TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mendesain Dapur Timeless, Gak Lekang oleh Waktu!

Gunakan warna dasar yang gak akan ketinggalan zaman

ilustrasi dapur bergaya timeless (pexels.com/ Dmitry Zvolskiy)

Dapur menjadi salah satu area terpenting di setiap hunian. Keberadaannya yang berfungsi sebagai tempat meramu berbagai jenis makanan ini pun juga perlu desain yang tepat.

Saat ini, ada banyak jenis dapur yang bisa kamu pilih misalnya seperti tema industrial, klasik, dan modern. Namun, bagaimana jadinya jika kamu menginginkan sebuah dapur yang desainnya timeless alias gak akan lekang oleh waktu? Nah, berikut IDN Times telah merangkumnya untukmu!

1. Lupakan tren

ilustrasi dapur bergaya timeless (pexels.com/Curtis Adams)

Jika kamu ingin membuat dapur bergaya timeless, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melupakan tren yang ada. Kehadiran tren dan fokus padanya hanya akan membuatmu terjebak dengan itu.

Padahal, hal terpenting untuk membuat dapur bergaya timeless adalah dengan membebaskan dirimu berekspresi melalui penggunaan berbagai furnitur, ornamen, dan warna. Pastikan seluruh benda yang kamu gunakan adalah dapat bertahan lama.

“Tren, saya benci kata itu karena memberi orang alasan untuk terus melakukan perubahan yang gegabah. Terkadang mahal pada rumah mereka, hanya untuk menyesalinya atau bosan dalam beberapa tahun,” kata Helen Parker, direktur kreatif deVOL, produsen dapur yang memukau dan tak lekang oleh waktu yang berbasis di Inggris, dikutip The Spruce.

“Saya rasa cara mendekorasi dan menata rumah seperti ini perlahan-lahan mulai berkurang karena masyarakat menjadi lebih ramah lingkungan dan lebih sadar akan sampah dan pemeliharaan. Terpenting, sadari bahwa gaya adalah tentang umur panjang,” tambahnya.

2. Kombinasikan gaya klasik dan modern

ilustrasi dapur dengan perpaduan klasik dan modern (pexels.com/Mark)

Salah satu cara termudah untuk mendesain dapur yang terus trendi adalah dengan memadukan antara gaya klasik dan modern. Kamu bisa melihat mundur ke belekang pada abad terakhir. Setelah itu, identifikasi gaya dapur, tata letak, bahan, peralatan, dan elemen dekoratif mana yang tampaknya melampaui waktu.

Memadukan dan menyeimbangkan elemen lama dan baru akan memastikan desain dapur tidak terlihat seperti kapsul waktu vintage atau ruang trendi yang akan ketinggalan jaman tahun depan. Sehingga, dapur perpaduan gaya klasik dan modern ini pun akan terlihat seperti selalu ada, namun cukup fungsional dan terawat dengan baik sehingga terasa segar dan terkini.

“Kami senang menggabungkan tren terkini seperti lemari bernoda dan detail bergalur dengan elemen yang telah teruji waktu, seperti kuningan yang dipatenkan pada keran atau alas antik di lantai,” ujar desainer Nicole Salceda dari Eye For Pretty, dilansir Visual Comfort.

Baca Juga: 5 Tips Dekorasi Kitchen Island di Dapur, Cuma Hitungan Menit!

3. Perhatikan tata letak dapur dan elemen utama seperti kabinet

ilustrasi tata letak dapur (pexels.com/Saviesa Home)

Tips selanjutnya dalam membuat dapur yang bergaya timeless adalah dengan memperhatikan tata letak dapur. Identifikasi apakah dapur kamu berbentuk U, berbentuk L, dibangun di sepanjang satu dinding, atau terbuka. Untuk dapur timeless, pastikan untuk mempertimbangkan struktur segitiga untuk menentukan hubungan paling penting antara kompor, wastafel, dan lemari es.

Setelah itu, pilihlah lemari dapur atau kabinet yang tidak ketinggalan jaman dengan menghindari penggunaan kayu secara menyeluruh. Meskipun kayu tahan terhadap tren, pada kenyataannya menggunakan terlalu banyak kayu, seperti dapur yang serba maple atau mahoni gelap, dapat membuat dapur kamu terlihatketinggalan jaman dan tua.

Pertimbangkan untuk menggunakan kayu oak, kenari, atau bahkan kayu lapis sebagai aksen, seperti menutupi bagian depan meja dapur, atau dengan memasang rak kayu terapung. Selain itu, kamu juga bisa memilih lemari depan datar yang awet muda berkat warna netral. 

4. Gunakan bahan lemari yang awet

ilustrasi dapur dengan sentuhan kayu dan aluminium (pexels.com/Max Rahubovskiy)

Sebagaimana sudah sedikit dibahas pada poin sebelumnya, dapur yang timeless juga hendaknya memang memperhatikan bahan yang digunakan. Usahakan dapurmu dapat menggunakan bahan lemari atau kabinet yang awet dan tahan lama.

Dapur yang tak lekang oleh waktu membutuhkan bahan-bahan alami seperti batu dan kayu. Tapi sebagaimana telah dikatakan sebelumnya, menggunakan bahan kayu secara keseluruhan juga justru akan membuat dapurmu ketinggalan zaman.

Untuk itu, ada baiknya jika kamu memakai backsplash ubin putih dengan menjadi sedikit lebih kreatif berkat tambahan ubin semen bermotif atau bentuk geometri yang sama populernya di awal abad ke-20, abad ke-21, dan yang akan terus terlihat bagus selama bertahun-tahun yang akan datang. Di ruang terbuka, pertimbangkan untuk menggunakan lantai kayu keras yang sama dengan yang digunakan di seluruh ruangan di dapur.

Baca Juga: 4 Tips Menata Dapur agar Terlihat Rapi dan Nyaman Digunakan

Verified Writer

Nurul Huda Rahmadani

cats

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya