TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Memilih Buku Bahasa Inggris untuk Latih Kemampuan Reading

Apabila kamu masih dalam level pemula, cek tips berikut

ilustrasi orang membaca buku (pexels.com/Filipe Sabino)

Jika ingin menguasai kemampuan reading atau membaca bahasa Inggris, kamu harus membiasakan diri untuk membaca teks berbahasa Inggris. Dalam hal ini, ada banyak cara untuk melatih kemampuan tersebut. Salah satunya adalah dengan membaca buku berbahasa Inggris. 

Khususnya, bagi kamu yang masih level beginner atau pemula, ada hal yang harus diperhatikan dalam memilih buku agar latihanmu maksimal. Selain itu, kamu tidak kesulitan dalam memahami isi dari buku tersebut.

Berikut tips memilih buku berbahasa Inggris. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

1. Buku terbitan terbaru

ilustrasi orang membaca buku (pexels.com/Pixabay)

Ini dikarenakan tahun terbitan dapat mempengaruhi bahasa yang digunakan pada buku. Dalam kasus ini, buku terbitan lama atau yang bersifat klasik cenderung menggunakan Old English. Sebaliknya, buku terbitan terkini bahasanya sudah berubah dan mudah dipahami.

Jadi, sebagai pemula, hindari memilih buku yang terbit di tahun 80an atau 90an. Selain itu, isi atau konten dari bukunya juga pasti menyesuaikan zaman. Karena itu, agar relate dengan kehidupan yang sekarang, pilih buku terbitan terbaru, misalnya lima tahun ke belakang.

2. Level buku dikhususkan untuk usia anak-anak atau remaja

ilustrasi orang sedang belajar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu juga bisa pilih buku yang dikhususkan untuk anak-anak dan remaja. Mengapa? Karena tentunya level bahasa yang digunakan lebih mudah dimengerti. Spesifiknya, bahasa atau ungkapan yang digunakan bersifat basic atau bisa ditangkap oleh segala usia.

Jadi, akan aman untuk kamu yang baru pemula dalam belajar bahasa Inggris. Biasanya buku tersebut berupa dongeng, fabel, novel, dan lainnya. Nah, apabila kemampuanmu sudah naik level, barulah bisa mencoba belajar dari buku khusus usia dewasa!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Buku yang Tepat untuk Si Kecil, Praktikkan!

3. Topiknya relate dengan kehidupan sehari-hari

Pexels

Pada dasarnya, bagi kamu yang pemula, akan disarankan untuk mempelajari kosakata atau ungkapan sehari-hari. Sehingga, akan lebih familier dan memudahkamu dalam memahaminya. Jadi, pilihlah buku yang mengangkat topik yang relate dengan kehidupan sehari-hari.

Misalnya, kamu membaca buku tentang bagaimana cara percaya diri di depan umum. Maka, kosakata yang akan digunakan tidak jauh dari yang berhubungan dengan komunikasi, kepribadian, perilaku, dan lainnya yang berkaitan. Yang mana itu cukup relate dengan kehidupan sehari-hari.

4. Pertimbangkan genre yang disukai

ilustrasi orang membaca buku (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Genre buku yang dipilih juga dapat mempengaruhi proses belajarmu. Apabila mendalami hal yang disukai, pasti kamu cenderung lebih semangat dalam melakukannya, bukan? Karena itu, kamu bisa pilih genre yang kamu suka. 

Akan tetapi, untuk pemahaman yang lebih luas terhadap kosakata atau ungkapan, kamu bisa coba genre lain. Misalnya, yang tadinya kamu lebih sering membaca buku romance, kini mencoba genre thriller. Dengan begitu, kamu akan merasakan perbedaan kosakata yang digunakan.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Buku Bahasa Inggris untuk Pencinta Gunung

5. Hindari memilih buku puisi

ilustrasi orang sedang belajar (pexels.com/George Dolgikh)

Mengapa kamu tidak disarankan membaca buku puisi? Pertama, puisi memiliki gaya bahasa yang cukup kompleks dan cenderung tersirat. Kedua, penggunaan tata bahasanya sedikit berbeda dengan rules. Sekali lagi, ini dikarenakan puisi termasuk karya sastra, yang mana bersifat bebas, kreatif, dan imajinatif.

Sehingga, dapat dikatakan puisi lebih berat dibandingkan buku yang lainnya. Dalam hal ini, kamu tidak hanya sekadar membaca atau menerjemahkan puisi tersebut, tetapi juga makna yang terkandung di dalamnya untuk memahami puisi secara mendalam.

Verified Writer

Fatimah Tuzzahrah

hope my articles are beneficial for you (;

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya