TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips buat Mahasiswa Baru, Ampuh Raih IPK Tinggi! 

Lakukan tips ini jika ingin lulus cumlaude dan tepat waktu

Mahasiswa Cumlaude (pexels.com/EmilyRanquist)

Cara belajar mahasiswa tentunya berbeda dengan siswa pada masa SMA. Kamu akan menjadi mahasiswa baru? masa transisi seorang mahasiswa baru sangat menentukan kehidupan kuliahmu kedepannya. Salah satu tanda bahwa kamu mampu menjalani perkuliahan dengan baik yaitu IPK (Indeks Prestasi Kumulatif).

IPK yang tinggi merupakan pertanda bahwa mahasiswa mampu memahami materi dan menjalani perkuliahan dengan baik. Lalu, bagaimana cara menjaga semangat belajar agar dapat IPK tinggi dan bisa lulus tepat waktu? Apa saja itu? Yuk, intip 6 tips berikut!

Baca Juga: 3 Tips Jaga Kewarasan untuk Mahasiswa Eksakta yang Sering Praktikum

1. Pertama, pahami mata kuliah yang akan diambil tiap semester

Mahasiswa Belajar (pexels.com/GeorgeDolgikh)

Ketika awal semester, kamu biasanya dapat list mata kuliah yang akan dipelajari ke depannya. Coba kamu bagi menjadi mata kuliah mana yang wajib dan pilihan. Bagi juga tiap mata kuliah tersebut berdasarkan jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) ya. SKS yang besar akan sangat mempengaruhi IPK kamu lho.

2. Cari informasi mata kuliah melalui koneksi dan referensi

Mahasiswa Berdiskusi (pexels.com/BuroMillennial)

Ini lebih bagus jika kamu memiliki koneksi kating di jurusan yang sama. Kamu bisa mencari referensi dan minta catatan, powerpoint, atau tips dari katingmu agar lebih siap menghadapi mata kuliah tersebut. Kamu juga bisa mencari referensi dari berbagai sumber lainnya ya. Semuanya dapat memudahkan kamu lebih memahami mata kuliah yang akan kamu ambil.

Baca Juga: 4 Tipe Mahasiswa Berdasarkan Aktivitas di Kampus, Kamu yang Mana?

3. Penting! Kenali tipe belajarmu

Mahasiswa Belajar (pexels.com/ZenChung)

Coba kamu kenali tipe belajar kamu seperti apa. Ada berbagai tipe belajar yang dapat kamu eksplorasi, ini penting agar kamu nyaman dan mudah paham ketika belajar.

Setidaknya, kamu tahu strategi untuk bisa belajar dengan tenang agar pelajaran masuk. Mengenali tipe belajar juga dapat membantu kamu untuk leih bisa fokus.

4. Buat rangkuman belajar

Mahasiswa Belajar (pexels.com/GobeeSakthi)

Buat kamu yang mudah lupa, coba deh rangkum materi yang kamu pelajari dengan rapi untuk memudahkan mengingat dan membaca kembali. Catatan yang rapi dapat menaikkan mood belajar kamu juga lho.

Dengan mencatat dan merangkum pelajaran, kamu sudah berlatih mengingat dan memahami isi pelajaran. Ini akan membantumu untuk memasukkan isi pelajaran.

5. Jangan menunda! Selesaikan tugasmu sesegera mungkin

Membuat To Do List (pexels.com/Breakingpic)

Jangan pernah menunda apapun tugas kuliahmu ya. Ingat, semakin lama kamu menunda semakin menumpuk pula tugasmu dan kamu mungkin akan banyak kegiatan lain. Luangkan waktumu minimal 2 jam untuk mengerjakan tugas dan mereview kembali materi kuliah yang sudah dipelajari hari itu.

Writer

Aulia Mufarricha

Sedang berusaha menuangkan pikiran dengan cara menulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya