TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mau Kuliah di Jerman? Ini 5 Kota di Jerman dengan Biaya Hidup Termurah

Pastikan pilihan kotanya sesuai dengan budget kamu

Potret suatu kota di Jerman (unsplash.com/@ourselp)

Jerman dikenal sebagai salah satu negara di Eropa dengan perekonomian terbesar di dunia, menempati posisi tiga teratas setelah Amerika Serikat dan China berdasarkan data GDP dari Statista 2024. Maka dari itu, banyak pelajar internasional menjadikan Jerman sebagai negara tujuan untuk melanjutkan pendidikan, termasuk pelajar Indonesia. 

Nah, buat kamu yang tertarik untuk kuliah di Jerman tanpa harus khawatir soal biaya hidup yang mahal, ada beberapa kota di Jerman yang bisa jadi pilihan, lho. Yuk, simak daftar kota-kota di Jerman dengan biaya hidup murah yang cocok untuk pelajar!

1. Leipzig

Potret kota Leipzig, Jerman (unsplash.com/@mediaecke)

Leipzig, kota yang berlokasi di Jerman bagian timur, dikenal sebagai pusat bisnis dan budaya yang masih terus berkembang pesat. Leipzig memiliki universitas ternama seperti Leipzig University, kota ini menjadi rumah bagi banyak perusahaan multinasional, seperti Amazon, BMW, dan Porsche, yang membantu menciptakan lapangan kerja dan memperkuat perekonomian lokal. 

Leipzig juga menjadi kota impian bagi banyak pelajar dari seluruh dunia, terutama karena budaya hidupnya yang tergolong murah. Di sini, kamu bisa menyewa tempat tinggal dengan harga sekitar 600-800 Euro per bulan, jauh lebih murah dibandingkan kota-kota besar lainnya di Jerman.

Menurut data dari livingcost.org, rata-rata total biaya hidup di Leipzig berkisar 1.371 Euro (Rp23.275.467,00) per bulan, termasuk biaya makanan, transportasi, hingga kebutuhan sehari-hari. Wah, gak heran ya kalau Leipzig menjadi salah satu pilihan terbaik untuk para pelajar!

2. Dresden

Potret kota Dresden, Jerman (unsplash.com/@andresgarcia)

Ibukota Sexony yang terletak di Jerman Timur, Dresden, dikenal dengan arsitekturnya yang bergaya baroque atau arsitektur bergaya mewah asal Italia. Selain itu, Dresden juga terkenal dengan infrastrukturnya yang ramah bagi pejalan kaki, di mana kamu bisa menikmati indahnya pemandangan kota di sepanjang Sungai Elbe.

Dresden juga merupakan rumah bagi universitas ternama, seperti Dresden University of Technology. Pelajar di Dresden biasanya dapat menemukan tempat tinggal dengan harga sekitar 180-300 Euro per bulan dengan perkiraan total biaya hidup sekitar 1.406 Euro (Rp23.860.944,80) per bulannya. Nah, yang paling menarik, kamu bisa menggunakan transportasi umum ke mana saja secara gratis dengan kartu pelajar, lho!

Baca Juga: 7 Fakta Kastil Hohenzollern, Kediaman Leluhur Wangsa Bersejarah Jerman

3. Halle

Potret kota Halle, Jerman (unsplash.com/@wimvanteinde)

Kota Halle, yang terletak di Jerman timur, merupakan pusat transportasi, pendidikan, dan bisnis di Jerman. Dikenal dengan industri high-tech yang sedang berkembang pesat, seperti mobil elektrik, bioteknologi, dan IT.

Halle juga memiliki banyak institusi pendidikan dan riset, termasuk akademi tertua di dunia, The German National Academy of Sciences, serta Martin Luther University Halle-Wittenberg.

Biaya hidup di Halle juga relatif murah, menjadikannya sebagai salah satu kota di Jerman yang ramah bagi pelajar. Kamu bisa menyewa tempat tinggal bulanan dengan harga sekitar 350-500 Euro, dengan total biaya hidup mencapai 1.242 Euro (Rp21.077.733,60) per bulan. Bayangkan, kamu juga bisa menikmati infrastruktur kota yang penuh dengan taman hijau di samping sungai Saale dan Saline dengan tinggal di Halle, asyik ya?

4. Passau

Potret kota Passau, Jerman (unsplash.com/@ruddymedia)

Selanjutnya ada Passau, kota yang terletak di bagian tenggara Jerman. Passau dikenal dengan julukan “City of Three Rivers,” karena merupakan titik pertemuan antara tiga sungai yang masing-masing memiliki warna air berbeda (Sungai Danube, Inn, dan Ilz). Keunikan alam ini, tentunya, menjadikan Passau sebagai kota yang memesona dan harus dikunjungi.

Biaya hidup di Passau pun tergolong cukup terjangkau, terutama bagi pelajar. Dengan harga sewa tempat tinggal bulanan sekitar 250-450 Euro di area Passau University, kamu akan menghabiskan biaya hidup sekitar 1.311 Euro (Rp22.248.718,80) per bulan. Selain itu, kamu juga bisa memperluas jaringan dengan pelajar lain di Innwiese lawan, tempat asyik untuk bersantai ria.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya