TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuang Sampah Ala Zero Waste, Ubah Kebiasaanmu

Terapkan gaya hidup zero waste

pemisahan sampah (freepik.com/rawpixel.com)

Semakin banyak orang menyadari pentingnya menjaga lingkungan. Salah satu penerapannya ialah gaya hidup ala zero waste. Gaya hidup zero waste dapat diterapkan dalam setiap lini kehidupan dengan berusaha mengurangi sampah sulit urai.

Mulai dari kebiasaan sehari-hari dalam berbagai akivitas, seperti berbelanja, bepergian, hingga membuang sampah. Apalagi pengelolaan sampah menjadi fokus penting zero waste.

Penerapan prinsip zero waste dapat dimulai sejak saat ini, dari siapa pun, dan di mana pun. Apa saja tips membuang sampah ala zero waste? Simak lima tips membuang sampah ala zero waste. Mari ubah kebiasaan menuju hidup yang lebih ramah lingkungan!

1. Pisahkan sampah dengan benar

daur ulang sampah (freepik.com/freepik)

Pilah sampah dengan benar dapat mengurangi dampak negatif untuk lingkungan. Tips membuang sampah ala zero waste ini penting diterapkan.

Kamu wajib memastikan masing-masing sampah terpisah sesuai kategori, misal organik, anorganik, dan berbahaya. Dengan demikian, sampah bisa dikelola dan diolah dengan benar sehingga mengurangi dampak negatif bagi lingkungan.

2. Upayakan memanfaatkan kembali barang yang ada

pengelolaan sampah (freepik.com/freepik)

Sebelum memutuskan membuang sesuatu, pikirkanlah dulu apakah barang tersebut masih bisa dimanfaatkan kembali. Penerapan tips ala zero waste ini bertujuan mengurangi produksi sampah untuk lingkungan.

Misalnya, botol kaca bisa dimanfaatkan kembali sebagai wadah penyimpanan, kain bekas bisa dimanfaatkan sebagai lap. Memanfaatkan kembali barang yang ada dapat mengurangi sampah dan menghemat pengeluaran individu.

3. Kompos sampah organik

sampah organik (freepik.com/freepik)

Pengelolaan sampah menjadi misi penting dalam zero waste. Sampah organik, seperti sisa makanan dan dedaunan bisa diubah menjadi kompos bermanfaat untuk tanah.

Kompos merupakan cara ramah lingkungan untuk mengolah sampah organik karena membanu mengurangi jumlah sampah yang akan berakhir di tempat pembuangan. Jika kamu memiliki taman kecil atau pot tanaman, kompos bisa berperan untuk menyuburkan tanaman.

Baca Juga: 5 Tips Zero Waste saat Wisata Kuliner, Kurangi Limbah Makanan

4. Daur ulang sampah yang bisa didaur ulang

daur ulang sampah (freepik.com/freepik)

Tips zero waste membuang sampah selanjutnya ialah mendaur ulang sampah yang bisa didaur. Ingat, tidak semua sampah mesti berakhir di tempat pembuangan akhir.

Jadi kamu bisa pastikan mendaur ulang sampah bisa didaur ulang. Cari tahu tempat daur ulang terdekat dan pisahkan sampah yang bisa diolah kembali. Mudah bukan?

Verified Writer

Nurul Azizah

Tidak melakukan apa-apa, tidak akan mengubah apa-apa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya