TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Memilih Nighstand yang Baik Menurut Ahli, Ketahui!

Perhatikan soal ukuran dan warnanya 

ilustrasi desain kamar dengan nighstand (pexels.com/Vecislavas Popa)

Nightstand atau nakas merupakan salah satu elemen penting yang perlu hadir dalam sebuah kamar. Dari segi tujuan, nakas kerap kali dijadikan sebagai tempat menyimpan benda seperti lampu tidur, remot, hp dan sebagainya.

Selain urusan fungsi, pemilihan nighstand atau nakas juga perlu diperhatikan sesuai dengan desain interior. Berikut ini penjelasan lebih lanjut dari ahlinya tentang cara memilih nakas yang tepat untukmu! 

1. Sesuaikan dengan proporsi ruangan dan tempat tidur

ilustrasi ukuran kamar dan nighstand (pexels.com/Jonathan Borba)

Satu hal yang terpenting dalam proses pemilihan nightstand atau nakas adalah soal ukuran. Ukuran yang dimaksud dalam hal ini yaitu ukuran tempat tidur maupun ukuran ruangan.

Dilansir The Spruce, Peti Lau sebagai seorang desainer merekomendasikan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui ukuran ruangan dan tempat tidur. Ukur tinggi tempat tidur dan ruang yang tersedia di kamar tidur kamu untuk menentukan seberapa tinggi dan lebar nakas yang seharusnya.

Jika menyangkut tinggi meja versus tinggi tempat tidur kamu, tentunya tingginya harus sama. Pastikan juga untuk mengukur lebar ruangan sehubungan dengan kusen jendela atau pintu terdekat untuk memastikan agar nakas pas dengan nyaman tanpa terlihat penuh sesak.

2. Ukuran nakas sesuai tinggi dan lebar

ilustrasi ukuran nighstand (pexels.com/Max Rahubovskiy)

Setelah mengetahui ukuran ruangan kamar dan tempat tidur, hal yang selanjutnya dilakukan adalah menentukan ukuran nakas yang akan dibeli. Gak hanya soal fungsional untuk menyimpan barang, nakas juga dipilih menyesuaikan tempat tidur agar terlihat proporsional.

“Saran yang saya berikan adalah tinggi rata-rata meja samping tempat tidur harus antara 24 dan 28 inci, memberi kamu 25 inci dari lantai ke kasur,” ujar Peti Lau.

Sebaiknya, tinggi nakas juga harus sama dengan tinggi tempat tidur berada agar terlihat seimbang. Sedangkan untuk lebar, bisa menyesuaikan dengan sisa ruangan yang tersedia di kamarmu.

"Lebarnya tergantung pada seberapa banyak ruang yang tersisa," tambah Emily Starr Alfano, seorang desainer, dilansir The Spruce.

“Kamu tidak ingin itu jauh lebih rendah atau lebih tinggi dari ketinggian kasur kamu atau kamu akan canggung meraih benda-benda di atasnya,” lanjutnya.

Baca Juga: 7 Inspirasi Aquarium yang Cocok untuk Kamar Kost, Simpel

3. Pemilihan warna

ilustrasi warna nighstand (pexels.com/Max Rahubovskiy)

Soal interior, permainan warna memang memberikan pengaruh yang begitu besar. Itu sebabnya mengapa banyak desainer lebih teliti dalam menentukan warna di setiap furnitur. Begitupun dengan nighstand. 

Agar makin selaras dengan suasana kamar, pilihlah nightstand atau nakas yang memiliki warna senada. Misalnya, jika kamarmu mengusung tema earth tone, ada bagusnya nightstand juga berwarna cokelat, putih, hijau atau biru muda. Jangan pilih warna hitam, sebab warnanya tidak akan masuk ke tema kamarmu.

4. Berikan elemen yang menyesuaikan dengan kepribadianmu

ilustrasi nighstand (pexels.com/Max Rahubovskiy)

Jika lemari untuk menyimpan pakaian, nakas sendiri bisa digunakan untuk tempat lampu tidur, vas bunga, mainan kesukaan dan sebagainya. Nakas yang baik pun harus bisa digunakan untuk menunjukkan kepribadianmu.

Kalau kamu seorang yang disiplin, tambahkan elemen jam atau alarm di atas nakas. Untuk pemilihan elemen tambahan ini, sebaiknya disesuaikan dengan warna dan ukuran nakas kamu ya.

“Sekarang kita memiliki ruang untuk nakas lain, saya sedang mencari gaya vintage lain yang cocok dengan yang sudah ada tetapi tidak cocok persis,” jelas Caroline Agee, seorang desainer, dilansir The Spruce.

“Jika asimetri bukan kesukaan kamu, kamu dapat menambahkan simetri dengan barang lain, seperti sepasang lampu yang serasi atau karya seni yang serasi di atasnya, untuk menciptakan tampilan yang seimbang,” imbuhnya.

Baca Juga: 9 Lampu Nakas Murah yang Unik dan Estetik, Ada yang Menyerupai Bulan!

Verified Writer

Nurul Huda Rahmadani

cats

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya