kimia, perhitungan kimia, kecenderungan periodik, kimia fisika, kimia organik, dan lain sebagainya.

3. Fisika

Fisika juga jadi salah satu cabang atau mata pelajarn yang dilombakan di OSN. Materi-materi yang akan dilombakan di OSN Fisika di antaranya; matematika, pengukuran, kinematika, dinamika, osilasi, gravitasi, listrik magnet, termofisika, dan lain-lain.

4. Infromatika/komputer

Cabang ini juga menjadi salah satu cabang OSN favorit, terutama dengan meningkatnya digitalisasi yang semakin marak. Hal yang harus dipelajari dalam cabang ini adalah mengenai struktur data, algoritma baku, serta teknik perancangannya.

5. Biologi

Cabang ini cocok diikuti untukmu yang suka menghafal. Beberapa materi yang dipelajari ketika ingin mengikuti cabang ini di antaranya adalah biologi sel, anatomi dan fisiologi tumbuhan, anatomi dan fisiologi hewan, etologi, genetika dan evolusi, dan lain-lain.

6. Ekonomi

Berbeda dengan cabang di atas, cabang ini menjadi keunggulan jurusan IPS. Beberapa materi yang perlu dipelajari ketika ingin mengikuti cabang ini adalah kebutuhan manusia, masalah pokok ekonomi, sistem ekonomi, perilaku konsumen dan produsen, elastisitas permintaan dan penawaran, keseimbangan pasaran, dan lain sebagainya.

7. Geografi

Cabang ini berfokus untuk mempelajari ilmu bumi dan dampaknya terhadp keadaan sosial. Cakupan materi yang ada di cabang ini di antaranya adalah sumber daya dan manajemen sumber daya, geografi lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, pariwisata, geografi ekonomi, globalisasi, hingga manajemen bencana.

8. Kebumian

Kebumian ini bisa dikatakan sebagai cabang yang mencakup antara geografi dan astronomi. Pada cabang ini, materi yang dipelajari adalah geologi, astronomi, meteorologi, hingga oseanografi.

9. Astronomi

Meskipun mungkin berbeda dengan cabang lainnya, cabang ini mirip dengan fisika yang bergelut pada angka-angka. Untuk mengikuti cabang ini, hal yang dipelajari adalah astrofisika, astronomi bola, sistem waktu dan kalender, mekanika benda langit, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Latar Belakang Pelajar Melakukan Perundungan ke Teman Sekelas

2. Tahapan seleksi OSN

Hal yang perlu diketahui seputar OSN (Pexels.com/Roxanne Minnish)

1. OSN-S

Seleksi pertama diselenggarakan pada tingkat sekolah. Ketentuan OSN-S dipilih sesuai dengan kebijakan kepala sekolah atau kepala satuan pendidikan terkait. Peserta terbaik hasil seleksi sekolah/satuan pendidikan akan menjadi wakil sekolah/satuan pendidikan ke tingkatan berikutnya, yaitu OSN-K.

2. OSN-K

Tingkat Kabupaten (OSN-K) mengacu pada pedoman yang diselenggarakan oleh BPTI Kemendikbud. Bila siswa berhasil pada tahap ini, seleksi akan dilanjutkan pada OSN tingkat provinsi.

3. OSN-P

Seleksi di tingkat provinsi akan diselenggarakan oleh dinas pendidikan provinsi. Adapun ketentuan pelaksanannnya mengaci pada pedoman dari BPTI Kemendikbud. Peserta terbaik hasil seleksi OSN-P dan dengan kriteria penilaian tertentu akan menjadi peserta OSN tingkat nasional.

4. OSN

Seleksi selanjutnya adalah di tingkat nasional (OSN). Di tingkat ini, siswa akan disaring menjadi yang terbaik setelah melewati tahap-tahap sebelumnya. Tak berhenti di sini, siswa juga dapat memiliki kesempatan untuk bersaing secara internasional.

5. Olimpiade internasional

Siswa yang berhasil melewati tahap OSN akan diberangkatkan ke olimpiade internasional. Setiap cabang akan dikirimkan ke negara yang berbeda sesuai dengan cabang yang diikuti. Peserta didik yang berhasil meraih prestasi terbaik di tingkat nasional akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi sains internasional tahun 2025. Tempat pelaksanaan kompetisi sains tingkat internasional tahun 2025 adalah:

  • International Mathematical Olympiad (IMO): Australia
  • International Physics Olympiad (IPhO): Perancis
  • International Chemistry Olympiad (IChO): United Arab Emirates
  • International Olympiad in Informatics (IOI): La Paz, Bolivia
  • International Biology Olympiad (IBO): Quezon City, Filipina
  • International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA): to be decided (TBD).
  • International Economics Olympiad (IEO): to be decided (TBD).
  • International Earth Science Olympiad (IESO): Bangalore, India
  • International Geography Olympiad (iGeo): Bangkok, Thailand

Verified Writer

Hani Safanja

Progress over perfection

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya