TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara agar Tetap Fokus dan Tidak Ngantuk saat Belajar, Coba Terapkan

Belajar pun jadi lebih produktif 

ilustrasi ngantuk saat belajar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mempelajari sesuatu yang baru atau mempersiapkan diri untuk ujian bisa sangat melelahkan dan membuat seseorang merasa mengantuk. Terkadang, hal ini bisa mengganggu konsentrasi dan mempengaruhi hasil belajar.

Jangan khawatir. Lima cara di bawah ini bisa dicoba untuk membantu menjaga fokus dan menghindari rasa kantuk saat belajar. Yuk, terapkan!

1. Istirahat secara teratur

ilustrasi beristirahat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Istirahat yang cukup dan teratur sangat penting untuk menjaga fokus saat belajar. Terlalu lama belajar tanpa istirahat dapat membuat pikiran mudah lelah dan membuat tubuh ngantuk.

Oleh karena itu, cobalah untuk memberi waktu istirahat yang cukup setiap 45-50 menit. Luangkan waktu sekitar 5-10 menit untuk beristirahat dan meregangkan otot-otot tubuh.

Jangan lupa juga untuk menjauhkan diri dari gadget atau layar komputer selama beristirahat, agar pikiran juga mata dapat beristirahat dengan optimal. Dengan istirahat yang teratur, kamu akan dapat menghindari rasa kantuk saat belajar dan meningkatkan produktivitas belajarmu.

Baca Juga: 5 Tips Belajar Efektif ala Maudy Ayunda, Jangan Cuma Menghafal!

2. Minum air putih

ilustrasi minum air putih (pexels.com/Anna Shvets)

Minum air putih secara teratur dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membuat otak tetap fokus saat belajar. Saat tubuh kekurangan cairan, kemampuan kognitif dan daya ingat bisa menurun, sehingga belajar pun menjadi tidak optimal. Oleh karena itu, pastikan untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup selama belajar.

Jangan hanya mengandalkan minuman berkafein atau berenergi, karena meskipun bisa membuat tubuh terjaga, tapi efeknya hanya sementara. Bahkan, itu justru bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat lelah. Selalu sediakan botol air putih di dekat tempat belajar, agar kamu terus teringat untuk minum.

3. Hindari camilan yang berat dan berlemak

ilustrasi makan camilan (pexels.com/Andres Ayrton)

Mengonsumsi camilan saat belajar memang bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan rasa lapar. Namun, kamu harus bijak dalam memilih camilan yang sehat untuk tetap menjaga fokus dan konsentrasi. Hindari memilih camilan yang berat dan berlemak, seperti keripik atau cokelat yang bisa membuatmu mudah mengantuk dan terganggu saat belajar.

Sebaiknya, pilih camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, atau yoghurt yang kaya protein juga serat. Makanan kayak protein juga akan membantu menjaga kesehatan tubuhmu dan menjaga otak tetap terjaga saat belajar. Dengan memilih camilan yang tepat, kamu bisa tetap fokus dan produktif belajar, tanpa mudah merasa mengantuk.

4. Beri jeda antara topik yang berbeda

ilustrasi membaca buku (pexels.com/karolina grabowska)

Memberi jeda antara topik yang berbeda saat belajar adalah salah satu cara efektif untuk menjaga fokus, serta menghindari kebosanan yang dapat menyebabkan rasa ngantuk. Setelah belajar tentang satu topik, beri jeda sejenak sebelum memulai materi berikutnya.

Kamu bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan selama jeda, seperti membaca buku favorit atau melakukan olahraga ringan. Hal ini juga dapat membantu mempertahankan energi dan konsentrasi selama belajar. Jadi, jangan terlalu lama belajar tanpa jeda yang cukup. Berikan diri kamu waktu untuk beristirahat dan memulai ulang pikiran sebelum melanjutkan belajar lagi.

Baca Juga: 6 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Menyenangkan

Verified Writer

Amelia Rosa

Just a Beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya