TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

15 Ide Lomba 17 Agustus Heboh dan Unik, Cocok untuk Acara Sekolah

Bisa jadi referensi nih di acara sekolah kamu

Lomba dalam rangka memperingati 17 Agustus (twitter.com/BukuBerkaki)

Hari Kemerdekaan Indonesia terhitung hanya tinggal beberapa hari saja. Tiap tahunnya 17 Agustus selalu dimeriahkan dengan berbagai macam perlombaan. Masing-masing sekolah juga turut untuk memeriahkan 17 Agustus dengan mengadakan lomba-lomba di sekolah.

Sebagai panitia 17 Agustus tentu mulai saat ini akan mempersiapkan berbagai macam perlombaan untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia. Berikut ini rangkuman berbagai macam ide perlombaan yang perlu kamu siapin dalam menyambut 17 Agustus.

1. Lomba memasukkan paku ke dalam botol secara berkelompok

Lomba memasukkan paku ke botol (x.com/osissman7bekasi)

Untuk ide lomba ini bisa kamu lakukan baik secara individu atau kelompok. Jika berkelompok dilakukan dengan membuat lingkaran, lalu masing-masing diikat dengan tali yang terhubung dengan paku. Lomba ini tentu memerlukan kekompakan tim untuk memasukkan paku ke dalam botol secara bersama-sama.

2. Lomba estafet bola pingpong dengan sendok

Lomba estafet bola pingpong (twitter.com/OfficialRCTI)

Ide lomba ini harus dilakukan secara tim, dimana masing-masing tim akan membentuk dua barisan. Dua barisan saling berhadapan lalu bola pingpong harus dipindahkan secara bergantian dengan menggunakan sendok. Tim yang berhasil memindahkan bola pingpong sampai pemain terakhir adalah pemenangnya.

3. Lomba tiup bola pingpong di dalam gelas berisi air

Lomba tiup bola pingpong di air dalam gelas (youtube.com/@nurgiantosekincau5688)

Ide lomba selanjutnya ini cukup simpel dan bisa dilakukan secara individu maupun kelompok. Jika ingin dilakukan secara berkelompok, maka bisa dilakukan dengan meniupnya secara estafet atau bergiliran.

4. Lomba memindahkan bola dengan tali

lomba memindahkan bola dengan tali (youtube.com/@didno76)

Untuk ide lomba yang satu ini dapat kamu lakukan secara tim dimana masing-masing tim harus membentuk lingkaran. Masing-masing orang harus memegang dua buah tali yang dihubungkan dengan orang yang didepannya. Bola harus dibawa dari garis awal hingga garis akhir. Pemenang ditentukan berdasarkan tim yang duluan mencapai garis final.

5. Lomba estafet hula hoop

Lomba estafet hula hoop (youtube.com/@odinkjrekolodangjanuarisca3002)

Ide lomba selanjutnya adalah estafet hula hoop yang juga cukup seru untuk menguji kerjasama tim. Kamu dan teman-temanmu harus berpegangan tangan, lalu kamu harus memindahkan hula hoop tanpa boleh melepas tangan hingga mencapai orang terakhir.

Baca Juga: 5 Lomba Agustusan untuk Anak-anak yang Edukatif dan Menyenangkan

6. Lomba estafet karet dengan sedotan

Lomba estafet karet (youtube.com/@zuhrimuhammad77)

Ide lomba yang selanjutnya ini juga tidak kalah seru, kamu hanya perlu memindahkan karet dengan menggunakan pipet secara bergantian sampai akhir. Penentuan pemenang dapat ditentukan dengan menghitung banyak karet yang sudah dikumpulkan oleh masing-masing tim.

7. Lomba tiup gelas plastik

Lomba tiup gelas plastik (youtube.com/@CUSangTimur)

Kalau ingin mencari jenis lomba yang simpel tapi tetap seru, lomba tiup gelas plastik ini bisa menjadi alternatif lomba yang bisa kamu tiru nih saat mempersiapkan acara untuk 17 Agustus.  Dalam lomba tiup gelas plastik, pemain hanya perlu meniup gelas plastik sampai mencapai ujung tali. Pemain yang tercepat sampai di ujung tali adalah pemenangnya.

8. Lomba jalan dengan kaki diikat

Lomba jalan dengan kaki diikat (youtube.com/@melyxchang7663)

Tidak lengkap rasanya jika dalam suasana 17 Agustus tidak mengadakan lomba yang cukup menantang. Lomba berjalan dengan kaki diikat ini bisa jadi ide untuk acara menyambut kemerdekaan nanti namun ingat ya tetap harus hati-hati. Cara bermainnya cukup mudah, jadi masing-masing tim akan diikat kakinya satu sama lain lalu berjalan berbarengan sampai mencapai garis finish.

9. Lomba menangkap balon air

Lomba menangkap balon air (youtube.com/@sman1bodeh)

Sebagai panitia lomba, kamu tentu harus kreatif dalam menentukan jenis lomba yang akan diadakan nanti. Menangkap balon air bisa menjadi ide dalam menyusun acara nanti, balon air hanya perlu ditangkap oleh empat orang pemain dengan menggunakan sarung tanpa pecah. Pemain yang berhasil mengumpulkan paling banyak balon air adalah pemenangnya.

10. Lomba memecahkan balon dengan mata tertutup

Lomba memecahkan balon air (twitter.com/OSISsmpn19BKS)

Perlombaan yang bisa kamu adakan bukan hanya untuk menguji kekompakan saja, namun juga akan menguji pendengaran kamu. Satu orang yang bertugas memecahkan balon akan ditutup matanya dengan kain atau masker. Tim lainnya bertugas untuk memberikan instruksi arah dimana posisi balon berada.

Baca Juga: 11 Meme Pelesetan Lomba 17 Agustus Ini Bikin Ngakak Gede

11. Lomba memindahkan kacang dengan sumpit

Lomba memindahkan kacang dengan sumpit (twitter.com/Transmart_IND)

Lomba ketelitian ini juga bisa menjadi alternatif untuk ide lomba nanti. Pemain hanya perlu memindahkan kacang dari satu wadah ke wadah lainnya. Poin dihitung berdasarkan jumlah kacang yang bisa dikumpulkan oleh masing-masing pemain.

12. Lomba memindahkan air dengan baskom

Lomba memindahkan air (youtube.com/@BenihVisual84)

Lomba selanjutnya yang bisa menjadi referensi saat 17 Agustus nanti adalah lomba memindahkan air dengan baskom. Permainan ini dibuat lebih menantang lagi dengan cara masing-masing tim akan berbaris lalu air di dalam baskom harus dipindahkan melalui kepala masing-masing. 

13. Lomba memindahkan tepung

Lomba memindahkan tepung (youtube.com/@min6bandarlampung709)

Hampir mirip dengan lomba yang sebelumnya, hanya saja gelas dan air diganti menjadi piring plastik dan tepung. Jadi, dalam perlombaan ini masing-masing pemain harus memindahkan tepung dari satu orang ke teman lainnya. Tim yang memperoleh tepung paling banyak akan menjadi pemenang.

14. Lomba estafet kelereng dengan pipa

Lomba estafet kelereng dengan pipa (youtube.com/@AriHandokoWen)

Lomba ini merupakan ide lomba untuk menguji kekompakan tim, tiap orang dalam tim harus memegang satu buah pipa. pipa harus dihubungkan menjadi satu jalur yang akan membawa kelereng berpindah sampai mencapai garis finish.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya