TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tanaman Hias Depan Rumah yang Bisa jadi Obat Herbal

Estetis dan bermanfaat sebagai bumbu masakan dan obat, lho

ilustrasi tanaman hias anise hyssop (pixabay.com/snibl111)

Kamu pasti setuju, jika taman depan rumah yang indah bisa bikin suasana rumah jadi lebih asri dan menyenangkan. Apalagi kalau tanaman-tanaman yang kamu pilih nggak cuma cantik dipandang, tapi juga mempunyai khasiat herbal yang bermanfaat buat kesehatan. Menarik banget, kan? 

Nah, berikut ini kamu akan melihat beberapa tanaman hias yang ampuh mempercantik taman dan punya khasiat medis yang oke. Inilah tujuh tanaman hias depan rumah yang bisa jadi obat herbal. 

1. Tulsi (kemangi suci)

ilustrasi tanaman tulsi (pixabay.com/MaitedeWu)

Kalau kamu lagi cari tanaman hias yang nggak cuma bikin tampilan depan rumah jadi lebih keren, tapi juga punya khasiat herbal yang mantap, tulsi adalah pilihan yang pas, lho. Tulsi, atau kemangi suci, adalah tanaman yang punya banyak khasiat penyembuhan. Sebagai contoh, kalau kamu sering mengalami masalah pernapasan seperti batuk atau pilek, tulsi bisa membantu meredakannya. 

Nggak cuma itu, tulsi juga bisa mengatasi gangguan pencernaan seperti kembung dan mual, serta membantu meredakan stres. Biasanya, orang-orang mengonsumsi tulsi dalam bentuk teh herbal atau mencampurkannya dalam berbagai ramuan tradisional.

2. Lidah buaya (aloe vera)

potret lidah buaya (pixabay.com/Hans)

Lidah buaya juga menjadi tanaman hias yang menjadi obat herbal juga, nih.  Tanaman satu ini terkenal dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan dan perawatan kulitnya. Lidah buaya adalah sukulen yang punya banyak khasiat penyembuhan. Misalnya, jika kamu punya luka kecil, luka bakar, atau iritasi kulit, gel dari daun lidah buaya bisa membantu menyembuhkannya dengan cepat. 

Cukup oleskan gel tersebut ke area yang mengalami luka, dan kamu akan merasakan efek menenangkannya. Selain itu, lidah buaya juga bisa dikonsumsi untuk membantu pencernaan dan mengobati maag. Campurkan sedikit gel lidah buaya ke dalam minuman favoritmu, dan kamu bisa menikmati manfaatnya dari dalam tubuh.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Indoor yang Cocok Diletakkan di Meja

3. Kucai bawang putih (allium tuberosum)

ilustrasi tanaman hias allium tuberosum (pixabay.com/HansLinde)

Kucai bawang putih juga bisa kamu pertimbangkan. Tanaman ini nggak cuma enak buat bumbu masakan, tapi juga punya banyak manfaat buat kesehatan, lho. Yup, selain dipakai dalam berbagai hidangan kuliner, tanaman ini bisa membantu pencernaan dan memberikan manfaat anti-inflamasi. 

Jadi, kalau kamu sering mengalami masalah pencernaan atau butuh sesuatu yang bisa meredakan peradangan, kucai jadi solusi alami yang praktis. Plus, rasanya yang mirip bawang putih tapi lebih ringan, bikin masakan kamu jadi lebih enak tanpa aroma yang terlalu kuat. Tertarik mencobanya?

4. Thyme perak (thymus vulgaris 'Argenteus')

ilustrasi tanaman hias thyme perak (pixabay.com/joe63bn)

Thyme perak dikenal dengan khasiat medisnya yang luar biasa. Selain sering digunakan sebagai bumbu masakan, tanaman ini juga memiliki sifat antiseptik dan meredakan gangguan pencernaan. Jadi, kalau kamu butuh sesuatu yang bisa membantu meredakan gangguan pencernaan atau melawan infeksi ringan, thyme perak bisa jadi sahabatmu, nih. 

Tampilan thyme perak sangat cantik, lho. Tanaman ini memiliki daun yang berpinggir perak, memberi tampilan yang sangat elegan, dan berbeda dari tanaman hias lainnya. Ditambah lagi, bunga lavender-pink yang dihasilkannya menambah daya tarik visual tamanmu. Pastinya kombinasi daun perak dan bunga lembut yang bisa menambah warna dan keindahan di taman depan rumahmu.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Daun Thyme Berkualitas, Aroma Lebih Segar dan Kuat

5. Oregano hias

ilustrasi oregano hias (pixabay.com/Gab-Rysia)

Seperti namanya, oregano memang dikenal banget dalam dunia kuliner. Tapi tahukah kamu bahwa tanaman ini juga punya sifat antimikroba yang bermanfaat? Jadi, selain menambah rasa pada masakan, oregano juga bisa digunakan dalam ramuan herbal untuk membantu melawan infeksi atau masalah pencernaan. Rasanya yang khas dan manfaat kesehatan ini bikin oregano hias jadi pilihan cerdas untuk taman depan rumahmu.

Dari segi estetika, oregano hias nggak kalah menarik. Tanaman ini menghasilkan bunga yang mekar dalam waktu lama, memberikan daya tarik visual sepanjang musim tanam. Bunga-bunganya biasanya berwarna ungu atau pink, dan mekar dengan cantik, jadi taman akan selalu tampak cerah dan hidup. Di samping itu, tanaman ini juga memiliki daun yang hijau segar dan aromatik, tentu dapat menambah kesan segar dan alami di area tamanmu.

6. Anise hyssop (agastache 'tutti frutti')

ilustrasi tanaman hias anise hyssop (pixabay.com/snibl111)

Anise hyssop dikenal dengan rasanya yang manis seperti adas manis. Tanaman ini sering digunakan dalam salad dan teh, memberi sentuhan rasa yang unik dan segar. Selain manfaatnya untuk makanan dan minuman, anise hyssop juga menarik penyerbuk bermanfaat seperti lebah dan kupu-kupu ke tamanmu. Jadi, selain kamu dapat menikmati keindahannya, kamu juga membantu mendukung ekosistem lokal.

Salah satu hal yang bikin anise hyssop istimewa adalah ukurannya yang bisa tumbuh hingga 180 cm. Dengan tinggi yang mencolok ini, tanaman ini bakal jadi pusat perhatian di tamanmu. Daun-daunnya yang hijau segar dan bunga-bunga ungu yang mekar membuatnya jadi tambahan yang mencolok dan cantik di lanskap depan rumahmu. Bunga-bunga ini juga mekar untuk waktu yang cukup lama, jadi kamu bisa menikmati keindahannya sepanjang musim.

Verified Writer

Lathiva R. Faisol

Senang membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya