TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Aman Booking Kos Tanpa Harus Cek Lokasi, Gak Ribet

Manfaatkan teknologi saat booking kos

ilustrasi transaksi sewa tempat tinggal (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Di era digital saat ini, berbagai platform pencarian sewa kos memudahkan untuk menemukan kos yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, seiring mudahnya mendapat informasi, semakin banyak pula modus penipuan yang berkembang.

Cara paling aman booking kos adalah dengan cek ke lokasi secara langsung. Tapi, kalau tidak memungkinkan cek lokasi karena alamat kos jauh dari domisili dan butuh segera untuk ditempati, maka perlu kehati-hatian dalam membaca informasi iklan sewa kos.

Berikut lima tips memanfaatkan teknologi agar terhindar dari penipuan iklan kos. Yuk, ikuti!

1. Pilih platform pencarian kos terpercaya dan periksa akun

ilustrasi wanita mencari informasi di internet (pexels.com/Teona Swift)

Ada banyak platform penyewaan kos, pilihlah platform yang melindungi transaksi booking dan menyediakan layanan pengaduan sehingga lebih aman dari penipuan dan juga pilih akun dengan rating dan ulasan yang bagus.

Apabila platform hanya menampilkan informasi penyewaan kos melalui akun pengguna dan transaksi dilakukan diluar platform (tidak melindungi transaksi booking), teliti akun tersebut secara detail, amati postingan sebelumnya, cek apakah akun tersebut menampilkan kolom ulasan/review/komentar, apabila dinonaktifkan, segera hindari.

Umumnya, akun penipu akan menutup kolom ulasan untuk mencegah korban penipuan sebelumnya memberikan ulasan yang jelek.

2. Cek Get Contact

ilustrasi menghubungi melalui ponsel (pexels.com/Katrin Bolovtsova)

Umumnya iklan kost mencantumkan contact person yang bisa dihubungi, baik nomor ponsel pemilik kos atau admin kos. Sebelum menghubunginya, cek kontak tersebut di Aplikasi Get Contact (tersedia di Play Store).

Aplikasi Get Contact merupakan aplikasi pencarian pemilik nomor ponsel berdasarkan nama kontak yang disimpan pada ponsel pengguna lain, pada fitur tagar di Get Contact, contact person dapat teridentifikasi. Selain fitur tagar, terdapat fitur skor kepercayaan dari skala 1 sampai 10, semakin mendekati skor 10 maka kontak tersebut semakin terpercaya.

Pengguna Get Contact yang pernah menjadi percobaan penipuan ataupun korban penipuan biasanya akan memberi nama kontak dengan nama yang tidak baik untuk menghindari banyaknya korban seperti 'penipu', 'pembohong', 'penjahat', dan sebagainya. Apabila tidak terdapat daftar kontak yang mencurigakan, kamu  bisa menghubungi kontak tersebut.

Baca Juga: 7 List Pertanyaan Survei Kos Mahasiswa Baru, Pastikan Info Detail

3. Cek Google Lens

ilustrasi mencari informasi di internet (pexels.com/Firmbee.com)

Telusuri foto ruang/kamar kos yang diupload pada iklan sewa kos di Google Lens. Google Lens memberi informasi gambar yang diunggah pengguna dengan gambar yang serupa berdasar seluruh informasi dari internet seperti nama kos, alamat kos, contact person, dan link iklan kos.

Apabila ditemukan informasi yang berbeda, nama kos dan alamat kos tidak sesuai dengan foto pada iklan, hati-hati, kemungkinan foto ruang/kamar kos tersebut mengambil dari tempat kos/penginapan lain.

4. Cek Google Street View

ilustrasi mencari alamat di internet (pexels.com/Pixabay)

Cocokkan informasi foto kos tampak depan dan alamat kos dilihat menggunakan Google Street View pada Google Maps. Google Street View menunjukkan pemandangan nyata lokasi berdasar jalan sesuai alamat yang dicari, apabila foto kos tampak depan dan alamat kos pada Google Street View sesuai dengan informasi iklan, maka kos tersebut memang benar ada, apabila tidak sesuai, harap waspada penipuan.

Google Street View juga bisa melihat lingkungan dan keadaan sekitar tempat kos, mengetahui pemandangan nyata fasilitas umum yang terdekat dari kos seperti pasar, layanan kesehatan, tempat belajar, tempat ibadah, hingga tempat olahraga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya