TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Menghilangkan Jamur Hitam di Nat Keramik Kamar Mandi

Jangan dibiarkan begitu saja

ilustrasi membersihkan kamar mandi (freepik.com/bearfotos)

Kamar mandi adalah ruangan yang kerap kali diabaikan dalam urusan kebersihan. Terlebih lagi bagian yang tidak terlihat, seperti nat-nat keramik. Padahal, bagian ini dapat menjadi sarang jamur hitam, lho.

Hal ini perlu diatasi agar kamar mandi selalu terlihat bersih dan sehat. Cara menghilangkan jamur hitam di nat keramik kamar mandi ini bisa sedikit sulit. Namun, bahan berikut membantu membersihkan noda hitam yang muncul karena jamur. 

 

Baca Juga: Berapa Tinggi Wastafel Kamar Mandi yang Ideal? Ini Penjelasannya

Apa itu jamur hitam?

ilustrasi kamar mandi (pexels.com/christa-grover-977018)

Jamur hitam adalah salah satu jenis jamur yang sering tumbuh pada area yang lembap dan tidak terkena cahaya matahari. Contohnya seperti di nat keramik kamar mandi.

Bukan hanya terlihat kotor, keberadaan jamur membuat kamar mandi terasa tidak nyaman. Selain itu, jamur hitam juga bisa membuat permukaan licin sehingga mudah terpleset.

Cara menghilangkan jamur hitam di nat keramik kamar mandi

ilustrasi membersihkan kamar mandi (freepik.com/user15285612)

Untuk cara menghilangkan jamur hitam di nat keramik kamar mandi lakukan dengan metode berikut. 

  • Gunakan cuka

Cuka adalah bahan alami yang bisa membantu membersihkan jamur hitam di nat keramik kamar mandi. Caranya cukup mudah, campurkan air dan cuka dalam jumlah yang sama dan siramkan ke area yang terkena jamur hitam. Biarkan selama 15-20 menit, kemudian sikat dan bilas dengan air bersih.

  • Pakai baking soda

Baking soda juga bisa dijadikan bahan alami untuk membersihkan jamur hitam di nat keramik kamar mandi. Caranya, campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan ke ranjang keramik yang terkena jamur hitam, gosok dengan sikat, lalu bilas dengan air bersih.

  • Gunakan pembersih khusus jamur

Jika kamu tidak ingin ribet atau takut gagal membersihkan jamur secara alami, kamu bisa membeli pembersih khusus yang dijual di toko bahan bangunan atau supermarket. Ikuti petunjuk penggunaannya dan bilas dengan air bersih.

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Endapan Mineral pada Keran Air

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya