TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Membersihkan dan Merawat Mesin Cuci Pintu Depan

Bisa berpotensi rusak apabila tidak dibersihkan, lho!

ilustrasi membersihkan mesin cuci (freepik.com/freepik)

Mesin cuci pintu depan dengan efisiensi tinggi (high-efficiency atau HE) menjadi favorit banyak orang karena penggunaan air dan detergen yang lebih sedikit. Namun, model ini memerlukan prosedur khusus untuk membersihkan dan mengeringkan komponennya.

Membersihkan mesin cuci model pintu depan secara teratur sangat penting untuk menjaga kinerjanya agar tetap optimal dan mencegah timbulnya bau yang tidak sedap. Lantas, bagaimana caranya, ya?

Selengkapnya mengenai cara membersihkan mesin cuci pintu depan bisa kamu baca dalam artikel ini. Let's check it out!

1. Perlengkapan yang perlu disiapkan

ilustrasi perlengkapan bersih-bersih (thespruce.com)

Sebelum benar-benar hendak membersihkan mesin cuci, ada baiknya kamu menyiapkan beberapa keperluan yang bermanfaat untuk membantu kamu. Tentunya, beberapa barang-barang ini bisa mendukung dan menjadikan mesin cuci kamu menjadi lebih bersih.

Beberapa item yang diperlukan di antaranya:

  • Kain lembut (kamu bisa siapkan lebih dari satu)
  • Pemutih
  • Cuka atau soda kue

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Mesin Cuci Berbau, Mudah dan Efektif

2. Membersihkan gasket

Ilustrasi menggunakan mesin cuci (Pexels.com/Rodnae Productions)

Gasket merupakan lingkaran yang terletak di sekitar bukaan depan drum mesin cuci. Fungsinya adalah untuk mencegah air bocor keluar dari mesin cuci. Biasanya, di dalam gasket kamu akan menemukan beberapa benda-benda kecil, seperti klip, kertas, koin, bahkan hingga rambut.

Maka dari itu, agar mesin cuci bisa benar-benar bersih, sebaiknya bukalah pintu mesin cuci sejauh mungkin dan lepaskan karet (gasket) yang melingkari bukaan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa gasket benar-benar bersih dari debu maupun benda-benda asing.

Kemudian, untuk membunuh jamur-jamur yang mungkin ada di sekitar area mesin cuci, kamu bisa melakukan langkah berikut ini :

  • Masukkan secangkir pemutih ke dalam mesin cuci kosong
  • Nyalakan dalam siklus air panas untuk memastikan seluruh bagian mesin dibersihkan
  • Setelah selesai, jalankan beberapa siklus kembali tanpa tambahan pemutih

Kamu disarankan untuk melakukan deep clean pada gasket setiap satu bulan sekali. Hal tersebut dilakukan supaya mesin cuci kamu bisa tetap beroperasi dengan maksimal nantinya.

3. Membersihkan drum mesin cuci

ilustrasi membersihkan mesin cuci (pexels.com/Amina Filkins)

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membersihkan drum mesin cuci:

  • Taburkan 1/3 cangkir (75 g) soda kue ke dalam drum. Soda kue di sini akan membantu menyingkirkan bau dari jamur atau pakaian kotor.
  • Tutup pintu mesin cuci.
  • Tuang dua cangkir (500 ml) cuka putih ke nampan detergen.
  • Nyalakan mesin cuci dan atur setelan mesin cuci pada siklus pembersihan. Apabila tidak ada siklus pembersihan, maka kamu bisa atur ke pencucian biasa.
  • Jika sudah selesai, langkah selanjutnya kamu bisa melepaskan dan membersihkan panel dispenser detergen dengan merendamnya dalam air hangat. Kemudian, lap sampai bersih dan pasang kembali ke tempatnya semula.
  • Langkah terakhir, bersihkan bagian luar mesin cuci. Semprotkan kain bersih dengan pembersih serbaguna. Lalu, lap seluruh permukaan luar mesin cuci.

Disclaimer, jangan pernah mencampurkan soda kue, cuka, dan pemutih. Pasalnya, apabila ketiganya dicampurkan akan menghasilkan reaksi kimia berbahaya dan dapat merusak mesin cuci kamu.

Baca Juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas agar Tetap Awet

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya