TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Membersihkan Mesin Pencuci Piring agar Awet

Rawat agar tidak cepat rusak

seseorang sedang menggunakan mesin pencuci piring (freepik.com/author/pvproductions)

Mesin pencuci piring atau dishwasher menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang membuat hidup kita lebih mudah. Tidak perlu lagi membersihkan piring satu per satu, cukup masukkan ke mesin dan hasilnya pun tetap bersih.

Namun, mesin pencuci piring juga butuh perawatan agar dapat bekerja dengan optimal. Salah satunya adalah membersihkan mesin pencuci piring.

Bagi kamu yang belum tahu cara membersihkan mesin pencuci piring dengan mudah, berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba. Simak sampai akhir, ya!

1. Bersihkan sisa-sisa makanan dan minuman

ilustrasi dishwasher (pexels.com/Wendelin Jacober)

Sebelum mengulas cara membersihkan mesin pencuci piring, kamu perlu membersihkan sisa-sisa makanan atau minuman yang menempel di dalam mesin. Jangan biarkan sisa-sisa tersebut menumpuk dan menempel terlalu lama karena akan sulit dihilangkan.

Langkah pertama adalah membersihkan sisa-sisa makanan dan minuman dengan mencuci komponennya menggunakan air dan sabun. Jangan gunakan sikat atau benda yang kasar karena akan merusak bagian dari mesin pencuci piring.

Baca Juga: 6 Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Piring yang Perlu Kamu Pahami

2. Bersihkan tabung pencuci dan filter

ilustrasi mesin pencuci piring (unsplash.com/Mohammad Esmaili)

Setelah membersihkan sisa-sisa makanan dan minuman, kamu perlu membersihkan tabung pencuci dan filter. Tabung pencuci merupakan tempat meletakkan peralatan makan yang akan dicuci.

Sementara filter berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada di mesin pencuci piring. Bersihkan keduanya dengan air dan sabun. Jangan lupa untuk membersihkan filter secara teratur agar tidak terjadi penumpukan kotoran.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Mesin Pencuci Piring yang Tidak Menguras

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya