TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pilihan Tanaman Hoya dengan Bunga yang Menawan, Cocok Jadi Hiasan!

Semuanya cantik, jadi pengen koleksi!

ilustrasi hoya multiflora (instagram.com/plantnoticer)

Hoya merupakan tumbuhan yang saat ini telah banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Terdapat lebih dari 500 jenis hoya yang mempunyai keunikan masing-masing yang tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Bila kamu berniat untuk memeliharanya, berikut ini adalah beberapa rekomendasi jenis tanaman hoya yang memiliki bunga yang cantik. Yuk, cari tahu!

1. Hoya meliflua

ilustrasi hoya meliflua (instagram.com/suculentas.e.flordecera)

Hoya meliflua adalah tanaman asli dari Filipina. Bunga ini mempunyai daun yang tebal tanpa urat-urat daun dan mengkilap. Selain itu, saat bunga ini mekar sempurna akan memiliki kombinasi warna pink, oranye dan merah.

Terlebih lagi, bunga ini membentuk nektar gelap yang mudah menetes dan meninggalkan warna. Nama dari bunga ini berasal dari nektar gelap tersebut, yakni kata "mellis" yang berarti madu dan "fluo" yang memiliki arti aliran.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Penyerap Racun di Udara yang Wajib Ada di Rumah

2. Hoya macgillivrayi

ilustrasi hoya macgillivrayi (instagram.com/crystalstarnursery)

Hoya macgillivrayi merupakan tanaman rambat dengan ukuran yang cukup besar.  Daun memiliki warna hijau yang mengkilap. Untuk bunganya sendiri bewarna merah gelap hingga keunguan.

Aroma bunganya manis dan lebih kuat tercium ketika malam hari. Bunganya muncul menggerombol dengan ukuran yang cukup besar bila dibandingkan dengan bunga pada tanaman hoya lainnya.

3. Hoya spartioides

ilustrasi hoya spartioides (instagram.com/ba2turanhoya)

Hoya spartioides bisa dibilang jenis hoya yang paling unik. Tanaman hias ini tidak terlihat berdaun, hanya nampak batang dan tangkai warna hijau yang sangat panjang.

Di samping itu, bunganya juga tumbuh pada bagian ujung tangkai ini. Pada satu tangkai panjang akan muncul beberapa bunga kecil dengan warna oranye yang bercampur dengan warna kuning. 

4. Hoya multiflora

ilustrasi hoya multiflora (instagram.com/plantnoticer)

Rekomendasi selanjutnya adalah hoya multiflora. Ini menjadi salah satu yang wajib masuk dalam daftar hoya yang harus dimiliki pecinta bunga karena perbedaan bentuk bunganya yang cukup mencolok jika dibandingkan dengan tanaman hoya lainnya.

Kelima ujung bunga jenis ini mempunyai warna kuning dengan arah yang menjauh ke belakang, menuju ke tangkai dari bagian tengah bunga dengan warna yang lebih putih. Oleh sebab itu, bunga ini memperoleh julukan "Shooting Star Hoya" karena dianggap mirip dengan bintang jatuh. Selain itu, aromanya pun juga manis.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Indoor, Bikin Ruangan Kian Menawan!

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya