TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Beasiswa Dalam Negeri Ini Masih Buka Pendaftaran di September 2024

Buruan daftar sebelum pendaftarannya ditutup!

ilustrasi perayaan hari kelulusan (pexels.com/Pixabay)

Intinya Sih...

  • Program beasiswa riset BAZNAS 2024 untuk mahasiswa S1, S2, dan S3 dengan biaya penelitian hingga Rp10 juta
  • Beasiswa BCA untuk pelajar kelas XII/sudah lulus SMA/SMK dengan durasi 2,5 tahun dan manfaat sekolah gratis serta uang saku bulanan
  • Beasiswa Pendidikan Prestasi Kita Batch 6 bagi pelajar aktif di seluruh Indonesia dengan bantuan biaya pendidikan hingga Rp1 juta per semester

Hingga kini, beasiswa masih menjadi pilihan favorit bagi banyak pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, penerima beasiswa bisa mendapatkan keringanan biaya pendidikan sekaligus kesempatan memperoleh pengalaman baru yang berharga.

Bahkan, beberapa beasiswa juga menawarkan keuntungan lain, seperti uang saku bulanan bagi para penerimanya. Tidak heran jika banyak pelajar berlomba-lomba untuk bisa meraih beasiswa yang diikutinya.

Di Indonesia bahkan sudah cukup banyak program beasiswa yang tersedia, baik dari pemerintah maupun pihak lainnya. Apabila kamu salah satu pejuang beasiswa, berikut IDN Times telah merangkum beberapa beasiswa dalam negeri yang masih buka pendaftaran di September 2024.

1. Beasiswa Riset BAZNAS 2024

Beasiswa Riset Baznas 2024 (instagram.com/beasiswabaznasri)

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI meluncurkan program beasiswa riset BAZNAS 2024 untuk kategori umum. Sesuai namanya, beasiswa ini menyediakan bantuan dana untuk riset tugas akhir bagi mahasiswa penerima, sehingga mereka dapat menyelesaikan kuliah tanpa khawatir dengan beban biaya tugas akhir.

Program beasiswa ini tidak hanya ditunjukkan kepada mahasiwa aktif S1, tetapi juga mahasiswa aktif S2 dan S3. Fasilitas yang diperoleh bagi penerima, antara lain; pendampingan, forum pemaparan hasil riset, serta biaya penelitian dengan nominal Rp4 juta untuk jenjang S1, Rp7 juta untuk jenjang S2, dan Rp10 juta untuk jenjang S3.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi, yakni memiliki IPK minimal 3.35 dan merupakan mahasiswa on going jenjang S1/S2/S3 yang akan mengerjakan tugas akhir untuk persyaratan lulus dan memperoleh gelar studi. Beasiswa ini dibuka sampai 13 September 2024 pukul 23.59 WIB. Untuk informasi lengkapnya, dapat kamu lihat di akun Instagram resmi @beasiswabaznasri.

2. Beasiswa BCA Program Pendidikan Bisnis & Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI)

Beasiswa BCA Tahun Ajaran 2025 (bca.co.id)

Bank BCA rutin membuka program beasiswa bagi putra dan putri bangsa yang memiliki minat untuk belajar lebih dalam terkait dunia perbankan. Tahun ini, BCA kembali membuka dua kategori beasiswa, yakni Program Pendidikan Bisnis & Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) untuk pelajar yang sedang duduk di kelas XII atau yang sudah lulus SMA/SMK dan saat ini belum berkuliah.

Program beasiswa tersebut berlangsung selama 2,5 tahun dan dilaksanakan di BCA Learning Institute, Sentul Bogor. Untuk jadwal belajar-mengajarnya sendiri, yaitu Senin sampai Jumat. Walaupun ini bukan kuliah, tetapi ada berbagai manfaat yang bisa kamu peroleh bila berhasil lolos beasiswa ini, seperti sekolah secara gratis, mendapat uang saku bulanan, mendapat fasilitas buku pelajaran, laptop (khusus PPTI), asrama, dan yang lebih menariknya lagi, penerima beasiswa juga akan mendapat peluang untuk magang dan bekerja di BCA.

Jika kamu tertarik, silakan kunjungi laman resmi BCA https://karir.bca.co.id/beasiswa-bca untuk melihat persyaratan serta berkas-berkas yang dibutuhkan. Selain itu, beasiswa ini akan ditutup pada 13 September 2024 mendatang. Jadi, jangan lupa daftarkan diri sebelum terlewat!

3. Beasiswa Pendidikan Prestasi Kita Batch 6

Beasiswa Pendidikan Prestasi Kita Batch 6 (instagram.com/prestasikita)

Beasiswa Pendidikan Prestasi Kita menjadi salah satu incaran bagi pelajar dan mahasiswa untuk membantu memperoleh dana keringan pendidikan yang dibutuhkan. Menurut situs resmi Prestasi Kita, beasiswa ini merupakan inisiatif bantuan finansial yang diselenggarakan oleh Prestasi Kita dan ditunjukkan kepada pelajar aktif (SMP/MTs sederajat dan SMA/SMK/MA/Sederajat), gap year, dan mahasiswa D3, D4/S1/S2 di seluruh Indonesia.

Tidak hanya membuka peluang seluas-luasnya, Beasiswa Pendidikan Presasi Kita Batch 6 juga memberikan bantuan biaya pendidikan kepada penerima, di antaranya:

Kategori Prestasi dan Kategori Ekonomi

  • Mahasiswa: Rp1 juta setiap semester
  • Pelajar: Rp800 ribu setiap semester

Kategori Hafidz, Kategori Umum, Kategori Yatim, dan Kategori Pelatihan

  • Mahasiswa: Rp500 ribu setiap semester
  • Pelajar: Rp500 ribu setiap semseter

Tidak hanya itu, penerima beasiswa juga akan memperoleh manfaat lain, seperti mengikuti kelas Inspiring Talk, mendapat plakat penghargaan, dan sertifikat scholarship dari Prestasi Kita. Pendaftaran tidak dipungut biaya apa pun.

Jika kamu berminat mengikutinya, silakan cek informasi lebih lanjut di https://www.prestasikita.com/ atau akun Instagram resmi @prestasikita. Pendaftaran ditutup pada 15 November 2024 mendatang.

Baca Juga: 4 Jenis Esai untuk Daftar Beasiswa Luar Negeri, Serupa Tapi Tak Sama!

4. Beasiswa OSC Pascasarjana (S2) 2024

Beasiswa OSC S2 (osc.medcom.id)

Gak sedikit mahasiswa lulusan S1 yang ingin melanjutkan studi ke tingkat S2. Sayangnya, persoalan finansial sering kali menjadi kendala utama. Akan tetapi, bagi kamu yang mengalaminya tidak perlu berkecil hati. Sebab, saat ini terdapat beasiswa OSC yang bisa diikuti untuk mewujudkan impianmu.

Dikutip situs resmi OSC, OSC sendiri merupakan singkatan dari Online Scholarship Competition, yaitu kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh Surya Edukasi Bangsa Foundation dan Medcom.id. Beasiswa ini membantu para lulusan S1 yang ingin berkuliah secara gratis sampai lulus di berbagai program studi di perguruan tinggi di Indonesia.

Tahun ini, terdapat delapan universitas mitra yang masuk ke dalam kategori beasiswa ini, antara lain; Universitas Mercu Buana, Universitas Gajayana Malang, Universitas Katolik Widya Mandala, Universitas Islam Malang, Universitas Persada Indonesia Y.A.I, Institut Teknologi Nasional (ITENAS), Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan Universitas Kristen Maranatha. Tidak ada batasan usia untuk mengikuti program beasiswa ini, tapi calon peserta harus memiliki IPK S1 minimal 3.00, tidak menerima beasiswa lain, dan berasal dari lulusan kampus yang terakeditasi.

Para peserta yang berhasil lolos administrasi akan lanjut ke tahap Tryout Wajib Peserta dan akan mengikuti beberapa tahapan seleksi lainnya. Beasiswa OSC S2 2024 ditutup pada 6 November 2024 mendatang. Untuk alur seleksi dan informasi lainnya dapat kamu akses melalui https://osc.medcom.id/beasiswa/universitas-s2.

Verified Writer

Delvi Ayuning

Menulis bukan sekadar menuangkan kata-kata lewat tulisan, tapi lebih dari itu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya