TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Rekomendasi Buku tentang Politik untuk Pemula

Lumayan biar bisa ngobrol agak melek dikit

Buku Why Nations Fail (carousell.ph/u/marqwithluv)

Politik adalah salah satu bidang yang mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan kita, mulai dari kebijakan publik hingga hubungan internasional. Bagi mereka yang baru terjun ke dunia politik, memahami konsep-konsep dasar dan dinamika kekuasaan bisa menjadi tantangan.

Oleh karena itu, membaca buku-buku yang tepat adalah langkah awal yang penting untuk memperkaya pengetahuan dan perspektif. Lantas buku apa saja yang sebaiknya dibaca kalau kamu awam tentang politik?

1. "How Democracies Die" oleh Steven Levitsky dan Daniel Ziblatt

Buku How Democracies Die (facebook.com/booksmandala)

Buku ini membahas bagaimana demokrasi bisa runtuh dari dalam melalui langkah-langkah yang tampaknya sah tetapi merusak sistem demokrasi itu sendiri. Steven dan Daniel menggunakan contoh kasus dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, untuk menunjukkan tanda-tanda peringatan dan bagaimana masyarakat dapat mencegah kemerosotan demokrasi.

Cocok untuk kamu yang sedang mempelajari bagaimana cara kerja demokrasi di negeri sendiri, mengingat Indonesia juga negara yang menganut paham demokrasi.

2. "The Prince" oleh Niccolò Machiavelli

Buku The Prince karya Niccolo Machiavelli (carousell.sg/u/circebooks)

Sebuah klasik dalam literatur politik, "The Prince" adalah panduan praktis tentang bagaimana seorang pemimpin harus bertindak untuk mempertahankan kekuasaan. Meski ditulis pada abad ke-16, buku ini masih relevan dan sering dibaca untuk memahami dasar-dasar strategi politik dan kekuasaan.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Buku tentang Perang untuk Pemula

3. "Politics: A Very Short Introduction" oleh Kenneth Minogue

Buku Politics a Very Short Introduction (carousell.sg/u/giuliacb)

Buku ini merupakan pengantar yang sangat baik untuk konsep-konsep dasar dalam politik. Minogue menjelaskan ide-ide kunci seperti negara, kekuasaan, kebebasan, dan keadilan dengan cara yang mudah dipahami, menjadikannya ideal bagi mereka yang baru memulai mempelajari politik.

Verified Writer

Anastasia Jaladriana

Hadeh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya