TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tabulampot yang Mudah Dirawat, Cocok di Lahan Sempit

Menambah estetika rumah, lho

ilustrasi pohon anggur (pixabay.com/Gray_Rhee)

Mempunyai tanaman buah di area rumah yang gak terlalu besar tentu jadi impian banyak urbanis. Nah, salah satu cara untuk mewujudkan hal ini adalah menambah tabulampot di rumah mungil kita. Tabulampot (tanaman buah dalam pot) mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan pohon buah yang biasa, ini membuat mereka cocok ditaruh dalam pot atau di halaman yang gak terlalu besar. 

Meski ukurannya kecil, tabulampot tetap memerlukan perawatan yang baik, lho. Pastikan untuk memberikan mereka sinar matahari, air, serta nutrisi yang cukup supaya dapat tumbuh dengan baik. Sebagai langkah awal, terdapat beberapa tabulampot dikenal mudah dirawat dan pastinya dapat tumbuh subur di lahan sempit. Apa saja? Simak artikel ini terus, ya!

1. Pohon apel

ilustrasi pohon apel (pixabay.com/kapa65)

Tabulampot yang pertama direkomendasikan adalah apel. Pohon buah ini tumbuhnya gak terlalu tinggi, sekitar 1,8-2,4 meter saja ketika dewasa. Jadi, cocok banget buat lahan yang gak terlalu luas.

Nah, untuk tumbuh dengan baik, pohon apel kerdil ini butuh tanah yang bisa menyerap air dengan baik dan minimal delapan jam mendapatkan asupan sinar matahari setiap harinya. Jadi, pastikan kita menempatkannya di tempat yang terkena sinar matahari cukup, ya.

2. Pohon pir

ilustrasi pohon pir (pixabay.com/Couleur)

Pernah kepikiran gak, kita bisa menanam pohon pir di lahan sempit di rumah? Ya, pohon pir kerdil ini tumbuhnya gak terlalu tinggi ketika mereka dewasa, kok. Hanya sekitar 1,8-2,4 meter saja. Jadi, cocok untuk kita yang punya lahan terbatas. Eits, meski tanaman pir terbilang bisa ditanam di mana saja, sebenarnya mereka tetap butuh perhatian khusus, lho. 

Jadi, saat musim kering, pastikan kamu memberikan penyiraman yang cukup, dan tanah tempat mereka tumbuh harus bisa mengalir air dengan baik. Nah, beberapa varietas tabulampot pir yang populer seperti 'Bartlett', 'Shinseiki', 'Clapp's Favorite', dan ‘Pyrus Pyrifolia’ atau pir Asia.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Tabulampot Indoor untuk Pemula

3. Pohon jeruk

ilustrasi tabulampot jeruk (pixabay.com/Dieter_G)

Tabulampot pohon jeruk kerdil juga bisa menjadi solusi untuk menanam di lahan sempit. Pohon jeruk kerdil ini ideal banget buat ruang kecil karena tingginya separuh dari tinggi pohon jeruk biasa. Oh ya, agar pohon jeruk ini dapat tumbuh dengan baik, kita butuh menanamnya di tanah yang sedikit asam dan terhidrasi dengan baik. 

Selain itu, mereka juga perlu kelembapan yang konstan. Jadi, pastikan kamu rajin menyiramnya, ya! Beberapa varietas yang populer antara lain jeruk nipis, jeruk alamonde farigata, jeruk Malang, jeruk sambal, dan lainnya. 

4. Pohon belimbing

ilustrasi pohon belimbing (pixabay.com/SIMON)

Perawatan pohon belimbing gak ribet, kok. Kita cukup menyiramnya secara teratur, pastikan dia mendapatkan sinar matahari langsung, dan jangan lupa kasih pupuk secara rutin. Dengan perawatan yang simpel ini, pohon belimbing bakal tumbuh subur dan menghasilkan buah yang melimpah.

Keunggulan pohon belimbing ini adalah buahnya yang unik berbentuk bintang. Selain bentuknya yang cantik, rasanya juga enak banget, kombinasi manis dan asam yang segar. Cocok buat disantap langsung atau dijadikan campuran es buah dan salad.

Verified Writer

Lathiva R. Faisol

Senang membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya