TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Bisa Jadi Ide Menemukan Topik Tulisan, Pemula Harus Tahu!

Perbanyak berselancar di dunia maya dan dunia nyata

ilustrasi orang menulis (pexels.com/Kampus Production)

Sebelum menulis, tentunya kita harus menentukan topik dan judul apa yang ingin dibawa dalam tulisan. Karena itu, pencarian topik menjadi salah satu struggle para penulis, bukan? Khususnya, bagi seorang penulis pemula kerap mengalami kebingungan dalam menemukan topik dan judul yang berpotensi dilirik oleh editor dan dikunjungi banyak pembaca.

Sebagai pemula, kamu bisa fokus terlebih dulu untuk fokus belajar menulis atau 'learning by doing'. Jadi, kamu tidak berpatokan pada tiap tulisan wajib terbit. Yang terpenting kamu dapat menemukan topik yang sesuai dengan ketertarikan dan keterampilan. Berikut lima hal yang bisa memicu ide tersebut muncul dan akhirnya menjadi topik atau judul tulisanmu.

1. Pengalaman pribadi dan orang lain

ilustrasi dua orang mengobrol (pexels.com/Greta Hoffman)

Tentu cara paling mudah dalam menemukan topik tulisan adalah mengambil pengalaman pribadi. Anggap saja kamu sedang bercerita tentang bagaimana kamu menghadapi masalah atau keadaan tersebut. Biasanya tulisan yang berangkat dari pengalaman pribadi akan lebih mudah mengalir saat merangkai kata-katanya!

Kemudian, kamu juga bisa menjadikan pengalaman seseorang menjadi ide dalam menulis. Misalnya, kamu hanya meminjam keadaan yang dialami orang tersebut, tapi bagaimana menghadapinya bisa diubah lewat sudut pandangmu.

2. Hobi atau aktivitas yang kamu sukai

ilustrasi orang mendaki gunung (pexels.com/Nina Uhlikova)

Setiap orang pasti memiliki hobi yang berbeda-beda. Misalnya kamu hobi membaca buku, tentu kamu bisa membuat tulisan tentang ulasan atau rekomendasi buku yang sudah kamu baca. Kemudian, misalnya hobi memasak, maka kamu bisa membuat tulisan resep-resep rahasia!

Atau jika memiliki kecenderungan aktivitas yang sering dilakukan, misalnya olahraga. Maka, kamu bisa memberi tips seputar olahraga. Jadi, manfaatkan kedua hal ini sebagai jalan menemukan topik tulisan.

Baca Juga: 5 Hal Sederhana yang Bisa Dijadikan Ide Menulis Luar Biasa

3. Tren terkini atau yang sedang viral

ilustrasi orang memegang ponsel (unsplash.com/Francisco Venâncio)

Tren atau yang sedang viral pasti akan silih berganti. Ini menjadi kesempatanmu untuk menjadikannya sebuah tulisan. Misalnya, nyatakan perspektif kamu mengenai kejadian viral dan bagaimana menyikapinya.

Contoh lain apabila yang tren adalah tempat atau barang, maka kamu bisa masukan ke dalam topik rekomendasi atau tips khusus. Dengan menulis yang sedang tren, memungkinkan artikelmu lebih mudah dilirik editor.

4. Bantuan dari AI

ilustrasi orang memegang ponsel (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apabila kamu mengalami writer's block, minta bantuan AI untuk menemukan topik tulisan. Kamu bisa menggunakan ChatGPT, Gemini, atau lainnya yang tidak berbayar! Mintalah secara spesifik tentang topik yang kamu inginkan, misalnya berhubungan dengan makeup.

Namun, ingatlah bahwa AI hanya menjadi jembatan kamu untuk meraih topik, bukan menjadikannya sebagai asisten menulis. Dengan kata lain, AI berperan untuk mendorong ide kamu yang mungkin tersendat. Jadi, kamu tetap melakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) pada ide yang diberikan AI.

Verified Writer

Fatimah Tuzzahrah

hope my articles are beneficial for you (;

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya