TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Jalani Masa Transisi Setelah Lulus Kuliah dengan Happy

Masih bingung karier mau dibawa ke mana?

ilustrasi orang berjalan sambil tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Masa transisi setelah lulus kuliah bisa jadi kelegaan, sekaligus kebimbangan atas masa depan, apalagi jika kamu masih bingung akan berkarier di industri mana. Periode ini kerap diwarnai perasaan campur aduk, gembira atas pencapaian kelulusan, hingga cemas menghadapi tantangan kerja masa depan.

Tetaplah tenang dan gembira melewati masa ini. Ada banyak cara menjalaninya dengan produktif tanpa dilanda kekhawatiran berlebih. Berikut tujuh tips menjalani masa transisi setelah lulus kuliah dengan hati bahagia.

1. Bangun kesadaran bahwa meniti karier terkadang memang perlu uji coba

ilustrasi orang merenung (pexels.com/cottonbro)

Namanya uji coba, bisa langsung berhasil dan juga gagal sementara. Dunia kerja yang dinamis, sering kali butuh keberanian uji coba menemukan jalur karier yang paling sesuai keinginan. Sadarlah akan hal ini supaya tetap ada motivasi selama proses transisi momen kelulusan sampai dapat pekerjaan impian.

Jangan takut mencoba berbagai peran dan pekerjaan, jika kamu masih bimbang setelah lulus kuliah. Setiap pengalaman adalah bagian dari proses belajar yang akan membantumu menemukan karier idaman. Teruslah belajar dan jangan takut mencoba.

2. Fokus mengembangkan keterampilan, kalau masih bingung mau berkarier apa

ilustrasi seseorang sedang mengasah keterampilan yang dimiliki (pexels.com/cottonbro)

Hal yang wajar dan juga dirasakan banyak lulusan, masih bingung tentang karier impiannya setelah lulus kuliah. Alih-alih terburu-buru memilih satu jalur tertentu karena tuntutan sosial atau omongan orang, mending fokus dulu saja pada pengembangan keterampilan yang nantinya mendukung karier masa depan.

Punya keterampilan yang mumpuni, bikin kamu mampu bersaing sehat. Kamu juga lebih leluasa memilih bidang kariernya, karena kamu benar-benar menguasainya. Keterampilan yang kamu kembangkan sejak sekarang menjadi aset berharga untuk masa depan.

3. Jalin relasi dengan profesional di bidang yang kamu minati

ilustrasi orang berjabat tangan (pexels.com/fauxels)

Membangun jaringan profesional adalah langkah tepat dalam upaya meniti karier. Jalin hubungan baik dengan orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang yang jadi minatmu. Ini gak hanya memberi wawasan, tapi juga membuka banyak peluang jalan meraih karier idaman.

Hadiri acara seminar maupun pelatihan, di sana tempatnya kamu bertemu dengan profesional di bidang yang kamu sukai. Manfaatkan kesempatannya untuk berkenalan dan membangun relasi baru. Setelah saling bertukar kontak, pastikan hubungan terus berjalan.

Jangan ragu mengirim pesan secara berkala untuk bertanya perkembangan terbaru atau sekadar menyapa hangat. Semakin banyak tahu informasi suatu bidang karier, hatimu gak lagi khawatir, karena semakin yakin banyak jalan terbuka untuk meniti kariermu sendiri.

Baca Juga: 3 Tips Agar Gak Menganggur setelah Lulus Kuliah

4. Relaks, apresiasi pencapaian kecil yang telah diraih

ilustrasi mengapresiasi diri sendiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam masa transisi ini, cobalah rilekskan diri, jangan terlalu fokus ke tujuan besarnya, hargai juga pencapaian kecil yang sudah kamu raih. Ini akan memberikan ketenangan dan menjaga semangat tetap tinggi.

Terus memikirkan tentang ketidakpastian karier, hanya menambah stres dan kelelahan. Beri kesempatan diri rehat sejenak dan apresiasi keberhasilanmu yang telah berjuang sampai lulus. Berbanggalah atas usahamu selama ini.

5. Pelajari bidang industri yang kamu minati

ilustrasi orang membaca dan menyaring informasi (pexels.com/Thirdman)

Untuk memantapkan hati memilih jalan karier setelah lulus kuliah, pelajari bidang industri yang kamu minati lebih jeli lagi. Pemahaman ini gak hanya membantumu menentukan jalur karier yang akan dijalani, namun juga membuatmu lebih yakin dan siap saat sudah memilihnya, siap menghadapi tantangan beserta risikonya.

Pikiran gak lagi ke mana-mana, semua semakin terarah, hatimu kian tenang. Terkadang, terlalu cemas dan gelisah, itu karena ketidaktahuan yang mendalam. Maka, silakan baca-baca informasi terkini terkait bidang industri yang jadi incaranmu.

6. Kalau masih bingung dan belum punya rencana karier, coba terima tawaran proyek yang datang

ilustrasi mengerjakan sebuah proyek (pexels.com/Buro Millennial)

Entah besar atau kecil, pengerjaan sebuah proyek tetap ada skill-nya. Daripada bingung dan hanya melamun, kalau ada tawaran proyek yang datang, meski kecil sebaiknya terima dulu, apalagi kamu juga belum punya rencana karier.

Ini juga membantumu supaya semakin tahu minat dan bakat yang mungkin belum disadari. Setiap proyek yang sudah berhasil dilakukan, juga bisa menghiasi kolom pengalaman kerja di CV-mu.

Siapa tahu kamu memang menyukainya, kalau ada tawaran lagi, kan lumayan. Jangan ragu memulai sesuatu dari hal kecil, karena setiap langkahnya bisa membawamu ke tujuan besar dengan hati gembira.

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya