TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Cara Mengusir Biawak yang Masuk ke Dalam Rumah, Jangan Panik! 

Biawak yang stres cenderung menyerang, lho

ilustrasi biawak (pexels.com/ Sheikh Nafis)

Ketika berbicara tentang biawak yang tiba-tiba muncul di rumahmu, pasti kamu langsung merasa panik, kan? Biawak memang kadang bisa menyusup ke dalam rumah, terutama kalau kamu tinggal di daerah yang dekat dengan alam atau banyak pepohonan. Walau mereka terlihat menakutkan dengan ukuran yang cukup besar, biawak sebenarnya lebih takut pada manusia dan biasanya akan mencari jalan keluar jika diberi kesempatan.

Guys, menghadapi biawak gak perlu pakai cara-cara yang keras, kok. Dengan pendekatan yang bijak dan tenang, kamu bisa mengatasi masalah ini tanpa drama berlebihan.

1. Jangan panik

ilustrasi orang yang sedang panik (pexels.com/SHVETS production)

Kalau tiba-tiba ada biawak masuk ke rumahmu, jangan panik, ya. Panik justru bisa membuat situasi jadi lebih rumit. Biawak itu hewan besar dan bisa merasa terancam kalau kamu bergerak secara tiba-tiba atau membuat banyak suara. Jadi, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang. 

Jaga jarak dari biawak dan hindari gerakan yang bisa mengejutkan hewan ini. Jangan mencoba menangkap atau mengusirnya dengan cara yang agresif. Ini bisa membuat biawak semakin stres dan membuatnya sulit untuk keluar dari rumah.

2. Tetap tenang dan jauhkan anak-anak atau hewan peliharaan

ilustrasi mengajak anak bermain di teras rumah (pexels.com/Ben Mack)

Biawak bisa jadi sangat cemas dan merasa terancam kalau kamu panik, jadi penting banget untuk menjaga ketenangan. Hindari bergerak tiba-tiba atau membuat suara keras yang bisa membuat biawak semakin stres. Pastikan juga untuk menjauhkan anak-anak dan hewan peliharaan dari area di mana biawak berada. 

Anak-anak dan hewan peliharaan mungkin gak sadar bahaya dan bisa membuat situasi jadi lebih rumit. Biawak mungkin akan merasa terancam jika didekati, dan ini bisa berbahaya bagi mereka yang gak tahu bagaimana cara berinteraksi dengan hewan ini dengan aman.

Baca Juga: Biawak Makan Apa? Berikut Beberapa Makanan Reptil Ini

3. Buka semua pintu dan jendela

ilustrasi membuka jendela (pexels.com/ENGY NAGUIB)

Biawak itu biasanya akan mencari jalan keluar kalau ada kesempatan. Jadi, dengan membuka semua pintu dan jendela, kamu memberi mereka jalan yang gampang untuk keluar. Pastikan kamu membuka pintu dan jendela yang menuju ke luar rumah, bukan yang menuju ke ruangan lain di dalam rumah. Dengan begitu, biawak bisa langsung kabur ke luar tanpa bingung atau terjebak di dalam rumahmu. Kalau biawak sudah melihat jalan keluar yang jelas, biasanya mereka akan segera bergerak menuju ke sana.

4. Gunakan sapu atau tongkat panjang

ilustrasi sapu (pexels.com/Joshimer Biñas)

Cara mengusir biawak yang masuk ke dalam rumah lainnya adalah ambil sapu atau tongkat panjang untuk menggiring biawak menuju pintu keluar. Akan tetapi, ingat, lakukan ini dengan hati-hati. Jangan sampai kamu terlalu mendekat atau membuat gerakan yang bisa bikin biawak merasa terancam. Biawak bisa jadi agresif kalau merasa terpojok, jadi pastikan kamu menjaga jarak aman.

Gerakkan sapu atau tongkat dengan lembut dan arahkan biawak ke arah pintu atau jendela yang sudah kamu buka. Biasanya, dengan sedikit dorongan, biawak akan segera menuju jalan keluar yang kamu siapkan. 

Penting juga untuk menjaga ketenangan selama proses ini. Jangan panik dan jangan buat suara keras yang bisa menakut-nakuti biawak. Fokus saja pada tugasmu dan biarkan biawak menemukan jalan keluar dengan aman.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Biawak Masuk Rumah? Ini Anjurannya

5. Gunakan pengusir alami

ilustrasi bawang putih (unsplash.com/Sanjay Dosajh)

Kalau biawak masuk ke rumah dan kamu perlu cara alami untuk mengusirnya, cobalah menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapurmu. Menggunakan bahan-bahan alami seperti bawang putih, bawang merah, atau cabai. Aroma kuat dari bahan-bahan ini bisa jadi pengusir yang ampuh untuk biawak.

Caranya gampang banget, lho. Taburkan bawang putih yang sudah dihancurkan, bawang merah, atau bubuk cabai di sekitar tempat biawak berada. Kamu bisa juga mencampurkan beberapa bahan ini untuk meningkatkan efeknya. Aroma yang kuat dari bawang dan cabai bisa bikin biawak merasa gak nyaman dan akhirnya memutuskan untuk pergi.

Pastikan kamu menaburkan bahan-bahan ini di area sekitar pintu atau jendela yang sudah kamu buka, agar biawak bisa melihat jalan keluar yang sudah kamu siapkan. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga jarak aman dan jauhkan anak-anak serta hewan peliharaan dari area tersebut agar semuanya tetap aman.

6. Kurangi suhu ruangan

ilustrasi menggunakan kipas angin (pexels.com/Galvão Menacho)

Biawak itu sebenarnya lebih suka tempat yang hangat, jadi kalau kamu bisa bikin suasana di rumah jadi lebih dingin, mereka mungkin bakal merasa gak nyaman dan memutuskan untuk keluar sendiri. Kamu bisa nyalakan AC atau kipas angin di area tempat biawak berada. Suhu yang lebih sejuk ini akan bikin mereka merasa gak betah, dan biasanya mereka akan mencari tempat lain yang lebih hangat. Pastikan juga ruangan tempat biawak berada bener-bener dingin dengan cara menurunkan suhu AC atau mengatur kipas angin agar anginnya menyebar merata.

7. Jaga kebersihan rumah

ilustrasi membersihkan rumah (pexels.com/cottonbro studio)

Kalau biawak sudah masuk ke rumah dan kamu ingin cara yang simpel untuk mengusirnya, salah satu kuncinya adalah menjaga kebersihan ruang. Biawak seringkali masuk ke rumah karena mereka mencari makanan atau serangga. Jadi, dengan menjaga rumahmu tetap bersih, kamu bisa mengurangi kemungkinan mereka datang lagi.

Pastikan rumahmu bebas dari sisa makanan atau remah-remah yang bisa menarik perhatian biawak. Segera bersihkan tumpahan makanan dan jangan biarkan sisa makanan menumpuk. Selain itu, periksa juga area sekitar dapur dan tempat sampah. Pastikan tempat sampah tertutup rapat dan buang secara rutin, ya.

Jangan lupa juga untuk membersihkan area yang mungkin jadi tempat berkumpulnya serangga, seperti di bawah lemari atau rak. Serangga bisa jadi makanan bagi biawak, jadi dengan menghilangkan sumber makanan mereka, kamu mengurangi daya tarik rumahmu.

Verified Writer

Lathiva R. Faisol

Senang membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya