TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Cara Mencegah Kutu Daun Menyerang Tanaman, Pasti Aman!

Tanamanmu bakal lebih sehat dan subur

ilustrasi kutu daun (freepik.com/adege)

Kutu daun sering kali menjadi hama yang mengganggu tumbuhan. Tumbuhan yang terinfeksi kutu daun akan menunjukkan gejala seperti layu, daun yang keriting, bercak putih, bahkan tumbuhan dapat mati.

Kutu daun memang sangat merepotkan terutama bagi para pencinta tanaman hias. Namun, jangan khawatir karena IDN Times sudah merangkum cara mencegah kutu daun menyerang tanaman. Yuk, praktikkan cara-caranya berikut ini!

1. Pilih tumbuhan yang sehat

ilustrasi seorang perempuan yang sedang membeli bunga (pexels.com/Amina Filkins)

Tanaman yang sehat dan kuat akan sulit diserang oleh kutu daun. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih bibit tanaman yang sehat dan bebas dari kutu daun. Perhatikan juga kondisi media tanam dan suasana tempat tanam. Kamu harus menyesuaikan dengan jenis tanaman yang kamu pilih.

Mengatur tata letak tanaman juga penting dilakukan sebagai cara mencegah kutu daun menyerang tanaman. Tanamlah tumbuhan yang sama jenisnya jauh satu sama lain agar kutu daun tidak menyebar dengan mudah.

2. Rajin membersihkan tanaman

ilustrasi menanam tumbuhan (unsplash/Stefan C. Asafti)

Membersihkan tanaman secara rutin juga menjadi hal yang penting dalam mencegah kutu daun menyebar. Cara mencegah kutu daun menyerang tanaman yang paling mudah adalah dengan membersihkan daun-daun yang sudah kering.

Bagi tanaman yang berbunga, pastikan kamu juga membersihkan bunga yang sudah layu atau mati. Selain itu, pastikan media tanam bersih dan tidak mengandung sisa-sisa tanaman yang sudah mati. Jika ada tanaman yang terkena kutu daun, langsung pisahkan dengan tanaman yang lain agar tidak menyebar.

Baca Juga: 3 Cara Membasmi Semut dengan Soda Kue, Wajib Dicoba

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya