TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

15 Rekomendasi Kos Murah Area Kampus Ternama Indonesia, Strategis!

Calon mahasiswa baru harus tahu

Rekomendasi kos area kampus. (dok.Rukita Indonesia)

Intinya Sih...

  • Rekomendasi kos di area kampus UI, ITB, UNPAD, UGM, dan UNDIP dengan harga terjangkau.
  • Kos-kosan dekat kampus UI mulai dari Rp1-3 jutaan, dilengkapi fasilitas lengkap seperti AC, WiFi, dan kamar mandi dalam.
  • Hunian sewa di area UGM lebih murah dibandingkan kota lain, dengan fasilitas lengkap seperti gym, laundry, dan kolam renang.

Salah satu persiapan kuliah yang tak boleh dilewatkan adalah tempat tinggal. Bagi calon mahasiswa yang hendak merantau, sewa kamar kos menjadi solusi terbaik. Selain lokasinya dekat dengan kampus, kos-kosan menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap.

Inilah rekomendasi beberapa kos di area kampus UI, ITB, UNPAD, UGM, dan UNDIP dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu bisa dapatkan berbagai penawaran menarik dengan beraneka fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan.

1. Kos area UI

Jerman Residence Depok, Kost Putri Dekat UI. (dok.Rukita Indonesia)

Kampus Universitas Indonesia (UI) berlokasi di Depok, Jawa Barat. Kisaran harga kos untuk mahasiswa di UI mulai dari Rp1-3 jutaan. Berikut adalah beberapa rekomendasinya: 

  • Jerman Residence Depok, Kost Putri Dekat UI

Kos Jerman Residence Depok yang dikhususkan untuk mahasiswa putri, berlokasi di belakang Pesona Mall Depok. Range harga sewa mulai dari Rp1 jutaan per bulan. Terdapat sejumlah fasilitas seperti full furnished, kamar mandi dalam, dan ruangan berjendela. 

  • Rukita Lotus Depok, Kost Dekat Fakultas Teknik UI

Rukita Lotus Depok jaraknya cukup dekat dengan kampus UI Depok dan Stasiun UI. Kos yang dekat dengan Fakultas Teknik ini, dilengkapi dengan AC, furnitur, WiFi, kamar mandi dalam, laundry, dan room cleaning. Harga sewa yang ditawarkan mulai dari Rp1,6 jutaan. 

  • Rukita Lavender Depok

Kos Rukita Lavender Depok ditawarkan mulai dari Rp2,3 jutaan. Berlokasi di daerah kampus UI, kosan ini punya fasilitas yang lengkap. Ada ruangan dengan desain modern, furnitur yang dilengkapi AC, TV, WiFi, serta kamar mandi dalam. Rukita Lavender Depok jaraknya hanya 10 menit ke kampus UI dengan berjalan kaki. Sudah dilengkapi dengan room cleaning, laundry, area communal, rooftop, dapur bersama, dan area parkir.

2. Kos area ITB

Pasirkaliki House Cikutra Bandung. (dok.Rukita Indonesia)

ITB (Institut Teknologi Bandung) jadi salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia. Lokasi kampusnya tersebar di beberapa daerah, yakni Kampus Ganesha, Kampus Jatinangor, Kampus Cirebon, dan Kampus Jakarta. Untuk mahasiswa di area kampus Bandung, berikut sejumlah rekomendasinya:

  • Pasirkaliki House Cikutra Bandung

Kos dengan harga sewa di bawah sejuta ini, menawarkan fasilitas seperti furnitur lengkap, listrik, dan kamar mandi dalam. Per bulannya dibanderol dengan harga Rp800 ribuan. Dengan sejumlah fasilitas umum seperti area parkir dan jemur, kos ini cukup strategis karena hanya berjarak 10 menit ke kampus ITB dan 5 menit ke UNPAD Dipatiukur.

  • Rukita Pelanduk Bandung

Kos eksklusif di area ITB ini, punya fasilitas yang lengkap mulai dari kamar full furnished lengkap dengan AC, WiFi, water heater, shower, hingga wastafel. Harga sewa yang ditawarkan mulai dari Rp1,7 jutaan dengan fasilitas umum seperti rooftop, dapur, area parkir, laundry, dan room cleaning.

  • Dago Home Bandung

Opsi lain untuk kos eksklusif di Bandung adalah Dago Home Bandung yang berlokasi di sekitar Kampus Ganesha. Setiap kamarnya sudah dilengkapi dengan furnitur, water heater, wastafel, dan shower. Dengan harga sewa Rp2 jutaan, kos ini juga memiliki fasilitas umum seperti dapur, kulkas, rooftop, area parkir, hingga layanan housekeeping

3. Kos area UNPAD Jatinangor

Apartemen Easton Park by Mustika Jatinangor Bandung. (dok.Rukita Indonesia)

Universitas Padjadjaran atau UNPAD berada di dua lokasi kampus, yakni UNPAD Dipatiukur dan UNPAD Jatinangor. Bagi mahasiswa yang membutuhkan hunian sewa di area UNPAD Jatinangor, harga sewa kos pada umumnya sekitar Rp600 ribuan.

Namun, terdapat opsi lain seperti apartemen dengan harga sewa mulai dari Rp2 jutaan. Berikut adalah rekomendasi kos dan apartemen di area UNPAD Jatinangor:

  • Apartemen Easton Park by Mustika Jatinangor Bandung

Apartemen berukuran studio dengan fasilitas lengkap ini bisa disewa per bulan dengan harga mulai dari Rp2,5 jutaan. Jaraknya hanya 4 menit ke Kampus UNPAD Jatinangor dan 6 menit ke Kampus ITB Jatinangor. Harga sudah termasuk furnitur, AC, TV, WiFi, kamar mandi dalam, water heater, serta dapur pribadi. Sementara untuk fasilitas umum yang disediakan adalah kolam renang hingga gym. 

  • Pondok Sangkuriang 2 Jatinangor Bandung

Jika ingin sewa hunian yang lebih terjangkau, Pondok Sangkuriang 2 Jatinangor Bandung mungkin bisa jadi pilihan untukmu. Indekos putra dengan harga sewa per bulan mulai dari Rp600 ribuan ini, juga telah dilengkapi furnitur dan kamar mandi dalam. Harga sewa sudah termasuk listrik dan disediakan area parkir motor. Jaraknya 590 meter ke UNPAD atau 7 menit berkendara. 

  • Pondok Helvida Jatinangor Bandung

Pondok Helvida Jatinangor Bandung juga menawarkan sewa kamar dengan harga di bawah satu juta, tepatnya Rp950 ribuan per bulan. Dilengkapi dengan fasilitas full furnished, Wifi, kamar mandi dalam, dan dapur bersama. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mesin Cuci Mini untuk Anak Kos, Mulai Rp619 Ribuan

4. Kos sekitar UGM

Omah Cinta Sleman Yogyakarta. (dok.Rukita Indonesia)

UGM atau Universitas Gadjah Mada jadi salah satu kampus favorit yang berlokasi di Bulaksumur, Kecamatan Caturtunggal, Yogyakarta. Biaya hidup yang lebih terjangkau, membuat hunian di area sekitar UGM juga lebih murah dibandingkan kota lain. Inilah beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba: 

  • Omah Cinta Sleman Yogyakarta

Kos khusus putri di sekitar UGM ini, dibanderol dengan tarif mulai dari Rp1,2 jutaan per bulan. Kamar full furnished dengan AC dan Wifi. Untuk fasilitas bersama, mahasiswa bisa menggunakan kamar mandi luar, area komunal, dapur dan parkiran. Jaraknya hanya 1,5 km dari UGM atau sekitar 10 menit berkendara ke UNY. 

  • Rukita Kalani Condongcatur Yogyakarta

Kos Rukita Kalani yang berlokasi di Condongcatur, Yogyakarta ini, punya fasilitas gym, laundry, hingga room cleaning. Harga sewa mulai dari Rp2,1 jutaan, kos eksklusif ini juga punya fasilitas TV, AC, Wifi, dan kamar mandi yang dilengkapi shower dan water heater.

  • D’Real House Exclusive Yogyakarta

Kos putri yang dilengkapi dengan kolam renang ini, selain dekat dengan Kampus UGM (hanya 6 menit), juga memiliki fasilitas yang lengkap. Ada ruangan berfurnitur, TV, AC, kamar mandi dalam, serta area jemur pakaian yang nyaman untuk penghuni. Harga sewanya mulai dari Rp2,4 jutaan per bulan, sudah termasuk listrik.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya