TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Idiom Bahasa Inggris Menggunakan Kata Pants, Artinya Bukan Celana!

Belajar jadi lebih seru dan berwarna karena ini

Ilustrasi seseorang menggunakan celana (pexels.com/SHVETS production)

Kita sepakat bahwa idiom dalam bahasa Inggris bukanlah frasa yang mudah untuk dipahami maknanya secara harfiah. Alhasil, kamu harus terus belajar untuk memahami berbagai idiom penting agar bisa membantu kamu dalam mengerti percakapan sehari-hari.

Salah satu kata yang sering muncul dalam idiom kehidupan sehari-hari adalah kata benda pants. Meskipun pants dalam bahasa Inggris berarti celana, idiom-idiom yang mengandung kata ini justru memiliki arti yang berbeda sama sekali.

Tanpa basa-basi lagi, berikut ini beberapa idiom bahasa Inggris yang menggunakan kata "pants" beserta contoh uniknya yang bisa kamu pelajari.

1. Liar, liar, pants on fire

Ilustrasi ketika seseorang berbohong (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

"Liar, liar, pants on fire" sering digunakan untuk menuduh seseorang berbohong tanpa terlalu konfrontatif. Frasa ini jelas digunakan ketika seseorang berbohong dengan sangat kentara.

Namun, perlu diingat bahwa idiom ini bersifat informal dan lebih sering ditemukan dalam percakapan sehari-hari atau media populer. Contoh kalimatnya seperti ini:

  • Angel knew that his friend was lying, so she started saying, liar, liar, fire on pants. (Angel tahu bahwa temannya berbohong, jadi dia mulai berkata, kamu berbohong).
  • Everyone knew he was fibbing, so they teased him with, liar, liar, pants on fire. (Semua orang tahu bahwa dia berbohong, jadi mereka mulai menggodanya dengan berkata, dasar pembohong).

2. Get your pants in a twist

Ilustrasi wanita cemas (pexels.com/Liza Summer)

Selanjutnya, ada idiom yang berarti cemas, khawatir, atau sangat kesal tentang hal kecil dan sepele."Get your pants in a twist" menggambarkan seseorang yang bereaksi berlebihan terhadap situasi yang sebenarnya tidak begitu serius dalam percakapan informal. Berikut adalah contoh kalimat penggunaannya untuk lebih jelasnya:

  • Don't get your pants in a twist, it won't take long. (Jangan khawatir, ini tidak akan memakan waktu yang lama).
  • Don’t get your pants in a twist over a minor mistake. It’s not worth stressing about. (Jangan biarkan kesalahan kecil membuatmu merasa kesal. Tidak ada gunanya stres).

Baca Juga: 12 Idiom Bahasa Inggris Menggunakan Kata 'Head'

3. In your pants

Ilustrasi wanita yang sedang gugup (pexels.com/Alex Green)

"In your pants" adalah ungkapan informal yang berarti merasa gugup dan tidak nyaman karena berada dalam situasi yang memalukan. Frasa ini umumnya menggambarkan momen-momen canggung atau ketika seseorang merasa sangat terganggu oleh situasi tertentu. Contoh kalimatnya:

  • When you forget the material during the presentation, you look like you have ants in your pants. (Ketika kamu lupa materi saat presentasi tadi, kamu terlihat gugup dan merasa tidak nyaman).
  • Unexpected mispronunciations in movie scenes that, make you feel like you're in your pants. (Kesalahan pengucapan yang tak terduga dalam adegan film itu membuatmu merasa sangat gugup).

4. Pull your pants up

Ilustrasi seorang bos sedang berdiskusi dengan staf (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Idiom kali ini sering digunakan untuk menyuruh seseorang agar lebih serius atau bertanggung jawab dalam menghadapi situasi tertentu. Idiom "pull your pants up" berarti bersiap-siap untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik.

Dengan demikian, saat seseorang mengatakan frasa ini kepadamu, mereka sebenarnya ingin kamu meningkatkan usaha, disiplin, atau kinerjamu. Contoh kalimatnya:

  • You need to pull your pants up and start taking your responsibilities seriously. (Kamu perlu berusaha lebih keras dan mulai mengambil tanggung jawabmu dengan lebih serius).
  • After missing several deadlines, it’s time for you to pull your pants up and get back on track. (Setelah melewati beberapa tenggat waktu, saatnya bagi kamu untuk berusaha lebih keras dan kembali ke jalur yang benar).

Verified Writer

Elvina Ekaningtyas Damayanti

@elvina.ekd

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya