TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Mau Berputar, Cek Ini!

Jangan panik, ya!

ilustrasi pengering mesin cuci (pexels.com/RDNE Stock project)

Apakah pengering mesin cucimu tiba-tiba tidak mau berputar? Ini bisa menjadi permasalahan besar karena pakaianmu akan membutuhkan waktu lama untuk mengering saat dijemur bila tidak menggunakan pengering.

Namun, kamu tidak perlu panik! Kenali beberapa penyebab pengering mesin cuci tidak mau berputar. Dengan begitu, mengetahui sumber penyebabnya, kamu bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Baca Juga: 3 Kegunaan Hair Dryer untuk Kebutuhan Rumah Tangga, Praktis!

1. Kabel pengering mesin cuci ada yang terputus

ilustrasi mesin cuci (pexels/Judy Horn)

Penyebab pengering mesin cuci tidak mau berputar pertama adalah kondisi kabel mesin ada yang terputus, terutama kabel yang terhubung ke mesin pengering. Hal ini bisa terjadi karena kabel digigit tikus.

Dalam kondisi seperti ini, kamu bisa meminta tolong teknisi untuk mengecek dan mengganti kabelnya. Dengan begitu, mesin pengeringmu bisa berputar seperti sedia kala. 

2. Motor atau kapasitator pengering yang rusak

ilustrasi mesin cuci (unsplash.com/Planetcare)

Motor pengering atau kapasitor merupakan penggerak utama pada mesin pengering. Jika alat tersebut rusak, mati, atau terbakar, maka mesin pengering tidak akan bisa berputar.

Hal ini bisa diakibatkan pemakaiannya yang terlalu lama, kapasitas pakaian yang dimasukkan terlalu berat, dan menempatkannya mesin cuci di tempat yang lembap.

Untuk menangani permasalahan tersebut, kamu bisa mengganti kapasitor mesin pengering. Selain itu, letakkan mesin cuci di tempat yang kering dan sejuk. Hindari untuk menggunakan mesin cuci secara terus menerus tanpa jeda waktu.

3. Timer pengatur mesin cuci bermasalah

ilustrasi timer pengatur mesin cuci (pexels.com/Amina Filkins)

Timer pengatur mesin cuci yang rusak bisa menjadi salah satu penyebab pengering mesin cuci tidak mau berputar. Timer pengatur merupakan pusat kontrol untuk mengatur mesin cuci. Jika timer pengatur rusak atau tidak dapat berfungsi, maka dapat mempengaruhi kinerja mesin cuci. 

Solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini adalah memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru. Hindari juga untuk menumpahkan air di atas timer pengatur karena dapat menimbulkan kerusakan.

Baca Juga: Bahaya Mencuci Bra di Mesin Cuci, Harus Diperhatikan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya