TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Idiom Bahasa Inggris dari Nama Mata Pelajaran Sekolah, Apa Saja?

Cek maknanya dan pelajari bareng, yuk

Ilustrasi siswa dalam kelas (pexels.com/Thể Phạm)

Dalam bahasa Inggris, idiom dan ungkapan seringkali menjadi bumbu khas yang memperkaya percakapan sehari-hari. Tak hanya menambah kosakata, idiom juga memberikan nuansa kreatif dan menarik dalam berkomunikasi.

Tahukah kamu bahwa beberapa idiom ternyata terinspirasi langsung dari nama-nama mata pelajaran di sekolah? Jika belum, di bawah ini kamu akan menemukannya.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini beberapa idiom yang berhubungan dengan mata pelajaran. Yuk, pelajari bersama agar kemampuan berbahasa Inggrismu semakin hot lagi!

1. History repeats itself

Ilustrasi percakapan dua orang wanita (pexels.com/Christina Morillo)

Pada urutan pertama terdapat idiom history repeats itself yang berarti peristiwa masa lalu terjadi lagi di masa depan. Idiom ini sering digunakan untuk menggambarkan ketika suatu peristiwa, perilaku, tren masyarakat, atau aspek lain dari sejarah terulang kembali di waktu dan tempat yang berbeda. Contoh kalimatnya bisa sebagai berikut:

  • They say that history repeats itself and looking at the current economic crisis, it seems like we are repeating the same mistakes from the past. (Mereka mengatakan bahwa sejarah berulang dan ketika melihat krisis ekonomi saat ini, sepertinya kita mengulangi kesalahan yang sama dari masa lalu).
  • Watching the new conflict unfold, it feels like history repeats itself. (Menyaksikan konflik baru yang terjadi, rasanya seperti sejarah terulang kembali).

2. Face the music

Ilustrasi seseorang yang berani menghadapi permasalahan (pexels.com/Keenan Constance)

Idiom face the music berarti menghadapi konsekuensi dari tindakan atau keputusan yang telah diambil, terutama jika hasilnya negatif atau tidak menyenangkan. Frasa ini sering digunakan ketika seseorang harus menghadapi realitas yang tidak bisa dihindari setelah membuat kesalahan atau melakukan kekeliruan. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • After ignoring his responsibilities for weeks, he finally had to face the music and explain himself to his boss. (Setelah mengabaikan tanggung jawabnya selama berminggu-minggu, dia akhirnya harus menghadapi konsekuensinya dan menjelaskan kepada atasannya).
  • He made a mistake and now he has to face the music. (Dia membuat kesalahan dan sekarang dia harus menghadapinya).

3. Do the math

Ilustrasi seseorang melakukan perhitungan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Do the math berarti melakukan perhitungan atau analisis untuk memahami suatu situasi atau membuat keputusan yang logis. Ungkapan ini sering digunakan untuk menunjukkan bahwa seseorang perlu menghitung atau mempertimbangkan informasi yang ada untuk mencapai kesimpulan yang rasional. Contoh kalimatnya adalah seperti berikut:

  • If you want to understand how much you'll save by switching to a different plan, just do the math. (Jika kamu ingin mengetahui berapa banyak yang akan dihemat dengan beralih ke paket yang berbeda, lakukan perhitungan saja).
  • Before buying the car, you need to do the math to see if you can afford it. (Sebelum membeli mobil, kamu perlu melakukan perhitungan untuk melihat apakah kamu mampu membelinya).

Baca Juga: 9 Idiom Bahasa Inggris Menggunakan Kata "Draw", Sudah Tahu?

4. It's not rocket science

Ilustrasi seorang dengan mudah melakukan sesuatu (pexels.com/Kampus Production)

Arti dari frasa ini adalah bahwa sesuatu tidak terlalu sulit untuk dipahami. Idiom ini sering digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu hal cukup sederhana dan tidak memerlukan keahlian tinggi untuk dipahami atau dilakukan. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah sebagai berikut:

  • Understanding this math problem is not rocket science. (Memahami soal matematika ini bukanlah suatu hal yang sulit).
  • Setting up the new printer is easy, it's not rocket science. (Menyiapkan printer baru itu mudah, ini bukan hal yang sulit).

5. Down to a science

Ilustrasi jadwal rutinitas yang tersusun rapi (pexels.com/Anete Lusina)

Ungkapan ini berarti sesuatu yang sangat terorganisasi atau terperinci. Down to a science juga sering digunakan untuk menggambarkan keterampilan atau proses yang seseorang kuasai dengan sangat baik, secara efisien, dan efektif. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah sebagai berikut:

  • She has her morning routine down to a science, so she never runs late. (Dia memiliki rutinitas paginya yang sangat terorganisir sehingga dia tidak pernah terlambat).
  • Their customer service is down to a science. (Pelayanan pelanggan mereka sangat efisien).

Verified Writer

Elvina Ekaningtyas Damayanti

@elvina.ekd

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya