TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Penting ketika Skripsian di Perpustakaan Umum

Harus jaga tata tertib yang berlaku!

ilustrasi skripsian di perpustakaan umum (unsplash.com/Maxim Ilyahov)

Fase mengerjakan skripsi merupakan momen menuju akhir pada para mahasiswa. Mengerjakan skripsi menjadi salah satu kegiatan yang menyulitkan dan kadang membuat stres jika dikerjakan di dalam kamar saja. Tidak jarang jika banyak mahasiswa yang mengerjakan skripsi di luar rumah, seperti di perpustakaan umum agar tidak bosan hanya berada di dalam kamar saja.

Perpustakaan umum memang menjadi tempat pilihan bagi para pejuang skripsi. Mereka memilih skripsian di perpustakaan karena lebih nyaman dan terjangkau. Jika kamu ingin skripsian di perpustakan umum juga, kamu perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini!

1. Mematuhi aturan yang berlaku

ilustrasi di perpustakaan umum (unsplash.com/Radu Marcusu)

Penting sekali untuk mematuhi segala aturan yan berlaku di peprustakaan. Aturan-aturan tersebut harus kamu patuhi untuk menjaga kenyamanan bersama. Terkadang juga aturan di peprustakaan diberlakukan untuk menjaga kebersihan ruangan. 

Jangan sampai kamu mencoba untuk melanggar semua aturan di perpustakaan. Jika hal tersebut kamu lakukan, kamu akan mengganggu kenyamanan bersama. Selain itu, kamu juga akan dicap sebagai pengunjung yang tidak beretika.

2. Tidak berisik

ilustrasi di perpustakaan umum (unsplash.com/Jonah Benz)

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa ketika kita ke perpustakan, aturan yang populer adalah tidak berisik. Hal ini untuk menjaga ketenanangan selama berada di dalam perpustakaan. Kamu harus ingat bahwa perpustakaanaumum menjadi tempat banyak orang dan kamu tidak boleh egois melakukan kegiatan sesuka hatimu. 

Hindari untuk mendengarkan musik tanpa bantuan earphone. Hindari juga untuk melakukan kegiatan yang terlalu bersuara, seperti mengetuk meja atau berbicara dengan suara lantang. Sebisa mungkin untuk tetap tenang dan hening selama berada di perpustakaan.

Baca Juga: 5 Pesan Tersirat dari Perpustakaan, Tenang dan Disiplin Itu Penting

3. Mencari lokasi yang dekat dengan colokan listrik

ilustrasi skripsian di perpustakaan umum (unsplash.com/Radek Grzybowski)

Skripsian tentunya dilakukan bersama dengan laptop kesayangan kamu. Maka dari itu, penting sekali untuk mencari posisi duduk yang dekat dengan colokan listrik. Mengerjakan skripsi yang bisa sampai berjam-jam pastinya akan membuat baterai laptop kamu akan habis. 

Sebagai pengunjung yang baik, kamu juga harus memperbolehkan orang lain menggunakan colokan listrik yang sama jika memang jumlahnya terbatas. Kamu harus ingat bahwa perpustakaan umum merupakan hak milik semua orang. Lagipula, saling berbagi colokan listrik tidak merugikan kok!

4. Meminta bantuan pengunjung lain menjaga barang kamu jika ke toilet

ilustrasi di perpustakaan umum (unsplash.com/Marvin Meyer)

Saat skripsian di tempat umum, seperti perpustakaan umum kamu pasti pernah merasa bingung ketika hendak ke toilet. Tidak mungkin jika kamu membawa laptop dan semua barang kalian untuk ikut ke dalam toilet. Nah, jika ada kejadian seperti ini, kamu bisa meminta tolong kepada orang terdekat untuk menjaga barang kalian. 

Sebelum meminta bantuan, pastikan bahwa orang tersebut bisa dimintai bantuan. Tidak perlu ragu untuk meminta tolong karena hal ini bukan sebuah masalah besar. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih setelah kamu kembali dari toilet.

Verified Writer

Annisah Nurrahmatillah

Just wanna be a journalist

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya