TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Trik Memilih Kursi Kerja yang Tepat, Bikin Badan Gak Mudah Capek!

Jangan sepelekan!

ilustrasi kursi kantor (unsplash.com/Arthur Lambillotte)

Kursi kerja menjadi perabot yang dapat memengaruhi produktivitas kerja. Ini dikarenakan pemilihan kursi kerja yang tepat, akan membuat penggunanya merasa nyaman dan tentunya lebih fokus dalam bekerja. Oleh sebab itu, kita sebaiknya tidak sembarangan dalam memilih perlengkapan kerja tersebut.

Nah, berikut ini adalah sejumlah tips bagaimana memilih kursi kerja yang tepat. Biar kamu tak salah pilih, yuk perhatikan ulasan berikut ini! Semoga membantu!

1. Memperhatikan ketinggian kursi

ilustrasi kursi kantor (unsplash.com/Sebastiaan Chia)

Terdapat beberapa rekomendasi postur duduk yang baik ketika bekerja. Salah satunya adalah kaki menapak ke atas lantai. Dengan begitu, jarak antara dudukan kursi kerja dengan lantai sebaiknya berada sekitar 40-55 cm.

Supaya lebih mudah dan praktis, kamu bisa menggunakan kursi kerja yang memiliki ketinggiannya yang bisa diatur, sehingga kamu dapat menyesuaikan dengan tinggi badan dan tinggi meja.

2. Mengetahui lebar dan kedalaman kursi

ilustrasi kursi kantor (unsplash.com/James McDonald)

Kursi kerja yang ideal biasanya mempunyai lebar 40-60 cm atau lebih lebar dari pinggul pemakaianya. Dengan demikian, kamu sebaiknya memastikan bahwa dudukan kursi tak terasa sempit dan bisa menopang tubuh dengan baik.

Di samping itu, kamu juga perlu memperhatikan kedalaman kursi dari depan sampai belakang. Kamu disarankan untuk tidak menggunakan kursi kerja yang terlalu tegak atau terlalu landai karena dapat mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan tubuh.

3. Memahami jenis bahan kursi

ilustrasi kursi kantor yang terbuat dari kulit (unsplash.com/Lee Campbell)

Terdapat beragam jenis bahan kursi kerja yang dapat kamu pilih sesuai dengan keinginan, seperti mesh, fabric, dan kulit. Setiap bahan tersebut tentunya mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. 

Sebagai contoh, jaring-jaring pada kursi kerja mesh bertujuan untuk terbentuknya sirkulasi udara, jadi penggunanya tak gampang merasa gerah. Selain itu, bahan ini mudah dibersihkan dan bisa mencegah adanya penumpukan debu. Sementara itu, kursi kerja bahan fabric memiliki daya tahan yang cukup kuat. Dengan memakai bahan ini, kamu tak akan merasa kepanasan ketika cuaca panas atau kedinginan saat cuaca dingin.

Sementara itu, untuk kursi kerja berbahan kulit, memang memberikan kesan tampilan yang mewah dan elegan. Di samping itu, bahan ini memiliki tekstur licin dan lembut, jadi tak sulit untuk membersihkannya. Namun sayangnya, kursi kerja kulit biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal daripada bahan kursi kerja lainnya.

Baca Juga: 10 Desain Kursi Kerja Ergonomis Beserta Tips Memilihnya 

4. Mengetahui sandaran kursi kerja

ilustrasi kursi kantor (unsplash.com/Nubelson Fernandes)

Walaupun menjadi bagian yang sering terlupakan, namun kamu tetap perlu memperhatikan bagaimana bentuk sandaran kursi kerja. Kamu harus memastikan bahwa kamu memilih kursi kerja dengan sandaran yang bisa disesuaikan dengan bentuk tulang punggung. 

Hal tersebut bertujuan supaya kamu tidak mudah lelah saat bekerja. Terlebih lagi, sandaran kursi kerja yang tepat dapat mengantisipasi risiko terjadinya masalah punggung dan tulang belakang.

5. Pilih kursi kerja dengan sandaran tangan

ilustrasi kursi kantor (unsplash.com/ONNO)

Ketika kamu sering merasa tangan pegal ketika mengetik, maka menggunakan kursi kerja dengan sandaran tangan bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, kursi kerja yang baik semestinya dapat menopang seluruh bagian tubuh, termasuk tangan. Terlebih kita harus memakai tangan selama berjam-jam selama bekerja.

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya