TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Penyebab Aliran Air Keran Kecil dan Cara Mengatasinya

Bisa karena katup keran yang rusak

ilustrasi keran air (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Kamu pernah mengalami masalah air keran kecil di kamar mandi rumahmu? Padahal kamu sedang buru-buru, ternyata saluran air mampet atau tidak mengalir.

Ada beberapa penyebab aliran air keran kecil, bahkan sama sekali tidak mengalir. Mulai dari air cadangan di tampungan yang habis, pompa air bermasalah, hingga pipa tersumbat. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui.

1. Katup dalam keran yang rusak

keran air (pixabay.com/ 9078815)

Keran yang rusak atau aus dapat menjadi penyebab aliran air keran kecil. Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor seperti kerusakan katup yang ada di dalam keran atau penumpukan kotoran yang membuat kinerja katup keran tidak optimal. Jika keran sudah mulai aus, maka bisa menghambat aliran air dari keran.

Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah mengganti keran dengan keran yang baru. Jika kamu ragu untuk menggantinya sendiri, panggil teknisi air yang kamu percayai untuk menggantinya.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Tanpa Ribet

2. Tekanan air rendah

keran air (pexels.com/Nithin PA)

Tekanan air yang rendah merupakan salah satu penyebab aliran air keran kecil. Hal ini disebabkan karena pompa air yang kurang optimal serta cenderung kurang kuat untuk menaikkan air dari kedalaman yang cukup jauh. Tekanan air yang rendah juga bisa terjadi karena sumbatan pipa atau kerusakan pompa air.

Salah satu cara mengatasi tekanan air yang rendah adalah dengan mengganti pompa air dengan pompa air yang lebih besar. Namun, jika tidak ingin melakukan penggantian pompa air, kamu dapat membersihkan pipa dan saluran air.

Selain itu, tekanan air yang rendah juga bisa berasal dari PDAM sebagai penyedia air rumah tangga. Terkadang terjadi masalah pada sistem saluran air PDAM yang membuat tekanan air menjadi rendah. Kamu bisa mengecek informasi atau bertanya kepada layanan PDAM di wilayahmu.

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Endapan Mineral pada Keran Air

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya