TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 DIY Menyingkirkan Bau Ketiak dengan Mudah Tanpa Deodoran

Bahan-bahannya mudah ditemukan di dapur!

ilustrasi pria dengan bau ketiak (tiege.com)

Banyak diantara kita yang sangat tergantung dengan deodoran, karena bodycare tersebut berguna untuk menghilangkan bau ketiak yang terasa mengganggu. Namun, penggunaan deodoran seringnya membuat kulit menjadi iritasi dan kering, hingga menyisakan noda kuning di baju.

Nah, jika kamu tak ingin ketergantungan dengan deodoran, berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan ketiak dengan mudah. Yuk, terapkan!

1. Menggunakan perasan lemon

ilustrasi lemon (unsplash.com/arianka ibarra)

Air lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat membunuh bakteri. Maka dari itu, kamu bisa menggunakannya untuk mengurangi ketiak beraroma tidak sedap.

Untuk caranya, kamu bisa mengambil air perasan lemon dan mencampurkannya dengan air. Kemudian, masukkan ke dalam botol spray dan menyemprotkannya dengan teratur pada ketiak. Jika kamu tidak memiliki botol spray, maka kamu dapat langsung mengoleskannya sedikit ke ketiak.

2. Memakai campuran kunyit

ilustrasi kunyit (unsplash.com/Chinh Le Duc)

Kunyit dianggap dapat membunuh bakteri yang bereaksi dengan keringat dan mengakibatkan bau tidak sedap. Hal tersebut juga dapat menjadi pilihan perawatan yang gampang untuk mengurangi bau ketiak.

Kamu dapat membuatnya dari kunyit asli atau dari bubuk kunyit yang dikombinasikan dengan sedikit air. Lalu, aplikasikan pada ketiak dan tunggulau selama beberapa saat. Sesudahnya, baru kamu dapat membilasnya dengan menggunakan air bersih.

Baca Juga: Bau Ketiak padahal Udah Mandi? Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya

3. Kantong teh hijau

ilustrasi kantong teh (unsplash.com/Lynda Sanchez)

Teh hijau dipercaya bisa membantu dalam menyumbat pori-pori di kulit dan mengurangi keringat berlebih. Oleh karena itu, bahan ini dapat menghilangkan bau ketiak.

Kamu bisa menyiapkan beberapa kantong teh hijau, kemudian merendamnya ke dalam air hangat seperti ketika membuat teh. Lalu, keluarkan kantong teh, dan biarkan sampai suhunya tidak lagi panas.

Selanjutnya, kamu dapat meletakkan kantong teh hijau di ketiak selama 5-10 menit. Kamu sebaiknya melakukan perawatan ini secara berlanjut untuk hasil yang memuaskan.

4. Menggunakan cuka apel

ilustrasi cuka apel (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Sama halnya seperti lemon, cuka apel mempunyai kandungan asam yang dapat menyingkirkan bakteri. Kamu bisa mencampurkan beberapa tetes cuka apel dengan air.

Lalu, masukkan ke botol spray. Kemudian semprotkan pada ketiak atau mengolesnya langsung ke ketiak dengan memakai kapas. Lakukanlah secara konsisten untuk hasil yang maksimal.

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya