TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Memperbaiki Mesin Pencuci Piring yang Tidak Menguras

Cek saluran pembuangannya

seseorang sedang menggunakan mesin pencuci piring (freepik.com/author/pvproductions)

Salah satu inovasi peralatan yang sangat memudahkan pekerjaan rumah tangga adalah mesin pencuci piring atau dishwasher. Tidak hanya praktis dan efektif, mesin pencuci piring di dapur bisa membantu menghemat waktu dan tenaga untuk mencuci piring.

Namun, terkadang ada saja masalah yang terjadi pada peralatan rumah tangga. Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada mesin pencuci piring adalah tidak mampu menguras air menuju saluran pembuangan.

Jangan khawatir, berikut panduan lengkap cara memperbaiki mesin pencuci piring yang tidak menguras. Pelajari selengkapnya di bawah ini!

Penyebab mesin pencuci piring tidak menguras

ilustrasi mesin pencuci piring (pexels.com/Castorly Stock)

Sebelum tahu cara memperbaiki mesin pencuci piring yang tidak menguras, cari tahu dulu apa penyebab mesin pencuci piring tidak menguras. Ada beberapa kemungkinan mesin pencuci piring tidak menguras air di dalamnya, di antaranya:

1. Saluran pembuangan tersumbat

Salah satu alasan utama mesin pencuci piring tidak menguras adalah karena saluran pembuangan tersumbat. Meskipun sehelai rambut kecil saja masuk ke dalam saluran pembuangan, lama-kelamaan bisa menyebabkan masalah.

2. Komponen filter bermasalah

Pada mesin pencuci piring, ada alat filter khusus untuk menghancurkan sisa-sisa kotoran. Jika filter atau saringan ini tersumbat, maka akan menyebabkan mesin sulit mengalirkan kotoran ke pembuangan.

3. Mesin pembuangan tidak berfungsi optimal

Mesin pembuangan termasuk salah satu komponen terpenting pada mesin pencuci piring. Sistem mesin pembuangan yang tidak berfungsi normal bisa menyebabkan mesin tidak menguras air.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Dishwasher, Cuci Piring Jadi Gak Repot

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya