TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tipe Gagang Pintu, Calon Pemilik Rumah Harus Tahu

Pilih yang sesuai dengan rumahmu

membuka gagang pintu (pexels.com/Marcus Aurelius)

Ketika sedang membangun rumah, adakalanya kita ingin untuk memberi sentuhan-sentuhan detail pada setiap bagian kecil. Salah satu contohnya adalah gagang pintu. Hal yang pertama dilakukan jika ingin masuk ke suatu ruangan adalah membuka gagang pintu. Maka tak heran beberapa orang khusus memperhatikan jenis gagang seperti apa yang akan mereka pasang pada rumah yang akan ditempati.

Gagang pintu paling banyak ditemukan dalam bentuk kenop bulat atau pegangan yang panjang. Namun, ternyata banyak jenis lainnya berdasarkan fungsi dan metode pengunciannya. Berikut adalah beberapa jenis di antaranya.

1. Gagang pintu masuk yang berkunci

gagang pintu dengan kuncinya (unsplash.com/Jaye Haych)

Jenis gagang pintu yang ini paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dikarenakan kita bisa dengan mudah mengunci dari dalam dan luar. Ketika bepergian, kunci bisa dibawa oleh siapa pun yang memegangnya. Tak hanya satu kunci, rata-rata kunci bisa memiliki serap hingga tiga buah atau lebih. Jika dalam satu rumah terdapat beberapa orang, kunci bisa dipegang oleh masing-masing hingga memudahkan penggunaan.

Kekurangan dari gagang pintu jenis ini adalah kuncinya bisa saja hilang dan ditemukan oleh orang lain sehingga kurang aman. Apalagi untuk jenis tempat yang disewakan, pengguna sewa lama bisa saja masih memiliki kunci lama mereka dan bisa masuk ke tempat tersebut. Satu hal lagi yaitu ketika kunci tersangkut dari salah satu sisi, kunci lain tidak akan bisa dimasukkan.

Baca Juga: 9 Momen Nagita Cari Gagang Pintu Rumah Baru, Ada yang Puluhan Juta!

2. Gagang pintu model rustic

gagang pintu model rustic

Banyak orang yang mulai menyukai tema-tema estetik dan mendesain rumah mereka dengan barang-barang lama. Gagang pintu yang sesuai dengan jenis rumah ini adalah gagang ala rustic. Meskipun agak sedikit sulit untuk menemukannya, kamu bisa memesan gagang pintu yang sesuai ke toko perabotan yang menerima pesanan custom.

Rata-rata gagang pintu rustic terbuat dari material seperti logam yang sudah berumur, seperti perunggu yang memiliki kesan usang atau besi dengan desain yang klasik. Pintunya pun menyesuaikan yaitu terbuat dari bahan-bahan serupa atau dari kayu yang sudah disulap sedemikian sehingga menjadi pintu ala-ala perumahan di pedesaan.

3. Gagang pintu modern

Gagang pintu modern (pexels.com/khairul nizam)

Rumah-rumah modern sekarang lebih memilih untuk menggunakan gagang pintu yang simpel dan sederhana. Meskipun gagang pintu modern bisa berupa kenop atau pegangan, kebanyakan orang-orang lebih memilih pegangan. Ini dikarenakan tampilannya tampak lebih minimalis dan bersih.

Tipe penguncian dengan gagang ini bisa disesuaikan. Ada yang dibuat dengan penguncian dari dalam dan luar. Sebagian lagi hanya menggunakan mekanisme penguncian dari dalam seperti untuk area khusus yaitu kamar mandi.

4. Gagang pintu desain antik

gagang pintu antik (freepik.com/lifeforstock)

Rumah-rumah gaya Eropa klasik atau rumah dengan sentuhan budaya-budaya seperti Cina lebih cocok menggunakan gagang pintu antik yang menyesuaikan dengan tema rumah. Ini akan menambahkan kesan yang kuat ketika pengunjung membuka pintu dan menemukan gagang pintu yang sesuai. Bentuk dari gagang pintu antik ini sangat beragam, ada yang berupa patung gambar tertentu atau gagang yang berupa ukiran cantik.

Bahan dari pembuatan gagang pintu antik kebanyakan berupa logam. Tak sedikit pula yang menggunakan campuran dari bahan mahal seperti emas atau perak. Warnanya pun menyesuaikan dengan paduan warna bangunan.

Baca Juga: 10 Potret Gagang Pintu yang Sangat Tidak Biasa, Nyeleneh Abis!

Verified Writer

Shafira

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya