TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ukuran Cup Plastik, Satu Gelasnya Berapa Oz ya?

Ounce adalah bahasa Inggris dari ons

ilustrasi wanita meminum kopi (unsplash.com/Jenny Ueberberg)

Intinya Sih...

  • Ounce adalah bahasa Inggris dari ons, yang merupakan satuan massa seratus gram.
  • Gelas plastik memiliki berbagai ukuran, mulai dari 12 oz hingga 22 oz.
  • Ukuran cangkir kopi bervariasi di setiap negara, seperti Amerika Serikat (240 ml) dan Jepang (200 ml).

Apakah kamu pernah mendengar kata ounce atau oz? Ounce bisa digunakan untuk mengukur satuan massa. Di Indonesia, ounce disebut ons.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ons adalah satuan ukuran berat (massa) sama dengan seratus gram. Yuk, sama-sama kita simak berapa ons dalam secangkir minuman. Ukurannya berbeda-beda, lho!

1. Pengertian ounce/oz

ilustrasi mesin kopi (pexels.com/Chevanon Photography)

Ounce merupakan bahasa Inggris dari ons. Mengutip buku Mengapa disebut Bentuk Baku dan Tidak Baku karya Dirgo Sabrayianto (1994: 71), ounce atau ons adalah satuan massa untuk 'seratus gram'. Ini merupakan satuan yang sering digunakan selain gram dan kilogram. Satuan ons lebih banyak dipakai dalam industri pangan untuk menyatakan berat bahan masakan, misalnya tepung terigu, gula pasir, dan sebagainya.

Menurut laman Healthier Steps, Michelle Blackwood, penulis, menjelaskan, "Salah satu satuan terkecil untuk mengukur massa, berat, atau volume adalah ons. Baik Sistem Metrik Inggris maupun Sistem Imperial Amerika menggunakannya secara luas untuk hal ini. Satuan ini, yang berasal dari kata Italia dan Spanyol 'Onza' disebut dengan singkatan oz"

Baca Juga: 30 Kata-kata Bijak 17 Agustus, Penuh Makna Perjuangan!

2. Ukuran oz pada gelas

Ilustrasi cangkir (pexels.com/Jubair Bin Iqbal)
  1. Ukuran 12 oz: Berbeda dengan ukuran gelas plastik, gelas berukuran 12 oz ini memiliki 350 ml pada volumenya. 
  2. Ukuran 14 oz: Gelas ukuran ini memang tidak terlalu besar karena hanya memiliki tinggi 11 cm. Tetapi, gelas ini bisa diisi dengan sedikit es batu di sebuah minuman yang akan disajikan.
  3. Ukuran 16 oz: Ukuran gelas 16 oz yang lebih pas digunakan sebagai wadah minuman dengan es batu. Daya tampung dalam ukuran gelas ini adalah 470 ml.
  4. Ukuran 22 oz: Memiliki ukuran yang paling besar di antara yang lainnya, gelas plastik ukuran 22 oz ini cocok untuk dipakai di minuman yang berukuran large di berbagai kedai minuman.

Verified Writer

Alma S

I don’t have to say a word. That’s why I like writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya