TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Kalau Jago Bahasa Arab!

Manfaatnya sangat luar biasa lho

ilustrasi membaca buku (pexels.com/RODNAE Productions)

Berbeda dengan bahasa lainnya, bahasa Arab mempunyai manfaat dan keistimewaan tersendiri. Karena, bahasa Arab merupakan bahasa internasional sekaligus menjadi bahasa kitab suci umat Islam, yaitu Al-Quran. Di dalamnya mengandung beribu-ribu hikmah dan pelajaran yang dapat di jadikan pedoman hidup umat manusia.

Dalam kehidupan sehari-hari, kegunaan bahasa Arab tidak hanya untuk berinteraksi dengan sesama manusia saja, melainkan juga sebagai lantaran untuk berkomunikasi kepada Allah SWT seperti halnya dalam salat, berdoa, zikir dan sebagainya. Berikut lima manfaat yang akan kamu dapatkan kalo kamu jago bahasa Arab. Apa saja, yuk simak dengan baik!

Dilansir dari https://www.leadwithlanguages.org/lwl-language/arabic/

https://www.superprof.co.uk/blog/the-importance-of-quranic-arabic-in-islam/

https://www.topuniversities.com/student-info/studying-abroad-articles/4-benefits-studying-arabic-taught-masters

1. Dapat memahami isi kandungan Al-Qur'an

ilustrasi membaca Al-Qur'an (pexels.com/RODNAE Productions)

Al-Quran diturunkan oleh Allah SWT dengan berbahasa Arab. Artinya, mempelajari bahasa Arab merupakan suatu hal yang tidak bisa kita hindari. Kita tidak akan pernah tahu apa isi dari Al-Quran, ketika kita sendiri tidak tahu bahasa yang ada di dalamnya.

Orang yang tidak menguasai bahasa Arab, maka ia akan sulit untuk memahami isi dan makna yang terkandung di dalam Al-Quran itu sendiri, yang mana Al-Quran menjadi petunjuk bagi umat manusia. Bagaimana kita akan mendapatkan petunjuk darinya, sedangkan kita tidak paham bahasa yang ada di dalam Al-Quran, yaitu bahasa Arab.

2. Dapat meningkatkan kemampuan dalam berpikir

ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pemahaman bahasa Arab dapat meningkatkan kemampuan berpikir seseorang, karena bahasa Arab merupakan bahasa yang spesial. Di dalamnya banyak terdapat susunan-susunan bahasa yang indah dan keserasian antar kalimat. Hal ini akan membuat seseorang dapat menggali makna-makna yang terkandung di dalamnya.

Ada sebuah penelitian bahwa orang yang belajar bahasa Arab itu dapat melatih kinerja otak kanan seseorang. Karena, tulisan bahasa Arab umumnya ditulis dari sebelah kanan, ketika kita membacanya pasti di mulai dari arah kanan kalimatnya. Berbeda dengan tulisan bahasa Indonesia, Inggris dan sebagainya yang di tulis dari arah sebelah kiri. Hal ini menunjukkan bahwa orang yang sering bergelut dengan bahasa Arab mampu melatih sistem kerja otak kanan dengan baik.

3. Dapat memahami dan menguasai ilmu-ilmu lainnya

ilustrasi membaca (pexels.com/cottonbro studio)

Perintah yang pertama kali turun di dalam Al-Quran ialah perintah untuk membaca. Perintah ini terdapat dalam surah Al-Alaq ayat 1-5. Membaca merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan, dengan membaca dapat mengantarkan seseorang untuk membuka pintu kepahaman dalam mengusai berbagai ilmu yang lainnya.

Berkaitan dengan itu, banyaknya literatur-literatur yang berbahasa Arab menjadikan makna membaca ini sangat luas. Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam Al-Quran menyimpan banyak sekali ilmu pengetahuan, kemudian dari sinilah terciptanya ilmu-ilmu baru. Seperti ilmu sains, kedokteran, astronomi dan masih banyak yang lainnya.

4. Membina akhlak dan budi pekerti seseorang

ilustrasi menyapa (pexels.com/Gustavo Fring)

Belajar bahasa Arab juga dapat membangun nilai-nilai budi pekerti manusia. Hal ini di buktikan oleh banyaknya kitab-kitab karangan para ulama terdahulu yang berbahasa Arab dan banyak membahas ajaran mengenai adab dan akhlak, seperti dalam ilmu tasawuf, filsafat, psikologi Islam dan lain sebagainya.

Dengan mengusai bahasa Arab, kita dapat membaca dan memahami isi dari kitab-kitab tersebut. Sebaliknya, jika kita tidak mempunyai kemampuan bahasa Arab yang baik, kita tidak akan pernah tahu apa isi dari kitab tersebut atau bisa saja salah dalam memahaminya. Sehingga kurangnya pembinaan akhlak dalam diri manusia.

Verified Writer

Faqih Firdaus

Ikatlah ilmu dengan tulisan, menulis untuk keabadian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya