TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 DIY Menghilangkan Bau Ketiak Menyengat dengan Bumbu Dapur

Bau badan menyingkir!

ilustrasi pria yang mengeluarkan banyak keringat pada ketiaknya (purpledentalcare.co.uk))

Tak dimungkiri bahwa bau ketiak terasa sangat mengganggu dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Selain itu, tak semua orang cocok menggunakan deodoran, karena mungkin produk tersebut dapat menyebabkan iritasi atau masalah kulit lainnya. 

Namun, kamu tak perlu khawatir, karena kini kamu bisa memanfaatkan bumbu dapur untuk menyingkirkan bau ketiak tersebut. Kamu pun juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Jika kamu penasaran, berikut cara pembuatannya. 

1. Temulawak

Ilustrasi temulawak (unsplash.com/Dyah Miller)

Temulawak memiliki kandungan minyak atsiri, sapomin, dan flavoinoida. Kandungan ini dapat dijadikan cara untuk menyingkirkan bau ketiak yang menyengat.

Untuk caranya, kamu bisa minum air perasan temulawak secara rutin. Parut temulawak, lalu berilah air. Kemudian peraslah. Selanjutnya beri tambahan 1 sendok teh madu bila baunya tak sedap dan terasa aneh.

2. Cengkih

ilustrasi cengkeh (unsplash.com/Afif Ramdhasuma)

Cengkih dikenal sebagai ramuan tradisional yang memiliki kandungan minyak atsiri. Oleh karena itu, tak mengherankan bila bahan ini dapat dipakai sebagai cara untuk menghilangkan bau ketiak yang menyengat.

Kamu bisa mencoba untuk merendam cengkih dalam air panas selama 15 menit. Kemudian kamu juga dapat menambahkan madu saat akan meminumnya. Di samping itu, kamu bisa meminumnya 2 kali sehari dengan teratur.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Sehat agar Terhindar dari Bau Badan

3. Kecombrang

ilustrasi bunga kecombrang (unsplash.com/David Clode)

Bunga kecombrang merupakan bahan alami yang dikenal kaya antioksidan. Tak hanya itu, baahn ini juga dilengkapi dengan saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, streoid, polifenol, antimikroba, vitamin, dan mineral.

Zat tersebutlah yang membuat bunga kecombrang dapat menjadi andalan untuk menghilangkan bau ketiak yang menyengat. Kamu bisa mencoba untuk menumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya. Bila sudah, kamu bisa memakainya seperti sabun pada tubuh. Selain itu, gunakanlah setiap kali mandi.

4. Jahe

ilustrasi jahe (unsplash.com/engin akyurt)

Jahe mengandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara menjadikannya sebagai wedang.

Wedang jahe dapat diminum sehari sekali secara teratur. Bau ketiak kamu yang menyengat akan berangsur-angsur menghilang. 

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya