TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 DIY Masker Kopi untuk Perawatan Rambut, Cobain di Rumah

Bisa bikin sendiri di rumah!

ilustrasi bubuk kopi (unsplash.com/KWON JUNHO)

Perawatan rambut kini tak perlu lagi ke salon dan juga tak perlu mengeluarkan banyak uang, karena kamu bisa merawat rambut dengan cara menggunakan masker sendiri di rumah yang terbuat dari bahan-bahan yang tersedia di dapur. Salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan adalah kopi.

Untuk membuat masker kopi, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan bahan-bahan alami lainnya. Manfaatnya begitu luar biasa untuk merawat rambut. Jika kamu ingin mengetahui cara membuat masker kopi, berikut ulasannya.

1. Masker kopi untuk rambut rontok

ilustrasi minyak kelapa (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Kamu bisa menggabungkan bubuk kopi dengan minyak kelapa. Bubuk kopi dapat diseduh dengan minyak kelapa, yang bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi aliran darah di kulit kepala.

Selain itu, masker ini juga mempunyai manfaat untuk mencegah kerontokan pada rambut, karena kandungan yang ada dalam bahan alami ini, berguna untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan melindungi kelembapan rambut.

Untuk cara pembuatannya, kamu bisa memanaskan seperempat cangkir minyak kelapa dengan suhu rendah, kemudian mencampurkannya dengan satu sendok makan biji kopi. Kemudian aduk hingga rata, tunggulah hingga dingin sebentar dan saring. Lalu, oleskan ke seluruh rambut sebelum keramas dan ulangi penggunaan masker ini setiap seminggu sekali.

2. Masker kopi untuk rambut kusam

ilustrasi lemon (unsplash.com/Moritz Nie)

Kombinasi kopi, lemon dan yogurt dapat menjadikan rambut tampak lebih berkilau. Bahan tersebut juga mempunyai kandungan antioksidan, yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah rambut kusam, yang disebabkan karena terlalu sering memakai pengering rambut.

Tak hanya itu, kombinasi bahan tersebut juga dapat membantu dalam menghaluskan kutikula rambut, mengangkat sel kulit kepala yang mati dan mempercepat pertumbuhan rambut. Kamu dapat menggabungkan satu cangkir yogurt tawar, satu sendok makan bubuk kopi dan jus lemon secukupnya.

Lalu, aduk sampai adonan berbentuk seperti pasta. Selanjutnya, aplikasikan merata ke rambut sebelum keramas. Selanjutnya, tunggu masker meresap selama 30 menit. Setelahnya bilas rambut dengan menggunakan air hangat.

Baca Juga: 4 Pilihan Masker untuk Rambut Kering, Gampang Diatur! 

3. Masker kopi untuk rambut berminyak

ilustrasi telur (unsplash.com/Katherine Chase)

Selain putih telur, ternyata kuning telur mempunyai khasiat yang baik untuk rambut, bila dikombinasikan dengan bubuk kopi untuk membuat masker rambut. Kuning telur mengandung vitamin, zat besi, natrium dan lektin, yang dapat membantu dalam mengembalikan kesehatan rambut, mengendalikan produksi minyak di rambut, menguatkan akar rambut dan menjadikan rambut berkilau.

Kamu bisa menggabungkan satu sendok makan bubuk kopi dengan satu kuning telur, aduk sampai menjadi pasta. Kemudian oleskan masker ke seluruh rambut sebelum keramas, pijat selama 5 menit dan biarkan selama satu jam. Lalu, bersihkan masker dengan air hangat dan pakailah sampo.

4. Masker kopi untuk rambut lebat

ilustrasi gula (unsplash.com/Mathilde Langevin)

Masker kopi dan gula adalah scrub yang dapat dipakai untuk rambut. Kombinasi dua bahan ini juga dapat membantu mengeksfoliasi kulit kepala. Selain itu, memakai masker ini dapat membantu dalam menstimulasi pertumbuhan rambut, menyingkirkan ketombe, memperbarui sel kulit kepala dan membantu mengendalikan produksi minyak di kulit kepala.

Kamu bisa menggabungkan biji kopi bubuk dan gula pasir. Lalu, memberikannya sedikit air dan mengaplikasikannya ke seluruh rambut yang sudah keramas. Kemudian, pijat dengan lembut selama 10 hingga 15 menit dan biarkan selama 30 menit. Berikutnya, bersihkan dengan air dan sampo. Kamu bisa mengulangi masker ini seminggu sekali.

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya