TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Jenis Tanaman yang Bisa Kamu Pilih untuk Berkebun di Halaman Rumah

Bercocok tanam saat #DiRumahAja banyak manfaatnya lho!

freepik.com/freepik

Siapa dari kamu yang suka gardening? Lebih dari sebagai hobi, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari gardening, seperti mengurangi stres, memperindah dan membuat sejuk halaman rumah, hingga sebagai sumber penghasilan tambahan.

Gak harus di ladang atau sawah, kamu bisa memanfaatkan halaman rumahmu untuk menanam berbagai jenis tanaman. Buat kamu yang punya halaman rumah sempit, terutama di wilayah perkotaan, jangan khawatir karena kamu tetap bisa bercocok tanam dengan metode vertikultur, hidroponik, atau aeroponik. 

Lalu, apa saja sih jenis tanaman yang bisa kamu tanam di halaman rumah? Yuk, simak!

1. Tanaman hias

pixabay.com/an147

Buat kamu pencinta estetika, gak ada salahnya untuk menanam tanaman hias di halaman rumahmu. Gak hanya membuat rumahmu jadi tampak lebih asri dan berwarna, kebun tanaman hias juga bisa menjadi habitat bagi beberapa hewan seperti kupu-kupu dan burung. Wah, sungguh menyenangkan bukan bisa melihat cantiknya kupu-kupu dan mendengar kicauan merdu burung setiap hari di rumahmu?

Secara umum, ada berbagai macam tanaman hias, yaitu jenis tanaman hias bunga, daun, dan buah. Beberapa contoh tanaman hias yang cocok untuk ditanam pada iklim tropis adalah aglaonema, kaktus, mawar, melati, anggrek, euphorbia, bunga kertas, kamboja, lidah mertua, cemara hias, palem, puring, dan masih banyak lagi.

Tanaman-tanaman tersebut bisa kamu tanam langsung di tanah. Di rumah yang memiliki halaman sempit, berbagai jenis tanaman tersebut bisa juga ditanam di dalam pot.

Baca Juga: 6 Pilihan Sistem Bercocok Tanam dengan Hidroponik, Coba Yuk!

2. Tanaman sayuran

realitysnap.com

Jenis tanaman sayuran juga bisa kamu pilih untuk ditanam di halaman rumah. Kamu bisa sekaligus memanen hasilnya dan bahkan bisa dijual ke orang lain kalau hasil panen tersebut melimpah.

Ada banyak pilihan jenis sayuran yang bisa kamu budidayakan dengan mudah. Pada iklim tropis, beberapa jenis sayuran tersebut misalnya kangkung, sawi, bayam, selada, pare, terong, kacang panjang, buncis, dan masih banyak lagi.

Sama seperti tanaman hias, tanaman sayuran bisa kamu tanam langsung di bedengan-bedengan tanah atau di pot. Buat kamu yang punya halaman rumah sempit di perkotaan, kamu bisa menanam berbagai tanaman sayuran dengan metode vertikultur, hidroponik, atau aeroponik.

3. Tanaman Buah

ecotek.com.cy

Tanaman buah juga bisa menjadi pilihan untuk kamu tanam di halaman rumah. Beberapa contoh tanaman buah yang sangat cocok ditanam pada iklim tropis yaitu mangga, rambutan, pepaya, jambu air, jambu biji, kelengkeng, jeruk, melon, semangka, stroberi, buah naga, pisang, anggur, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu punya pekarangan rumah yang cukup luas, berbagai tanaman buah tersebut bisa kamu tanam langsung di tanah. Di pekarangan rumah yang lebih sempit, kamu tetap bisa menanamnya melalui metode tabulampot (tanaman buah dalam pot) menggunakan drum atau wadah tanam yang cukup besar. Untuk beberapa jenis tanaman buah yang gak memiliki kambium seperti stroberi, melon, dan semangka, kamu juga bisa menanamnya melalui metode vertikultur, hidroponik, atau aeroponik.

4. Tanaman obat

medicinalplantsinfo.com

Tanaman obat atau sering disebut sebagai TOGA (tanaman obat dalam keluarga) juga bisa menjadi pilihan untuk ditanam di halaman rumah. Sesuai namanya, tanaman obat merupakan jenis tanaman yang bermanfaat sebagai obat-obatan herbal dan punya khasiat tertentu untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Beberapa jenis tanaman obat yang bisa kamu pilih misalnya jahe, kunyit, temulawak, lidah buaya, kumis kucing, kemangi, cocor bebek, pandan wangi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mau Berkebun? Referensi 7 Tanaman yang Paling Cepat Berbuah

Verified Writer

Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya