TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Teknik Industri, Jurusan Kuliah Jessica CoC

Program studi yang banyak diminati oleh pelajar

ilustrasi seorang lulusan teknik industri (freepik.com/Lifestylememory)

Intinya Sih...

  • Teknik industri incaran calon mahasiswa
  • Materi belajar meliputi teknik sains, manajemen, dan ilmu sosial
  • Prospek karier lulusan antara lain project manager, quality control, marketing, dan data scientist

Teknik industri merupakan salah satu jurusan yang sering jadi incaran calon mahasiswa di Indonesia. Gak cuma memiliki prospek kerja yang luas, jurusan ini juga tergolong unik lantaran materi yang dipelajari bukan hanya berkaitan dengan teknik sains, melainkan juga manajemen dan ilmu sosial.

Jessica Margareth, salah satu peserta Clash of Champions by Ruangguru yang berasal dari Institut Teknologi Bandung (ITB), juga merupakan mahasiswi jurusan teknik industri, lho. Bahkan, dirinya berhasil menyelesaikan studi dalam waktu kurang dari empat tahun dan meraih IPK 3,97.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai jurusan teknik industri, berikut IDN Times telah rangkum dari berbagai sumber khusus untuk kamu. Yuk, baca sampai habis!

1. Pengertian jurusan teknik industri

ilustrasi teknik industri (pexels.com/Anamul Rezwan)

Dikutip e-book berjudul Pengantar Teknik Industri oleh Julianus Hutabarat (2017), teknik industri atau industrial engineering adalah ilmu teknik yang mencakup bidang desain, perbaikan, dan pemasangan dari sistem integral yang terdiri dari manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan, dan energi. Sementara itu, dikutip laman Universitas Pelita Harapan, teknik industri adalah jurusan kuliah yang menggabungkan bidang ilmu teknik dan ilmu manajemen.

Tidak seperti jurusan teknik lainnya, menurut Institut Teknologi Bandung, objek jurusan teknik industri tidak mudah dibayangkan. Hal ini dikarenakan jurusan tersebut memiliki pengetahuan dasar yang multidisiplin, artinya bidang ilmu yang dipelajari bukan hanya bertumpu pada ilmu matematika dan fisika, tetapi juga ilmu sosial dan manajemen.

Jurusan teknik industri merupakan program studi yang mempelajari berbagai hal terkait optimalisasi sistem rekayasa industri, baik itu merancang, mengatur, mengembangkan, hingga memperbaiki sistem yang melibatkan mesin, energi, material, manusia, dan informasi. Oleh karena itu, tujuan utama dari jurusan ini ialah untuk memastikan suatu sektor industri dapat berjalan secara produktif, efektif, dan efisien.

2. Bidang ilmu yang dipelajari dalam jurusan teknik industri

ilustrasi mahasiswa di perpustakaan (pexels.com/cottonbro studio)

Seperti yang sudah dijelaskan, program studi ini bukan hanya meliputi bidang ilmu teknik, melainkan juga manajemen dan ilmu sosial. Karenanya, selain mempelajari ilmu matematika, fisika, statistik, dan kalkulus, kamu juga akan belajar tentang ekonomi teknik, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya alam, teknik produksi, ergonomi, hingga perencanaan tata letak pabrik.  

Dikutip Institut Teknologi Bandung, dalam jurusan ini juga akan dipelajari mengenai pengetahuan, pendekatan, pola pikir, prinsip-prinsip, dan keterampilan yang masih berakar pada bidang ilmu teknik, yaitu proses perancangan (design). Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa jurusan teknik industri memiliki cakupan ilmu yang sangat luas.

Baca Juga: Ketahui Fakta tentang Teknik Kimia, Jurusan Kuliah Kevin CoC!

3. Prospek karier jurusan teknik industri

ilustrasi teknik industri (pexels.com/ThisIsEngineering)

Dikarenakan memiiki cakupan ilmu yang sangat luas, tentunya jurusan teknik industri akan membuka peluang karier yang lebih luas bagi para lulusannya. Dilansir berbagai sumber, berikut beberapa prospek karier jurusan teknik industri:

  • Project Manager

Salah satu prospek karier bagi lulusan teknik industri adalah project manager. Sesuai namanya, pekerjaan ini memiliki tugas dan tanggung jawab untuk merencanakan, mengatur, mengawasi, serta mengarahkan suatu proyek dari awal hingga selesai. Tujuan dari pekerjaan ini adalah untuk memastikan bahwa suatu proyek dapat berjalan sesuai rencana, baik itu segi waktunya maupun anggarannya.

  • Quality Control

Seorang lulusan teknik industri juga bisa bekerja sebagai quality control. Adapun tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan ini, yaitu menguji kelayakan produk agar semua produk dalam keadaan baik sebelum dipasarkan. Menariknya, hampir semua perusahaan membutuhkan prospek karier yang satu ini.  

  • Health and Safety Officer

Jangan salah, seorang lulusan teknik industri juga bisa bekerja sebagai health and safety officer. Prospek kerja yang satu ini sangat erat kaitannya dengan pengelolaan aturan dan keselamatan kerja bagi setiap karyawan.

Oleh karena itu, demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang mencakup keselamatan setiap karyawan, maka seorang health and safety officer dituntut untuk bertanggung jawab dalam melakukan inspeksi, investigasi kecelakaan kerja, hingga memberikan pelatihan keamanan kerja kepada setiap pekerja.

  • Marketing

Jurusan teknik industri juga mempelajari bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi. Gak heran, bila prospek karier marketing menjadi salah satu yang dapat digeluti oleh lulusan dari program studi yang satu ini. Adapun posisi di bidang marketing yang bisa ditempati oleh lulusan teknik industri, yakni technical sales, marker research, dan lainnya.

  • Product Analyst

Bila selama kuliah, kamu sangat menyukai mata kuliah yang berhubungan dengan analisis, maka product analyst bisa menjadi salah satu prospek karier yang cocok untukmu. Product analyst memiliki tanggung jawab untuk menganalisis produk, mengembangkan strategi dalam pembuatan produk, serta membandingkan produk dengan tren industri saat ini.

  • Data Scientist

Terakhir, seorang lulusan teknik industri bisa berkarier sebagai data scientist. Hal ini tidak lepas dari mata kuliah statistik dan pengolahan data yang dipelajari selama kuliah serta keterampilan analisis yang kuat. Dalam praktiknya, prospek kerja satu ini memiliki tanggung jawab dalam mengumpulkan, mengolah, dan menyampaikan data dengan baik.

Verified Writer

Delvi Ayuning

Menulis bukan sekadar menuangkan kata-kata lewat tulisan, tapi lebih dari itu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya